Yuk Kepoin Banyaknya Manfaat Bermain di Luar Buat si Kecil!

Karina Marisa
By: Karina Marisa June Wed 2024
Yuk Kepoin Banyaknya Manfaat Bermain di Luar Buat si Kecil!

Permainan di luar ruangan menawarkan banyak manfaat bagi perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak. Anak-anak yang bermain di luar ruangan memiliki kesempatan untuk berlatih keterampilan motorik kasar, mengembangkan kreativitas, dan belajar tentang dunia di sekitar mereka.

Beberapa manfaat bermain di luar ruangan bagi anak meliputi:

  • Meningkatkan keterampilan motorik kasar
  • Mengembangkan kreativitas
  • Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
  • Mempromosikan kesehatan fisik
  • Meningkatkan keterampilan sosial
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan kualitas tidur

Ketika anak-anak bermain di luar ruangan, mereka memiliki kesempatan untuk menjelajahi lingkungan mereka, mengambil risiko, dan belajar dari kesalahan mereka. Mereka juga belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana menyelesaikan konflik. Permainan di luar ruangan adalah bagian penting dari perkembangan anak, dan orang tua harus berusaha menyediakan waktu dan ruang bagi anak mereka untuk bermain di luar ruangan setiap hari.

Yuk Ketahui Beragam Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak

Bermain di luar ruangan sangat penting untuk perkembangan anak secara keseluruhan. Berbagai manfaat bermain di luar ruangan bagi anak, antara lain:

  • Meningkatkan keterampilan motorik
  • Mengembangkan kreativitas
  • Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
  • Mempromosikan kesehatan fisik
  • Meningkatkan keterampilan sosial
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi
  • Mendorong eksplorasi dan imajinasi

Ketika anak-anak bermain di luar ruangan, mereka memiliki kesempatan untuk belajar tentang dunia di sekitar mereka, mengambil risiko, dan belajar dari kesalahan mereka. Mereka juga belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana menyelesaikan konflik. Bermain di luar ruangan adalah bagian penting dari perkembangan anak, dan orang tua harus berusaha menyediakan waktu dan ruang bagi anak mereka untuk bermain di luar ruangan setiap hari.

Meningkatkan Keterampilan Motorik

Bermain di luar ruangan memberikan banyak kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik mereka. Keterampilan motorik adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan tubuh, termasuk keterampilan motorik kasar dan halus.

  • Keterampilan Motorik Kasar

    Keterampilan motorik kasar melibatkan gerakan seluruh tubuh, seperti berlari, melompat, dan memanjat. Bermain di luar ruangan mendorong anak-anak untuk menggunakan keterampilan motorik kasar mereka, yang membantu mereka mengembangkan kekuatan, koordinasi, dan keseimbangan.

    Rad Too:

    Penyelamatan Diri untuk Pecinta Snorkeling: Pertolongan Pertama saat Tersengat Hewan Laut

    Penyelamatan Diri untuk Pecinta Snorkeling: Pertolongan Pertama saat Tersengat Hewan Laut
  • Keterampilan Motorik Halus

    Keterampilan motorik halus melibatkan gerakan tangan dan jari, seperti menggenggam, mewarnai, dan menggunting. Bermain dengan pasir, air, dan bahan-bahan alami lainnya di luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka.

Dengan meningkatkan keterampilan motorik, bermain di luar ruangan membantu anak-anak menjadi lebih percaya diri dan kompeten dalam gerakan mereka. Hal ini juga dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan hidup penting, seperti kemampuan untuk berpakaian sendiri dan makan sendiri.

Mengembangkan Kreativitas

Bermain di luar ruangan memberikan banyak kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan kreativitas mereka. Kreativitas adalah kemampuan untuk berpikir orisinal, menemukan solusi baru, dan mengekspresikan diri secara artistik.

  • Imajinasi dan Berpura-pura

    Bermain di luar ruangan mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan menciptakan dunia mereka sendiri. Mereka dapat berpura-pura menjadi karakter yang berbeda, membangun benteng dari kotak kardus, atau membuat cerita tentang petualangan mereka.

  • Eksplorasi dan Penemuan

    Lingkungan luar ruangan yang luas dan beragam memberikan banyak kesempatan bagi anak-anak untuk mengeksplorasi dan menemukan hal-hal baru. Mereka dapat mengamati tanaman dan hewan, menemukan benda-benda menarik, dan bereksperimen dengan berbagai bahan.

  • Seni dan Kerajinan

    Bahan-bahan alami yang ditemukan di luar ruangan dapat digunakan untuk membuat karya seni dan kerajinan yang unik. Anak-anak dapat mengumpulkan daun dan bunga untuk membuat kolase, menggunakan lumpur untuk memahat, atau membangun istana pasir di pantai.

  • Musik dan Gerakan

    Suara dan gerakan alam dapat menginspirasi anak-anak untuk menciptakan musik dan gerakan mereka sendiri. Mereka dapat bernyanyi tentang burung yang berkicau, menari mengikuti irama angin, atau menggunakan tongkat sebagai alat musik.

Dengan mengembangkan kreativitas, bermain di luar ruangan membantu anak-anak menjadi pemecah masalah yang lebih baik, pemikir yang lebih kritis, dan komunikator yang lebih efektif. Hal ini juga dapat membantu mereka mengembangkan rasa percaya diri dan harga diri mereka.

Rad Too:

Penyebab Cairan di Paru-paru: Panduan Eksklusif

Penyebab Cairan di Paru-paru: Panduan Eksklusif

Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Kemampuan memecahkan masalah adalah keterampilan penting yang dibutuhkan anak-anak untuk berhasil dalam kehidupan. Bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan ini dengan menyediakan berbagai tantangan dan peluang belajar.

Ketika anak-anak bermain di luar ruangan, mereka dihadapkan pada berbagai masalah yang harus mereka pecahkan, seperti bagaimana membangun benteng yang kokoh, cara menyeberangi sungai tanpa basah, atau cara melarikan diri dari monster imajiner. Untuk memecahkan masalah ini, anak-anak harus menggunakan keterampilan berpikir kritis, seperti menganalisis situasi, menghasilkan solusi yang memungkinkan, dan mengevaluasi hasilnya.

Selain itu, bermain di luar ruangan juga mendorong anak-anak untuk mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru. Hal ini dapat membantu mereka mengembangkan ketahanan dan kegigihan, yang merupakan kualitas penting untuk pemecahan masalah yang efektif.

Dengan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, bermain di luar ruangan membantu anak-anak menjadi lebih percaya diri dan mandiri. Mereka juga belajar bagaimana mengatasi tantangan, yang dapat membantu mereka berhasil di sekolah dan kehidupan secara umum.

Mempromosikan Kesehatan Fisik

Bermain di luar ruangan sangat penting untuk kesehatan fisik anak-anak. Ketika anak-anak bermain di luar, mereka mendapatkan kesempatan untuk bergerak, berlari, dan melompat, yang membantu mereka mengembangkan kekuatan, koordinasi, dan keseimbangan. Selain itu, bermain di luar ruangan juga dapat membantu anak-anak mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko obesitas.

  • Meningkatkan Aktivitas Fisik

    Bermain di luar ruangan adalah cara yang bagus bagi anak-anak untuk mendapatkan aktivitas fisik yang mereka butuhkan. Aktivitas fisik teratur penting untuk kesehatan secara keseluruhan, dan dapat membantu anak-anak mengembangkan tulang dan otot yang kuat, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

  • Mengurangi Risiko Obesitas

    Anak-anak yang bermain di luar ruangan cenderung lebih aktif secara fisik dibandingkan anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam ruangan. Aktivitas fisik dapat membantu anak-anak mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko obesitas.

    Rad Too:

    Inilah Rahasia Membedakan Kontraksi Asli dan Palsu

    Inilah Rahasia Membedakan Kontraksi Asli dan Palsu
  • Meningkatkan Kualitas Tidur

    Bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak tidur lebih nyenyak. Aktivitas fisik dapat membantu anak-anak melepaskan energi dan rileks sebelum tidur.

  • Meningkatkan Kesehatan Mental

    Bermain di luar ruangan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental anak-anak. Aktivitas fisik dapat melepaskan endorfin, yang memiliki efek peningkatan suasana hati. Selain itu, bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak mengurangi stres dan kecemasan.

Secara keseluruhan, bermain di luar ruangan sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental anak-anak. Orang tua harus berusaha menyediakan waktu dan ruang bagi anak-anak mereka untuk bermain di luar ruangan setiap hari.

Meningkatkan Keterampilan Sosial

Bermain di luar ruangan adalah cara yang bagus bagi anak-anak untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka. Ketika anak-anak bermain dengan teman sebaya mereka, mereka belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain, menyelesaikan konflik, dan bekerja sama.

  • Komunikasi

    Bermain di luar ruangan memberikan banyak kesempatan bagi anak-anak untuk berkomunikasi dengan teman sebaya mereka. Mereka dapat berbicara tentang apa yang mereka lakukan, berbagi ide, dan bernegosiasi tentang aturan permainan. Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi yang kuat, yang penting untuk kesuksesan sosial dan akademis.

  • Kerja Sama

    Banyak permainan luar ruangan yang membutuhkan kerja sama tim. Anak-anak harus belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan kerja sama yang penting untuk kehidupan di masyarakat.

  • Penyelesaian Konflik

    Konflik adalah hal yang wajar terjadi ketika anak-anak bermain bersama. Namun, bermain di luar ruangan dapat membantu mereka belajar bagaimana menyelesaikan konflik secara damai. Mereka belajar bagaimana mengidentifikasi masalah, mengomunikasikan kebutuhan mereka, dan menemukan solusi yang adil.

  • Empati

    Bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan empati terhadap orang lain. Mereka belajar bagaimana menempatkan diri pada posisi orang lain dan memahami perasaan mereka. Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial yang penting, seperti kebaikan, kasih sayang, dan pengertian.

    Rad Too:

    Yuk, Maksimalkan Tinggi Badan Anak Ideal!

    Yuk, Maksimalkan Tinggi Badan Anak Ideal!

Secara keseluruhan, bermain di luar ruangan sangat penting untuk pengembangan keterampilan sosial anak-anak. Orang tua harus berusaha menyediakan waktu dan ruang bagi anak-anak mereka untuk bermain di luar ruangan setiap hari.

Mengurangi stres

Bermain di luar ruangan dapat membantu mengurangi stres pada anak-anak. Ketika anak-anak bermain di luar, mereka dapat melepaskan energi, menghirup udara segar, dan menikmati alam. Hal ini dapat membantu mereka merasa lebih tenang dan rileks.

  • Pengurangan Hormon Stres

    Bermain di luar ruangan dapat membantu mengurangi kadar hormon stres, seperti kortisol. Hormon stres ini dapat menyebabkan kecemasan, ketegangan, dan masalah kesehatan lainnya. Dengan mengurangi kadar hormon stres, bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak merasa lebih tenang dan lebih baik secara keseluruhan.

  • Peningkatan Endorfin

    Bermain di luar ruangan dapat membantu meningkatkan kadar endorfin, yang merupakan bahan kimia yang membuat orang merasa bahagia dan rileks. Endorfin ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan suasana hati.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

    Bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak tidur lebih nyenyak. Aktivitas fisik dapat membantu anak-anak melepaskan energi dan rileks sebelum tidur. Selain itu, bermain di luar ruangan dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang penting untuk tidur yang berkualitas.

  • Pengurangan Gejala ADHD

    Bermain di luar ruangan dapat membantu mengurangi gejala ADHD pada anak-anak. Aktivitas fisik dapat membantu anak-anak dengan ADHD untuk fokus dan berkonsentrasi. Selain itu, bermain di luar ruangan dapat membantu mengurangi perilaku impulsif dan hiperaktif.

Secara keseluruhan, bermain di luar ruangan sangat penting untuk kesehatan mental dan emosional anak-anak. Orang tua harus berusaha menyediakan waktu dan ruang bagi anak-anak mereka untuk bermain di luar ruangan setiap hari.

Meningkatkan kualitas tidur

Bermain di luar ruangan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada anak-anak. Aktivitas fisik dapat membantu anak-anak melepaskan energi dan rileks sebelum tidur. Selain itu, bermain di luar ruangan dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang penting untuk tidur yang berkualitas.

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental anak-anak. Anak-anak yang tidur nyenyak cenderung lebih fokus dan berkonsentrasi di sekolah. Mereka juga lebih cenderung memiliki suasana hati yang baik dan perilaku yang positif.

Orang tua dapat membantu anak-anak mereka mendapatkan tidur yang berkualitas dengan menyediakan waktu dan ruang bagi mereka untuk bermain di luar ruangan setiap hari. Orang tua juga dapat memastikan bahwa anak-anak mereka tidur di tempat yang gelap, tenang, dan sejuk.

Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Bermain di luar ruangan memberikan banyak kesempatan bagi anak-anak untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi mereka. Ketika anak-anak bermain di luar, mereka dapat berlari, melompat, memanjat, dan menyeimbangkan diri di berbagai permukaan. Hal ini membantu mereka mengembangkan kekuatan inti, proprioception, dan kesadaran spasial.

Keseimbangan dan koordinasi yang baik sangat penting untuk perkembangan anak-anak. Anak-anak yang memiliki keseimbangan dan koordinasi yang baik lebih cenderung aktif secara fisik dan terlibat dalam berbagai kegiatan. Mereka juga lebih kecil kemungkinannya mengalami cedera dan lebih percaya diri dalam gerakan mereka.

Orang tua dapat membantu anak-anak mereka meningkatkan keseimbangan dan koordinasi dengan menyediakan banyak kesempatan bagi mereka untuk bermain di luar ruangan. Mereka juga dapat mendaftarkan anak-anak mereka dalam kegiatan seperti senam atau menari, yang dapat membantu mengembangkan keterampilan ini.

Mendorong eksplorasi dan imajinasi

Bermain di luar ruangan sangat penting untuk mendorong eksplorasi dan imajinasi pada anak-anak. Ketika anak-anak bermain di luar, mereka memiliki kesempatan untuk menjelajahi lingkungan mereka, menemukan hal-hal baru, dan menggunakan imajinasi mereka untuk menciptakan dunia mereka sendiri.

  • Mengembangkan rasa ingin tahu

    Bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan rasa ingin tahu mereka tentang dunia di sekitar mereka. Mereka dapat mengamati tanaman dan hewan, menemukan serangga dan batu yang menarik, dan bertanya tentang hal-hal yang mereka lihat dan alami.

  • Meningkatkan kreativitas

    Bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan kreativitas mereka. Mereka dapat menggunakan imajinasi mereka untuk menciptakan dunia mereka sendiri, berpura-pura menjadi karakter yang berbeda, dan menemukan cara baru untuk bermain dengan bahan-bahan alami.

  • Meningkatkan pemecahan masalah

    Bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mereka. Mereka dapat menggunakan imajinasi mereka untuk menemukan solusi untuk masalah, seperti cara membangun benteng yang kokoh atau cara menyeberangi sungai tanpa basah.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

    Bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan kepercayaan diri mereka. Ketika mereka menjelajahi dunia di sekitar mereka dan menemukan hal-hal baru, mereka belajar bahwa mereka mampu dan kompeten.

Secara keseluruhan, bermain di luar ruangan sangat penting untuk mendorong eksplorasi dan imajinasi pada anak-anak. Orang tua harus berusaha menyediakan waktu dan ruang bagi anak-anak mereka untuk bermain di luar ruangan setiap hari.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Banyak penelitian telah menunjukkan manfaat bermain di luar ruangan bagi anak-anak. Salah satu studi yang paling komprehensif dilakukan oleh American Academy of Pediatrics (AAP). Studi ini menemukan bahwa bermain di luar ruangan sangat penting untuk perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak-anak.

Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal “Pediatrics”, menemukan bahwa anak-anak yang bermain di luar ruangan memiliki tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi, indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah, dan risiko obesitas yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Developmental Psychology” menemukan bahwa anak-anak yang bermain di luar ruangan memiliki keterampilan pemecahan masalah yang lebih baik, keterampilan bahasa yang lebih baik, dan keterampilan sosial yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Studi-studi ini memberikan bukti kuat bahwa bermain di luar ruangan sangat penting untuk perkembangan anak-anak. Orang tua harus berusaha menyediakan waktu dan ruang bagi anak-anak mereka untuk bermain di luar ruangan setiap hari.

Tips Bermain di Luar Ruangan untuk Anak

Agar anak mendapatkan manfaat bermain di luar ruangan secara optimal, orang tua dapat menerapkan beberapa tips berikut:

1. Sediakan waktu bermain di luar ruangan setiap hari

Anak-anak membutuhkan waktu yang cukup untuk bermain di luar ruangan setiap hari. Orang tua dapat menyediakan waktu khusus untuk bermain di luar, seperti setelah sekolah atau pada akhir pekan.

2. Ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk bermain

Pastikan lingkungan bermain di luar ruangan aman dan nyaman untuk anak-anak. Bersihkan area bermain dari benda-benda berbahaya, seperti pecahan kaca atau batu tajam. Orang tua juga dapat menyediakan peralatan bermain yang sesuai dengan usia anak, seperti ayunan, perosotan, atau kotak pasir.

3. Dorong anak untuk mengeksplorasi dan berinteraksi dengan alam

Bermain di luar ruangan adalah kesempatan yang bagus bagi anak-anak untuk mengeksplorasi dan berinteraksi dengan alam. Dorong anak untuk mengamati tanaman dan hewan, mengumpulkan benda-benda alam, atau bermain di tanah dan pasir.

4. Bermain bersama anak

Bermain bersama anak di luar ruangan dapat mempererat ikatan dan menciptakan kenangan yang indah. Orang tua dapat bermain kejar-kejaran, bersembunyi, atau membangun istana pasir bersama anak-anak mereka.

5. Batasi waktu bermain di dalam ruangan

Meskipun bermain di dalam ruangan juga memiliki manfaatnya, penting bagi anak-anak untuk membatasi waktu bermain di dalam ruangan. Orang tua dapat mengajak anak untuk bermain di luar ruangan setelah mereka menyelesaikan tugas atau aktivitas di dalam ruangan.

Dengan menerapkan tips-tips ini, orang tua dapat membantu anak-anak mereka mendapatkan manfaat bermain di luar ruangan secara optimal.

Pertanyaan Umum

Pertanyaan Umum Seputar Manfaat Bermain di Luar Ruangan untuk Anak

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat bermain di luar ruangan untuk anak beserta jawabannya:

1. Apa saja manfaat bermain di luar ruangan untuk anak?-
Bermain di luar ruangan menawarkan banyak manfaat bagi anak-anak, antara lain meningkatkan keterampilan motorik, mengembangkan kreativitas, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, mempromosikan kesehatan fisik, meningkatkan keterampilan sosial, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, mendorong eksplorasi dan imajinasi.
2. Berapa lama anak harus bermain di luar ruangan setiap hari?-
Anak-anak perlu waktu yang cukup untuk bermain di luar ruangan setiap hari. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar anak-anak berusia 3-5 tahun mendapatkan setidaknya 3 jam aktivitas fisik sedang hingga berat setiap hari, termasuk bermain di luar ruangan.
3. Apa saja kegiatan bermain di luar ruangan yang direkomendasikan untuk anak-anak?-
Ada banyak kegiatan bermain di luar ruangan yang dapat dinikmati anak-anak, seperti bermain kejar-kejaran, bersembunyi, membangun istana pasir, bermain dengan bola, atau sekadar menjelajahi lingkungan sekitar.
4. Bagaimana cara membuat lingkungan bermain di luar ruangan yang aman dan nyaman untuk anak-anak?-
Untuk menciptakan lingkungan bermain di luar ruangan yang aman dan nyaman untuk anak-anak, orang tua perlu membersihkan area bermain dari benda-benda berbahaya, seperti pecahan kaca atau batu tajam. Selain itu, orang tua juga dapat menyediakan peralatan bermain yang sesuai dengan usia anak, seperti ayunan, perosotan, atau kotak pasir.
5. Apa yang harus dilakukan jika cuaca tidak memungkinkan untuk bermain di luar ruangan?-
Jika cuaca tidak memungkinkan untuk bermain di luar ruangan, orang tua dapat menyediakan kegiatan alternatif di dalam ruangan, seperti bermain dengan mainan, membaca buku, atau menggambar.
6. Bagaimana cara membatasi waktu bermain anak di dalam ruangan?-
Untuk membatasi waktu bermain anak di dalam ruangan, orang tua dapat menetapkan waktu khusus untuk bermain di luar ruangan dan di dalam ruangan. Selain itu, orang tua juga dapat mengajak anak untuk bermain di luar ruangan setelah mereka menyelesaikan tugas atau aktivitas di dalam ruangan.

Kesimpulan

Bermain di luar ruangan sangat penting untuk perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak-anak. Berbagai manfaat bermain di luar ruangan bagi anak, antara lain meningkatkan keterampilan motorik, mengembangkan kreativitas, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, mempromosikan kesehatan fisik, meningkatkan keterampilan sosial, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, mendorong eksplorasi dan imajinasi.

Orang tua harus berusaha menyediakan waktu dan ruang bagi anak-anak mereka untuk bermain di luar ruangan setiap hari. Dengan menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk bermain, serta mendorong anak untuk mengeksplorasi dan berinteraksi dengan alam, orang tua dapat membantu anak-anak mereka mendapatkan manfaat bermain di luar ruangan secara optimal.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *