Tawon.co.id

Rahasia Tidur Nyenyak Anak: Dampaknya yang Luar Biasa Bagi Tumbuh Kembang

By: dahlia May Sat 2024

Rahasia Tidur Nyenyak Anak: Dampaknya yang Luar Biasa Bagi Tumbuh Kembang

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak. Anak-anak yang tidak cukup tidur mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi, belajar, dan berperilaku baik. Mereka juga lebih mungkin mengalami masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Ada banyak manfaat dari tidur yang cukup untuk anak-anak. Tidur membantu anak-anak untuk:

  • Berkonsentrasi dan belajar
  • Mengatur emosi mereka
  • Tetap sehat
  • Tumbuh dan berkembang

Kebutuhan tidur anak bervariasi tergantung pada usia mereka. Bayi baru lahir membutuhkan tidur 14-17 jam per hari, sedangkan anak usia sekolah membutuhkan sekitar 10-11 jam tidur per malam. Penting bagi anak-anak untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam agar mereka dapat berfungsi dengan baik.

Jika Anda khawatir anak Anda tidak cukup tidur, bicarakan dengan dokter anak Anda. Mereka dapat membantu Anda menentukan apakah anak Anda mendapatkan cukup tidur dan merekomendasikan cara untuk meningkatkan tidur mereka.

Pentingnya tidur yang cukup untuk anak

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak. Anak-anak yang tidak cukup tidur mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi, belajar, dan berperilaku baik. Mereka juga lebih mungkin mengalami masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

  • Kognitif: Tidur membantu anak-anak untuk berkonsentrasi dan belajar.
  • Emosional: Tidur membantu anak-anak untuk mengatur emosi mereka.
  • Fisik: Tidur membantu anak-anak untuk tetap sehat dan tumbuh.
  • Perkembangan: Tidur membantu anak-anak untuk tumbuh dan berkembang.
  • Kesehatan Jangka Panjang: Tidur yang cukup dapat mengurangi risiko masalah kesehatan di kemudian hari, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.
  • Keselamatan: Anak-anak yang cukup tidur lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kecelakaan.
  • Kualitas Hidup: Tidur yang cukup dapat meningkatkan kualitas hidup anak-anak secara keseluruhan.
  • Prestasi Akademik: Anak-anak yang cukup tidur cenderung berprestasi lebih baik di sekolah.
  • Hubungan Sosial: Tidur yang cukup dapat membantu anak-anak membangun dan memelihara hubungan yang sehat.
  • Kesehatan Mental: Tidur yang cukup dapat membantu melindungi anak-anak dari masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Pastikan anak Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam agar mereka dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda khawatir anak Anda tidak cukup tidur, bicarakan dengan dokter anak Anda. Mereka dapat membantu Anda menentukan apakah anak Anda mendapatkan cukup tidur dan merekomendasikan cara untuk meningkatkan tidur mereka.

Baca Juga:

Temukan 7 Manfaat Timun untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Temukan 7 Manfaat Timun untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Kognitif

Tidur sangat penting untuk fungsi kognitif anak-anak. Ketika anak-anak tidak cukup tidur, mereka mungkin mengalami kesulitan memperhatikan, mengingat informasi, dan memecahkan masalah. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan di sekolah dan di rumah. Di sisi lain, anak-anak yang cukup tidur lebih cenderung berprestasi baik di sekolah dan memiliki keterampilan berpikir kritis yang lebih baik.

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan hubungan antara tidur dan fungsi kognitif pada anak-anak. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Pediatrics” menemukan bahwa anak-anak yang tidur kurang dari 10 jam per malam lebih mungkin mengalami masalah perhatian dan memori dibandingkan dengan anak-anak yang tidur 10 jam atau lebih per malam. Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal “Sleep”, menemukan bahwa anak-anak yang tidur nyenyak memiliki keterampilan berpikir kritis yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak tidur nyenyak.

Temuan ini menunjukkan bahwa tidur sangat penting untuk perkembangan kognitif anak-anak. Orang tua dan pengasuh harus memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk mendukung kesuksesan kognitif dan akademis mereka.

Emosional

Tidur sangat penting untuk perkembangan emosional anak-anak. Ketika anak-anak tidak cukup tidur, mereka mungkin lebih mudah marah, sedih, atau cemas. Hal ini dapat menyebabkan masalah di sekolah, di rumah, dan dalam hubungan dengan orang lain. Di sisi lain, anak-anak yang cukup tidur lebih cenderung memiliki suasana hati yang stabil dan dapat mengatur emosi mereka dengan lebih baik.

Baca Juga:

Rahasia Bunda Agar Bayi Tidur Teratur

Rahasia Bunda Agar Bayi Tidur Teratur

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan hubungan antara tidur dan regulasi emosi pada anak-anak. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Pediatrics” menemukan bahwa anak-anak yang tidur kurang dari 10 jam per malam lebih mungkin mengalami masalah perilaku, seperti agresi dan hiperaktif, dibandingkan dengan anak-anak yang tidur 10 jam atau lebih per malam. Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal “Sleep”, menemukan bahwa anak-anak yang tidur nyenyak memiliki keterampilan pengaturan emosi yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak tidur nyenyak.

Temuan ini menunjukkan bahwa tidur sangat penting untuk perkembangan emosional anak-anak. Orang tua dan pengasuh harus memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk mendukung kesehatan emosional dan kesejahteraan mereka.

Fisik

Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik anak-anak. Ketika anak-anak tidak cukup tidur, mereka mungkin lebih rentan terhadap penyakit, seperti pilek, flu, dan infeksi lainnya. Hal ini karena tidur membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Selain itu, tidur juga membantu anak-anak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Ketika anak-anak tidur, tubuh mereka melepaskan hormon pertumbuhan yang membantu mereka tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat.

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan hubungan antara tidur dan kesehatan fisik pada anak-anak. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Pediatrics” menemukan bahwa anak-anak yang tidur kurang dari 10 jam per malam lebih mungkin mengalami pilek dan flu dibandingkan dengan anak-anak yang tidur 10 jam atau lebih per malam. Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal “Sleep”, menemukan bahwa anak-anak yang tidur nyenyak memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan anak-anak yang tidak tidur nyenyak.

Baca Juga:

Temukan Manfaat Buah Lontar untuk Wanita yang Jarang Diketahui

Temukan Manfaat Buah Lontar untuk Wanita yang Jarang Diketahui

Temuan ini menunjukkan bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan fisik anak-anak. Orang tua dan pengasuh harus memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk mendukung kesehatan fisik dan kesejahteraan mereka.

Perkembangan

Tidur sangat penting untuk perkembangan anak-anak. Ketika anak-anak tidur, tubuh mereka memproduksi hormon pertumbuhan yang membantu mereka tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat. Selain itu, tidur juga membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik, kognitif, dan sosial mereka.

  • Pertumbuhan Fisik

    Tidur membantu anak-anak tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat. Hormon pertumbuhan yang diproduksi selama tidur membantu membangun tulang dan otot.

  • Perkembangan Kognitif

    Tidur membantu anak-anak mengembangkan keterampilan kognitif mereka, seperti memori, perhatian, dan pemecahan masalah. Tidur juga membantu anak-anak belajar dan mengingat informasi baru.

  • Perkembangan Sosial

    Tidur membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial mereka. Tidur membantu anak-anak mengatur emosi mereka dan berinteraksi dengan orang lain.

  • Kesehatan Mental

    Tidur membantu anak-anak menjaga kesehatan mental mereka. Tidur membantu anak-anak mengatasi stres dan kecemasan.

Kesimpulannya, tidur sangat penting untuk perkembangan anak-anak. Tidur membantu anak-anak tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat, mengembangkan keterampilan kognitif dan sosial mereka, dan menjaga kesehatan mental mereka.

Kesehatan Jangka Panjang

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan jangka panjang anak-anak. Anak-anak yang tidak cukup tidur lebih mungkin mengalami masalah kesehatan di kemudian hari, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Hal ini karena tidur membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan, metabolisme, dan tekanan darah.

Baca Juga:

Temukan 5 Manfaat Pare untuk Miss V yang Jarang Diketahui dan Penting Anda Tahu

Temukan 5 Manfaat Pare untuk Miss V yang Jarang Diketahui dan Penting Anda Tahu
  • Obesitas

    Tidur yang cukup membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan. Anak-anak yang tidak cukup tidur lebih cenderung makan berlebihan dan mengalami obesitas. Obesitas merupakan faktor risiko penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya.

  • Diabetes

    Tidur yang cukup membantu mengatur hormon yang mengontrol metabolisme. Anak-anak yang tidak cukup tidur lebih mungkin mengalami resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

  • Penyakit Jantung

    Tidur yang cukup membantu mengatur tekanan darah. Anak-anak yang tidak cukup tidur lebih cenderung mengalami tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia.

Kesimpulannya, tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan jangka panjang anak-anak. Orang tua dan pengasuh harus memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk mengurangi risiko masalah kesehatan di kemudian hari.

Keselamatan

Tidur yang cukup sangat penting untuk keselamatan anak-anak. Anak-anak yang tidak cukup tidur lebih mungkin mengalami kecelakaan, seperti jatuh, tertabrak mobil, atau kecelakaan lainnya. Hal ini karena tidur membantu anak-anak untuk tetap waspada dan memiliki waktu reaksi yang lebih cepat. Selain itu, anak-anak yang cukup tidur juga lebih kecil kemungkinannya untuk terlibat dalam perilaku berisiko, seperti mengemudi dalam keadaan mabuk atau mengirim SMS saat mengemudi.

Baca Juga:

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan hubungan antara tidur dan keselamatan pada anak-anak. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Pediatrics” menemukan bahwa anak-anak yang tidur kurang dari 10 jam per malam lebih mungkin mengalami cedera yang tidak disengaja, seperti jatuh atau terbakar, dibandingkan dengan anak-anak yang tidur 10 jam atau lebih per malam. Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal “Sleep”, menemukan bahwa remaja yang tidur kurang dari 7 jam per malam lebih mungkin terlibat dalam kecelakaan lalu lintas dibandingkan dengan remaja yang tidur 7 jam atau lebih per malam.

Temuan ini menunjukkan bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk keselamatan anak-anak. Orang tua dan pengasuh harus memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk membantu mereka tetap aman dan terhindar dari kecelakaan.

Kualitas Hidup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kualitas hidup anak-anak secara keseluruhan. Anak-anak yang cukup tidur lebih cenderung bahagia, sehat, dan sukses dalam hidup. Mereka juga lebih kecil kemungkinannya mengalami masalah perilaku, emosional, atau akademis.

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan hubungan antara tidur dan kualitas hidup pada anak-anak. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Pediatrics” menemukan bahwa anak-anak yang tidur kurang dari 10 jam per malam lebih mungkin mengalami masalah perilaku, seperti agresi dan hiperaktif, dibandingkan dengan anak-anak yang tidur 10 jam atau lebih per malam. Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal “Sleep”, menemukan bahwa anak-anak yang tidur nyenyak memiliki kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak tidur nyenyak.

Baca Juga:

Kenali Jurus Ampuh Atasi Kebotakan, Dari Alami Hingga Medis!

Kenali Jurus Ampuh Atasi Kebotakan, Dari Alami Hingga Medis!

Temuan ini menunjukkan bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk kualitas hidup anak-anak secara keseluruhan. Orang tua dan pengasuh harus memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk mendukung kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan mereka.

Prestasi Akademik

Tidur yang cukup sangat penting untuk prestasi akademik anak-anak. Ketika anak-anak tidak cukup tidur, mereka mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi, mengingat informasi, dan memecahkan masalah. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan di sekolah dan nilai yang lebih rendah. Di sisi lain, anak-anak yang cukup tidur lebih cenderung berprestasi baik di sekolah dan memiliki keterampilan berpikir kritis yang lebih baik.

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan hubungan antara tidur dan prestasi akademik pada anak-anak. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Pediatrics” menemukan bahwa anak-anak yang tidur kurang dari 10 jam per malam lebih mungkin mengalami masalah akademis, seperti nilai yang lebih rendah dan kesulitan membaca, dibandingkan dengan anak-anak yang tidur 10 jam atau lebih per malam. Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal “Sleep”, menemukan bahwa anak-anak yang tidur nyenyak memiliki keterampilan berpikir kritis yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak tidur nyenyak.

Temuan ini menunjukkan bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk prestasi akademik anak-anak. Orang tua dan pengasuh harus memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk mendukung kesuksesan akademis mereka.

Baca Juga:

Rahasia Mendidik Anak Mandiri yang Terbukti Ampuh untuk Orang Tua Indonesia

Rahasia Mendidik Anak Mandiri yang Terbukti Ampuh untuk Orang Tua Indonesia

Hubungan Sosial

Tidur yang cukup sangat penting untuk perkembangan sosial anak-anak. Ketika anak-anak tidak cukup tidur, mereka mungkin lebih mudah marah, sedih, atau cemas. Hal ini dapat menyebabkan masalah dalam hubungan mereka dengan teman sebaya, keluarga, dan orang dewasa lainnya.

  • Regulasi Emosi

    Tidur membantu anak-anak mengatur emosi mereka. Ketika anak-anak tidak cukup tidur, mereka mungkin lebih mudah marah, sedih, atau cemas. Hal ini dapat membuat mereka lebih sulit berinteraksi dengan orang lain dan membangun hubungan yang sehat.

  • Fokus dan Konsentrasi

    Tidur membantu anak-anak fokus dan berkonsentrasi. Ketika anak-anak tidak cukup tidur, mereka mungkin lebih sulit memperhatikan orang lain dan terlibat dalam percakapan. Hal ini dapat membuat mereka lebih sulit membangun dan memelihara hubungan.

  • Empati

    Tidur membantu anak-anak mengembangkan empati. Ketika anak-anak tidak cukup tidur, mereka mungkin lebih sulit memahami perasaan orang lain dan bereaksi terhadap mereka dengan cara yang tepat. Hal ini dapat membuat mereka lebih sulit membangun dan memelihara hubungan yang sehat.

  • Keterampilan Sosial

    Tidur membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial mereka. Ketika anak-anak tidak cukup tidur, mereka mungkin lebih sulit berinteraksi dengan orang lain dan membangun hubungan. Hal ini dapat membuat mereka lebih sulit berteman dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

Kesimpulannya, tidur yang cukup sangat penting untuk perkembangan sosial anak-anak. Orang tua dan pengasuh harus memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk mendukung kesehatan sosial dan kesejahteraan mereka.

Kesehatan Mental

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mental anak-anak. Ketika anak-anak tidak cukup tidur, mereka mungkin lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan. Hal ini karena tidur membantu mengatur hormon yang mengontrol suasana hati dan emosi. Tidur juga membantu anak-anak mengatasi stres dan kecemasan.

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan hubungan antara tidur dan kesehatan mental pada anak-anak. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Pediatrics” menemukan bahwa anak-anak yang tidur kurang dari 10 jam per malam lebih mungkin mengalami masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan, dibandingkan dengan anak-anak yang tidur 10 jam atau lebih per malam. Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal “Sleep”, menemukan bahwa anak-anak yang tidur nyenyak memiliki gejala depresi dan kecemasan yang lebih sedikit dibandingkan dengan anak-anak yang tidak tidur nyenyak.

Temuan ini menunjukkan bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mental anak-anak. Orang tua dan pengasuh harus memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk membantu mereka tetap sehat secara mental dan emosional.

Tips untuk memastikan anak Anda mendapatkan tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu memastikan anak Anda mendapatkan tidur yang cukup:

1. Tetapkan jadwal tidur yang teratur dan patuhilah

Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Hal ini akan membantu mengatur ritme sirkadian anak Anda, yang merupakan jam internal tubuh yang mengatur tidur dan bangun.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Pastikan kamar tidur anak Anda gelap, tenang, dan sejuk. Hindari penggunaan perangkat elektronik di kamar tidur, karena cahaya biru yang dipancarkannya dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur tidur.

3. Ciptakan rutinitas waktu tidur yang menenangkan

Rutinitas waktu tidur yang menenangkan dapat membantu anak Anda untuk rileks dan bersiap untuk tidur. Rutinitas ini dapat mencakup mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

4. Batasi kafein dan gula sebelum tidur

Kafein dan gula dapat mengganggu tidur. Hindari memberikan anak Anda makanan atau minuman yang mengandung kafein atau gula beberapa jam sebelum tidur.

5. Pastikan anak Anda aktif secara fisik setiap hari

Aktivitas fisik dapat membantu anak Anda untuk tidur lebih nyenyak. Pastikan anak Anda mendapatkan setidaknya 60 menit aktivitas fisik setiap hari.

6. Hindari penggunaan layar sebelum tidur

Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik dapat mengganggu produksi melatonin. Hindari penggunaan layar setidaknya 1 jam sebelum tidur.

7. Bicaralah dengan dokter anak Anda jika Anda khawatir tentang kebiasaan tidur anak Anda

Jika Anda khawatir tentang kebiasaan tidur anak Anda, bicarakan dengan dokter anak Anda. Mereka dapat membantu Anda menentukan apakah anak Anda mendapatkan tidur yang cukup dan merekomendasikan cara untuk meningkatkan tidur mereka.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membantu memastikan anak Anda mendapatkan tidur yang cukup yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat.

FAQs

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang pentingnya tidur yang cukup untuk anak:

[question]1. Berapa jam tidur yang dibutuhkan anak-anak?[/question]

[answer]Kebutuhan tidur anak bervariasi tergantung pada usia mereka. Bayi baru lahir membutuhkan tidur 14-17 jam per hari, sedangkan anak usia sekolah membutuhkan sekitar 10-11 jam tidur per malam.[/answer]

[question]2. Apa saja manfaat tidur yang cukup untuk anak-anak?[/question]

[answer]Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak. Tidur membantu anak-anak untuk berkonsentrasi, belajar, mengatur emosi mereka, tetap sehat, tumbuh, dan berkembang.[/answer]

[question]3. Apa saja tanda-tanda anak tidak cukup tidur?[/question]

[answer]Tanda-tanda anak tidak cukup tidur antara lain kesulitan berkonsentrasi, mudah marah, hiperaktif, dan masalah perilaku lainnya.[/answer]

[question]4. Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu anak saya mendapatkan tidur yang cukup?[/question]

[answer]Anda dapat membantu anak Anda mendapatkan tidur yang cukup dengan menetapkan jadwal tidur yang teratur, menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, dan menciptakan rutinitas waktu tidur yang menenangkan.[/answer]

[question]5. Kapan saya harus khawatir tentang kebiasaan tidur anak saya?[/question]

[answer]Anda harus khawatir tentang kebiasaan tidur anak Anda jika Anda melihat tanda-tanda anak tidak cukup tidur, seperti kesulitan berkonsentrasi, mudah marah, atau masalah perilaku lainnya.[/answer]

[question]6. Di mana saya dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang tidur anak?[/question]

[answer]Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang tidur anak di situs web National Sleep Foundation atau dengan berbicara dengan dokter anak Anda.[/answer]

Kesimpulan

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak. Anak-anak yang tidak cukup tidur mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi, belajar, dan berperilaku baik. Mereka juga lebih mungkin mengalami masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Orang tua dan pengasuh harus memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Dengan mengikuti tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat membantu anak Anda mendapatkan tidur yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Youtube Video: