Tahapan Tumbuh Kembang Anak, Penting untuk Diketahui!

Siti Anggraini
By: Siti Anggraini July Thu 2024
Tahapan Tumbuh Kembang Anak, Penting untuk Diketahui!

Dalam mengasuh dan mendidik anak, pentingnya mengenali tahapan pertumbuhan anak memegang peranan yang sangat krusial. Hal ini dikarenakan setiap tahapan pertumbuhan memiliki karakteristik dan kebutuhan yang unik, sehingga pengasuhan dan pendidikan yang tepat akan sangat bergantung pada pemahaman akan tahapan-tahapan tersebut.

Dengan mengenali tahapan pertumbuhan anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Selain itu, pengenalan tahapan pertumbuhan anak juga memungkinkan deteksi dini jika terdapat penyimpangan atau gangguan dalam perkembangan, sehingga dapat dilakukan intervensi yang tepat waktu.

Secara umum, tahapan pertumbuhan anak dibagi menjadi beberapa fase, yaitu:

  • Masa bayi (0-1 tahun)
  • Masa toddler (1-3 tahun)
  • Masa prasekolah (3-6 tahun)
  • Masa sekolah dasar (6-12 tahun)
  • Masa remaja (12-18 tahun)

Setiap fase memiliki ciri khas perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional yang berbeda-beda. Pemahaman yang baik tentang karakteristik setiap fase akan membantu orang tua dan pendidik dalam memberikan pengasuhan dan pendidikan yang optimal, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara sehat dan seimbang.

Pentingnya Mengenali Tahapan Pertumbuhan Anak

Mengenali tahapan pertumbuhan anak sangatlah penting karena dapat membantu orang tua dan pendidik dalam memberikan pengasuhan dan pendidikan yang tepat sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Berikut adalah 7 aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak:

  • Fisik: Pertumbuhan fisik anak meliputi perkembangan tinggi badan, berat badan, dan proporsi tubuh.
  • Kognitif: Perkembangan kognitif anak meliputi kemampuan berpikir, belajar, dan memecahkan masalah.
  • Sosial: Perkembangan sosial anak meliputi kemampuan berinteraksi dengan orang lain, membangun hubungan, dan bekerja sama.
  • Emosional: Perkembangan emosional anak meliputi kemampuan mengelola emosi, mengekspresikan perasaan, dan berempati dengan orang lain.
  • Bahasa: Perkembangan bahasa anak meliputi kemampuan berkomunikasi, memahami, dan menggunakan bahasa.
  • Motorik: Perkembangan motorik anak meliputi kemampuan mengontrol gerakan tubuh, termasuk keterampilan motorik halus dan kasar.
  • Moral: Perkembangan moral anak meliputi kemampuan membedakan antara benar dan salah, serta mengembangkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip etika.

Dengan memahami aspek-aspek penting dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat untuk mendukung perkembangan optimal anak. Misalnya, pada tahap bayi, anak membutuhkan banyak stimulasi sensorik dan motorik untuk mendukung perkembangan fisik dan kognitifnya. Sedangkan pada tahap remaja, anak membutuhkan dukungan emosional dan sosial yang kuat untuk menghadapi perubahan fisik dan psikologis yang terjadi.

Fisik

Pertumbuhan fisik merupakan salah satu aspek penting dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak. Pemantauan pertumbuhan fisik anak, seperti tinggi badan, berat badan, dan proporsi tubuh, dapat memberikan indikasi kesehatan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Rad Too:

Benarkah Makanan Cepat Saji Picu Depresi pada Si Kecil?

Benarkah Makanan Cepat Saji Picu Depresi pada Si Kecil?

Perkembangan fisik yang optimal sangat penting untuk mendukung perkembangan aspek-aspek lainnya, seperti kognitif, sosial, dan emosional. Misalnya, pertumbuhan tinggi badan dan berat badan yang sesuai dapat menunjang perkembangan motorik anak, sementara perkembangan proporsi tubuh yang seimbang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri anak.

Selain itu, pemantauan pertumbuhan fisik anak juga dapat membantu mendeteksi adanya gangguan atau kelainan pertumbuhan sejak dini. Jika terdapat penyimpangan yang signifikan dari pola pertumbuhan normal, maka diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk menentukan penyebab dan memberikan intervensi yang tepat.

Dengan memahami pentingnya mengenali tahapan pertumbuhan fisik anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan nutrisi, stimulasi, dan dukungan yang tepat untuk mendukung perkembangan fisik anak secara optimal. Hal ini akan berdampak positif pada perkembangan anak secara keseluruhan, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang sehat dan sejahtera.

Kognitif

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek penting dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak. Dengan memahami perkembangan kognitif anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan intelektual anak.

Perkembangan kognitif yang optimal sangat penting untuk mendukung kesuksesan anak di masa depan. Anak-anak dengan perkembangan kognitif yang baik memiliki kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan belajar lebih efektif. Hal ini akan berdampak positif pada prestasi akademik, keterampilan sosial, dan perkembangan karier anak.

Selain itu, perkembangan kognitif yang baik juga dapat membantu anak dalam memahami dan beradaptasi dengan lingkungannya. Anak-anak yang memiliki kemampuan berpikir dan belajar yang baik akan lebih mudah memahami konsep-konsep baru, menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks, dan menemukan solusi untuk berbagai masalah.

Dengan mengenali tahapan perkembangan kognitif anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan intelektual anak. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti bermain permainan edukatif, membaca buku, dan mendorong anak untuk bertanya dan mengeksplorasi lingkungannya.

Rad Too:

Peran Penting Dokter Bedah Vaskular untuk Kesehatan Pembuluh Darah Anda

Peran Penting Dokter Bedah Vaskular untuk Kesehatan Pembuluh Darah Anda

Sosial

Perkembangan sosial merupakan salah satu aspek penting dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak karena memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembentukan kepribadian dan keterampilan hidup anak. Dengan memahami perkembangan sosial anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan sosial anak.

  • Interaksi sosial: Interaksi sosial merupakan dasar dari perkembangan sosial anak. Anak-anak belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain, memahami norma-norma sosial, dan mengembangkan keterampilan komunikasi melalui interaksi sosial.
  • Pembentukan hubungan: Anak-anak juga mengembangkan kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain. Mereka belajar bagaimana berteman, bekerja sama, dan menyelesaikan konflik secara damai.
  • Kerja sama: Kerja sama merupakan aspek penting dari perkembangan sosial anak. Anak-anak belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama, berbagi sumber daya, dan mendukung satu sama lain.
  • Pengaruh lingkungan: Lingkungan sosial di mana anak tumbuh dan berkembang memiliki pengaruh yang besar pada perkembangan sosial anak. Faktor-faktor seperti keluarga, sekolah, teman sebaya, dan budaya dapat membentuk nilai-nilai, sikap, dan perilaku sosial anak.

Dengan mengenali tahapan perkembangan sosial anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan sosial anak. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti mendorong anak untuk berinteraksi dengan orang lain, memfasilitasi kegiatan kelompok, dan mengajarkan keterampilan sosial yang penting.

Emosional

Perkembangan emosional merupakan salah satu aspek penting dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak karena memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembentukan kepribadian dan kesehatan mental anak. Dengan memahami perkembangan emosional anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan emosional anak.

  • Pengenalan dan pengelolaan emosi: Anak-anak perlu belajar mengenali dan memahami emosi mereka sendiri serta emosi orang lain. Mereka juga perlu belajar bagaimana mengelola dan mengekspresikan emosi mereka dengan cara yang sehat.
  • Ekspresi perasaan: Anak-anak perlu merasa nyaman mengekspresikan perasaan mereka, baik secara verbal maupun non-verbal. Orang tua dan pendidik dapat mendorong ekspresi perasaan yang sehat dengan menciptakan lingkungan yang aman dan suportif.
  • Empati: Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain. Anak-anak perlu mengembangkan empati untuk membangun hubungan yang sehat dan menjadi anggota masyarakat yang peduli.
  • Regulasi diri: Regulasi diri adalah kemampuan untuk mengontrol dan mengatur emosi dan perilaku. Anak-anak perlu mengembangkan keterampilan regulasi diri untuk mengatasi stres, frustrasi, dan kemarahan.

Dengan mengenali tahapan perkembangan emosional anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan emosional anak. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti mengajarkan anak-anak tentang emosi, mendorong mereka untuk mengekspresikan perasaan mereka, dan membantu mereka mengembangkan keterampilan regulasi diri.

Bahasa

Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek penting dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak karena memiliki peran yang sangat signifikan dalam perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak. Dengan memahami perkembangan bahasa anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak.

  • Komunikasi: Bahasa merupakan alat komunikasi utama yang memungkinkan anak untuk mengekspresikan kebutuhan, pikiran, dan perasaan mereka. Perkembangan kemampuan komunikasi yang baik sangat penting untuk membangun hubungan yang sehat, menyelesaikan konflik, dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat.
  • Pemahaman: Anak-anak juga perlu mengembangkan kemampuan untuk memahami bahasa yang digunakan orang lain. Kemampuan memahami bahasa yang baik sangat penting untuk mengikuti instruksi, belajar konsep baru, dan memahami informasi yang disampaikan secara verbal.
  • Penggunaan bahasa: Anak-anak perlu belajar menggunakan bahasa secara efektif dan sesuai konteks. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik sangat penting untuk berkomunikasi secara jelas, menyampaikan ide secara efektif, dan membangun kosakata yang kaya.
  • Hubungan dengan perkembangan lainnya: Perkembangan bahasa memiliki hubungan yang erat dengan perkembangan aspek-aspek lainnya, seperti kognitif, sosial, dan emosional. Anak-anak yang memiliki kemampuan bahasa yang baik cenderung memiliki keterampilan berpikir yang lebih baik, kemampuan bersosialisasi yang lebih tinggi, dan regulasi emosi yang lebih baik.

Dengan mengenali tahapan perkembangan bahasa anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti berbicara dengan anak sejak dini, membacakan buku, dan mendorong anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan bahasa.

Rad Too:

Pahami Rahasia Kornea Mata: Jaga Kesehatan, Jaga Penglihatan!

Pahami Rahasia Kornea Mata: Jaga Kesehatan, Jaga Penglihatan!

Motorik

Perkembangan motorik merupakan salah satu aspek penting dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak karena memiliki peran yang sangat signifikan dalam perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak. Dengan memahami perkembangan motorik anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan motorik anak.

  • Keterampilan motorik halus: Keterampilan motorik halus melibatkan gerakan-gerakan kecil dan terkoordinasi, seperti menulis, menggambar, dan menggunakan peralatan makan. Perkembangan keterampilan motorik halus sangat penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari, seperti makan, berpakaian, dan perawatan diri.
  • Keterampilan motorik kasar: Keterampilan motorik kasar melibatkan gerakan-gerakan besar yang menggunakan otot-otot besar, seperti berjalan, berlari, dan melompat. Perkembangan keterampilan motorik kasar sangat penting untuk mendukung aktivitas fisik, seperti bermain, olahraga, dan eksplorasi lingkungan.
  • Koordinasi dan keseimbangan: Koordinasi dan keseimbangan merupakan aspek penting dari perkembangan motorik. Anak-anak perlu mengembangkan kemampuan untuk mengoordinasikan gerakan tubuh mereka dan menjaga keseimbangan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan efektif.
  • Postur tubuh: Postur tubuh yang baik sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan anak secara keseluruhan. Anak-anak perlu mengembangkan postur tubuh yang baik untuk mendukung kesehatan tulang, otot, dan sendi mereka.

Dengan mengenali tahapan perkembangan motorik anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan motorik anak. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti menyediakan lingkungan yang aman dan menstimulasi untuk eksplorasi fisik, mendorong anak untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik, dan memberikan dukungan dan bimbingan yang sesuai untuk pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar.

Moral

Perkembangan moral merupakan salah satu aspek penting dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak karena memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembentukan kepribadian dan karakter anak. Dengan memahami perkembangan moral anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan bimbingan dan dukungan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan moral anak.

  • Pembentukan nilai dan prinsip: Perkembangan moral anak melibatkan pembentukan nilai-nilai dan prinsip-prinsip etika yang akan menjadi dasar perilaku mereka. Anak-anak perlu belajar membedakan antara yang baik dan yang buruk, serta mengembangkan nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, dan kasih sayang.
  • Pengambilan keputusan moral: Anak-anak juga perlu mengembangkan kemampuan untuk mengambil keputusan moral yang tepat. Mereka perlu belajar mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan mereka dan membuat pilihan yang sesuai dengan nilai-nilai mereka.
  • Empati dan kepedulian: Perkembangan moral anak juga mencakup pengembangan empati dan kepedulian terhadap orang lain. Anak-anak perlu belajar memahami perasaan orang lain dan mengembangkan keinginan untuk membantu mereka yang membutuhkan.
  • Pengaruh lingkungan: Lingkungan sosial di mana anak tumbuh dan berkembang memiliki pengaruh yang besar pada perkembangan moral mereka. Faktor-faktor seperti keluarga, sekolah, teman sebaya, dan budaya dapat membentuk nilai-nilai dan perilaku moral anak.

Dengan mengenali tahapan perkembangan moral anak, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan moral anak. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai moral, mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam diskusi moral, dan memberikan contoh perilaku moral yang baik.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Pentingnya mengenali tahapan pertumbuhan anak telah didukung oleh banyak bukti ilmiah dan studi kasus. Studi-studi ini menunjukkan bahwa pemahaman tentang tahapan pertumbuhan anak sangat penting untuk memberikan pengasuhan dan pendidikan yang tepat, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Salah satu studi kasus yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Jean Piaget, seorang psikolog perkembangan terkemuka. Piaget mengamati perkembangan kognitif anak-anak dan mengidentifikasi empat tahap perkembangan kognitif: sensorimotor, praoperasional, operasional konkret, dan operasional formal. Studi Piaget memberikan wawasan penting tentang bagaimana anak-anak berpikir dan belajar pada setiap tahap perkembangan.

Rad Too:

5 Rahasia Pumping ASI Sukses di Kantor, Dijamin Lancar!

5 Rahasia Pumping ASI Sukses di Kantor, Dijamin Lancar!

Studi kasus lainnya yang mendukung pentingnya mengenali tahapan pertumbuhan anak adalah penelitian yang dilakukan oleh Erik Erikson, seorang ahli teori perkembangan psikososial. Erikson mengidentifikasi delapan tahap perkembangan psikososial yang harus dilalui anak-anak, mulai dari masa bayi hingga dewasa. Setiap tahap memiliki tantangan dan tugas perkembangan yang unik, dan keberhasilan dalam menyelesaikan setiap tahap sangat penting untuk perkembangan anak secara keseluruhan.

Studi-studi kasus ini dan banyak penelitian lainnya telah memberikan bukti kuat tentang pentingnya mengenali tahapan pertumbuhan anak. Dengan memahami tahapan-tahapan ini, orang tua dan pendidik dapat memberikan pengasuhan dan pendidikan yang paling sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang sehat dan sejahtera.

Tips Mengenali Tahapan Pertumbuhan Anak

Berikut adalah beberapa tips untuk mengenali tahapan pertumbuhan anak:

1. Amati perkembangan fisik, kognitif, sosial, emosional, bahasa, motorik, dan moral anak.

Setiap aspek perkembangan memiliki karakteristik dan kebutuhan yang unik. Pengamatan yang cermat akan membantu Anda memahami tahap perkembangan anak dan memberikan dukungan yang sesuai.

2. Gunakan buku panduan atau sumber informasi terpercaya.

Ada banyak buku, artikel, dan situs web yang menyediakan informasi tentang tahapan pertumbuhan anak. Sumber-sumber ini dapat membantu Anda memahami apa yang diharapkan pada setiap tahap dan bagaimana memberikan dukungan yang terbaik.

3. Konsultasikan dengan dokter anak atau profesional kesehatan lainnya.

Dokter anak atau profesional kesehatan lainnya dapat memberikan penilaian perkembangan dan saran tentang cara mendukung perkembangan anak Anda. Mereka juga dapat membantu mengidentifikasi masalah perkembangan sejak dini.

4. Libatkan anak Anda dalam kegiatan yang sesuai dengan tahap perkembangannya.

Memberikan kegiatan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak dapat membantu merangsang dan mendukung perkembangan mereka. Misalnya, bermain permainan edukatif untuk anak-anak prasekolah atau mendorong anak remaja untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

5. Ciptakan lingkungan yang mendukung dan penuh kasih sayang.

Anak-anak berkembang pesat dalam lingkungan yang mendukung dan penuh kasih sayang. Pastikan untuk memberikan anak Anda banyak cinta, perhatian, dan dorongan. Ini akan membantu mereka merasa aman dan percaya diri untuk menjelajahi dunia dan tumbuh menjadi individu yang sehat dan bahagia.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat lebih memahami tahapan pertumbuhan anak dan memberikan dukungan yang tepat untuk perkembangan optimal mereka.

Pertanyaan Umum tentang Pentingnya Mengenali Tahapan Pertumbuhan Anak

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang pentingnya mengenali tahapan pertumbuhan anak dan jawabannya:

1. Mengapa penting mengenali tahapan pertumbuhan anak?-
Mengenali tahapan pertumbuhan anak sangat penting karena dapat membantu orang tua dan pendidik memberikan pengasuhan dan pendidikan yang tepat sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Setiap tahapan pertumbuhan memiliki karakteristik dan kebutuhan unik, sehingga pemahaman yang baik tentang tahapan-tahapan tersebut akan sangat membantu dalam memberikan dukungan yang optimal untuk perkembangan anak secara keseluruhan.
2. Apa saja aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak?-
Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mengenali tahapan pertumbuhan anak meliputi perkembangan fisik, kognitif, sosial, emosional, bahasa, motorik, dan moral. Setiap aspek perkembangan ini memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga perlu dipahami secara komprehensif untuk memberikan dukungan yang tepat bagi perkembangan optimal anak.
3. Bagaimana cara mengenali tahapan pertumbuhan anak?-
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengenali tahapan pertumbuhan anak, di antaranya: mengamati perkembangan anak secara langsung, menggunakan buku panduan atau sumber informasi terpercaya, berkonsultasi dengan dokter anak atau profesional kesehatan lainnya, serta melibatkan anak dalam kegiatan yang sesuai dengan tahap perkembangannya.
4. Apa yang dapat dilakukan orang tua dan pendidik untuk mendukung perkembangan anak sesuai dengan tahapan pertumbuhannya?-
Orang tua dan pendidik dapat mendukung perkembangan anak sesuai dengan tahapan pertumbuhannya dengan memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Misalnya, pada tahap bayi, anak membutuhkan banyak stimulasi sensorik dan motorik untuk mendukung perkembangan fisik dan kognitifnya. Sedangkan pada tahap remaja, anak membutuhkan dukungan emosional dan sosial yang kuat untuk menghadapi perubahan fisik dan psikologis yang terjadi.
5. Apa yang harus dilakukan jika terdapat penyimpangan dalam perkembangan anak?-
Jika terdapat penyimpangan dalam perkembangan anak, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter anak atau profesional kesehatan lainnya untuk mendapatkan evaluasi dan intervensi yang tepat. Deteksi dini dan intervensi yang tepat dapat membantu meminimalkan dampak penyimpangan perkembangan pada pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Kesimpulan

Pentingnya mengenali tahapan pertumbuhan anak merupakan hal yang krusial dalam pengasuhan dan pendidikan anak. Dengan memahami tahapan-tahapan tersebut, orang tua dan pendidik dapat memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Hal ini akan sangat berdampak pada perkembangan optimal anak, baik secara fisik, kognitif, sosial, emosional, bahasa, motorik, maupun moral.

Mengenali tahapan pertumbuhan anak juga memungkinkan deteksi dini jika terdapat penyimpangan atau gangguan dalam perkembangan, sehingga dapat dilakukan intervensi yang tepat waktu. Dengan demikian, anak dapat tumbuh dan berkembang secara sehat, seimbang, dan menjadi individu yang produktif di masa depan.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *