Bahaya Obat Kedaluwarsa: Cara Mencegah Konsumsi Berujung Fatal

Rina Wulan
By: Rina Wulan May Mon 2024
Bahaya Obat Kedaluwarsa: Cara Mencegah Konsumsi Berujung Fatal

Mengonsumsi obat yang sudah kedaluwarsa dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegahnya. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa obat sebelum mengonsumsinya. Jika obat sudah kedaluwarsa, segera buang dan jangan dikonsumsi. Cara lainnya adalah dengan menyimpan obat di tempat yang sejuk dan kering. Hindari menyimpan obat di tempat yang lembab atau terkena sinar matahari langsung. Selain itu, pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan obat dengan cermat sebelum mengonsumsinya. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang obat yang Anda konsumsi, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Obat yang sudah kedaluwarsa dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan Anda. Bahan kimia ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk mual, muntah, diare, dan sakit perut. Dalam beberapa kasus, obat yang sudah kedaluwarsa bahkan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati saat mengonsumsi obat dan memastikan bahwa obat tersebut belum kedaluwarsa.

Jika Anda tidak yakin apakah suatu obat sudah kedaluwarsa atau tidak, sebaiknya jangan dikonsumsi. Lebih baik aman daripada menyesal. Anda dapat membuang obat tersebut dan membeli obat baru. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membantu mencegah bahaya mengonsumsi obat yang sudah kedaluwarsa.

mengonsumsi obat kedaluwarsa bisa berakibat fatal ini cara mencegahnya

Obat kedaluwarsa merupakan obat yang sudah melewati tanggal batas waktu penggunaan yang ditentukan oleh produsen. Mengonsumsi obat kedaluwarsa dapat berakibat fatal karena dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegahnya.

  • Periksa tanggal kedaluwarsa
  • Simpan obat dengan benar
  • Baca petunjuk penggunaan
  • Konsultasikan dengan dokter atau apoteker
  • Buang obat kedaluwarsa
  • Beli obat baru
  • Hati-hati saat mengonsumsi obat
  • Lebih baik aman daripada menyesal

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membantu mencegah bahaya mengonsumsi obat yang sudah kedaluwarsa. Jika Anda tidak yakin apakah suatu obat sudah kedaluwarsa atau tidak, sebaiknya jangan dikonsumsi. Lebih baik aman daripada menyesal. Anda dapat membuang obat tersebut dan membeli obat baru.

Rad Too:

Cara Ampuh Agar Anak Tak Gentar ke Dokter Gigi, Yuk Simak!

Cara Ampuh Agar Anak Tak Gentar ke Dokter Gigi, Yuk Simak!

Periksa tanggal kedaluwarsa

Memeriksa tanggal kedaluwarsa obat merupakan salah satu cara penting untuk mencegah konsumsi obat kedaluwarsa yang dapat berakibat fatal. Tanggal kedaluwarsa menunjukkan batas waktu penggunaan obat yang ditentukan oleh produsen, setelah tanggal tersebut obat tidak boleh lagi dikonsumsi karena dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan.

  • Manfaat memeriksa tanggal kedaluwarsa:

    Dengan memeriksa tanggal kedaluwarsa, kita dapat memastikan bahwa obat yang kita konsumsi masih aman dan efektif. Hal ini dapat mencegah berbagai masalah kesehatan, termasuk mual, muntah, diare, sakit perut, bahkan kematian.

  • Cara memeriksa tanggal kedaluwarsa:

    Tanggal kedaluwarsa biasanya tertera pada kemasan obat, baik pada kotak atau botolnya. Pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum mengonsumsi obat, terutama jika obat tersebut sudah lama disimpan.

  • Apa yang harus dilakukan jika obat sudah kedaluwarsa:

    Jika Anda menemukan obat yang sudah kedaluwarsa, segera buang dan jangan dikonsumsi. Jangan pernah mengonsumsi obat yang sudah kedaluwarsa, meskipun hanya beberapa hari atau minggu saja.

Dengan selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa obat sebelum mengonsumsinya, kita dapat membantu mencegah bahaya mengonsumsi obat kedaluwarsa dan melindungi kesehatan kita.

Simpan obat dengan benar

Menyimpan obat dengan benar merupakan salah satu cara penting untuk mencegah konsumsi obat kedaluwarsa yang dapat berakibat fatal. Obat yang tidak disimpan dengan benar dapat mengalami penurunan kualitas dan menjadi tidak efektif, bahkan dapat menjadi rusak dan berbahaya jika terkontaminasi oleh faktor lingkungan.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menyimpan obat sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan obat. Biasanya, obat harus disimpan di tempat yang sejuk, kering, dan terhindar dari sinar matahari langsung. Beberapa obat juga memerlukan penyimpanan di lemari es untuk menjaga stabilitasnya.

Menyimpan obat dengan benar dapat membantu memperpanjang masa simpan obat dan mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan obat menjadi kedaluwarsa sebelum waktunya. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa obat yang kita konsumsi masih aman dan efektif, serta terhindar dari risiko mengonsumsi obat kedaluwarsa yang dapat membahayakan kesehatan.

Rad Too:

Waspadalah! Hindari 8 Makanan dan Minuman Berbahaya untuk Bayi

Waspadalah! Hindari 8 Makanan dan Minuman Berbahaya untuk Bayi

Baca petunjuk penggunaan

Membaca petunjuk penggunaan obat merupakan salah satu cara penting untuk mencegah konsumsi obat kedaluwarsa yang dapat berakibat fatal. Petunjuk penggunaan obat biasanya berisi informasi penting tentang obat, termasuk tanggal kedaluwarsa, cara penyimpanan, dosis, dan efek samping. Dengan membaca petunjuk penggunaan obat, kita dapat memastikan bahwa kita mengonsumsi obat dengan benar dan sesuai dengan yang dianjurkan.

Misalnya, jika petunjuk penggunaan obat menyatakan bahwa obat harus disimpan di lemari es, maka kita harus menyimpan obat tersebut di lemari es untuk mencegah kerusakan. Jika petunjuk penggunaan obat menyatakan bahwa obat harus diminum setelah makan, maka kita harus minum obat tersebut setelah makan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Dengan mengikuti petunjuk penggunaan obat, kita dapat membantu mencegah konsumsi obat kedaluwarsa dan melindungi kesehatan kita.

Selain itu, petunjuk penggunaan obat juga dapat berisi informasi tentang cara mengenali obat yang sudah kedaluwarsa. Misalnya, jika petunjuk penggunaan obat menyatakan bahwa obat akan berubah warna atau bentuk setelah kedaluwarsa, maka kita harus memeriksa obat tersebut sebelum mengonsumsinya. Dengan membaca petunjuk penggunaan obat, kita dapat terhindar dari risiko mengonsumsi obat kedaluwarsa yang dapat membahayakan kesehatan.

Konsultasikan dengan dokter atau apoteker

Konsultasi dengan dokter atau apoteker merupakan salah satu cara penting untuk mencegah konsumsi obat kedaluwarsa yang dapat berakibat fatal. Dokter dan apoteker adalah tenaga kesehatan profesional yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang obat-obatan. Mereka dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang obat, termasuk tanggal kedaluwarsa, cara penyimpanan, dosis, dan efek samping.

  • Menanyakan tentang tanggal kedaluwarsa:

    Jika Anda tidak yakin apakah suatu obat sudah kedaluwarsa atau tidak, berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker. Mereka dapat memeriksa tanggal kedaluwarsa obat dan memberikan informasi apakah obat tersebut masih aman untuk dikonsumsi.

    Rad Too:

    Cara Tepat Atasi Keracunan Makanan, Jangan Sampai Salah!

    Cara Tepat Atasi Keracunan Makanan, Jangan Sampai Salah!
  • Meminta saran penyimpanan obat:

    Dokter atau apoteker dapat memberikan saran tentang cara menyimpan obat dengan benar agar tetap efektif dan tidak cepat rusak. Mereka dapat menginformasikan apakah obat perlu disimpan di lemari es, di tempat yang sejuk dan kering, atau di tempat lain yang sesuai.

  • Mendapatkan informasi tentang efek samping:

    Dokter atau apoteker dapat memberikan informasi tentang efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan obat tertentu. Mereka dapat menjelaskan cara mengatasi efek samping tersebut dan kapan harus mencari pertolongan medis.

  • Melaporkan obat yang kedaluwarsa:

    Jika Anda menemukan obat yang sudah kedaluwarsa, laporkan kepada dokter atau apoteker. Mereka dapat membantu Anda membuang obat tersebut dengan benar dan memberikan informasi tentang cara mendapatkan obat baru.

Dengan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker, kita dapat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya tentang obat, termasuk cara mencegah konsumsi obat kedaluwarsa. Hal ini dapat membantu kita melindungi kesehatan dan terhindar dari risiko mengonsumsi obat kedaluwarsa yang dapat membahayakan kesehatan.

Buang obat kedaluwarsa

Membuang obat kedaluwarsa merupakan bagian penting dari upaya mencegah konsumsi obat kedaluwarsa yang dapat berakibat fatal. Obat kedaluwarsa dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan, menyebabkan berbagai masalah kesehatan, bahkan kematian. Oleh karena itu, penting untuk membuang obat kedaluwarsa dengan benar agar tidak membahayakan kesehatan.

Ada beberapa cara untuk membuang obat kedaluwarsa dengan benar. Salah satu caranya adalah dengan membawanya ke apotek atau pusat pembuangan limbah obat-obatan. Cara lainnya adalah dengan mencampur obat kedaluwarsa dengan bahan penyerap, seperti pasir kucing atau kopi bubuk, lalu membuangnya ke tempat sampah. Pastikan untuk membuang obat kedaluwarsa dalam wadah tertutup untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Dengan membuang obat kedaluwarsa dengan benar, kita dapat membantu melindungi kesehatan kita dan lingkungan. Membuang obat kedaluwarsa juga merupakan bagian penting dari upaya mencegah resistensi obat, yang dapat terjadi ketika obat tidak digunakan dengan benar.

Rad Too:

9 Kecerdasan Tersembunyi Anak yang Wajib Bunda Ketahui!

9 Kecerdasan Tersembunyi Anak yang Wajib Bunda Ketahui!

Beli obat baru

Membeli obat baru merupakan salah satu cara penting untuk mencegah konsumsi obat kedaluwarsa yang dapat berakibat fatal. Obat baru biasanya memiliki tanggal kedaluwarsa yang lebih lama, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. Selain itu, obat baru juga lebih mungkin untuk disimpan dengan benar, karena kemasannya masih dalam kondisi baik dan belum terkontaminasi.

  • Manfaat membeli obat baru:

    Dengan membeli obat baru, kita dapat memastikan bahwa obat yang kita konsumsi masih efektif dan aman. Hal ini dapat mencegah berbagai masalah kesehatan, termasuk mual, muntah, diare, sakit perut, bahkan kematian.

  • Cara membeli obat baru:

    Obat baru dapat dibeli di apotek atau toko obat. Pastikan untuk membeli obat dari sumber yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

  • Apa yang harus diperhatikan saat membeli obat baru:

    Saat membeli obat baru, pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa dan petunjuk penggunaan obat. Pastikan juga bahwa kemasan obat masih dalam kondisi baik dan tidak rusak.

Dengan selalu membeli obat baru, kita dapat membantu mencegah konsumsi obat kedaluwarsa dan melindungi kesehatan kita.

Hati-hati saat mengonsumsi obat

Mengonsumsi obat harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari berbagai risiko kesehatan, termasuk konsumsi obat kedaluwarsa yang dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, penting untuk memahami aspek-aspek penting terkait kehati-hatian dalam mengonsumsi obat.

  • Memeriksa tanggal kedaluwarsa:

    Selalu periksa tanggal kedaluwarsa obat sebelum dikonsumsi. Obat kedaluwarsa dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan. Obat kedaluwarsa harus dibuang dan tidak boleh dikonsumsi.

  • Membaca petunjuk penggunaan obat:

    Baca petunjuk penggunaan obat dengan cermat sebelum dikonsumsi. Petunjuk penggunaan obat berisi informasi penting tentang dosis, cara penggunaan, efek samping, dan peringatan. Mengikuti petunjuk penggunaan obat membantu memastikan obat digunakan dengan benar dan aman.

  • Mengonsumsi obat sesuai dosis:

    Konsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter atau apoteker. Mengonsumsi obat dalam dosis yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya, sedangkan mengonsumsi obat dalam dosis yang kurang efektif dapat menyebabkan pengobatan tidak efektif.

  • Tidak mengonsumsi obat bersamaan:

    Hindari mengonsumsi beberapa jenis obat secara bersamaan tanpa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker. Beberapa obat dapat berinteraksi satu sama lain dan menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Dengan memperhatikan aspek-aspek kehati-hatian dalam mengonsumsi obat, kita dapat membantu mencegah risiko kesehatan yang terkait dengan konsumsi obat, termasuk konsumsi obat kedaluwarsa. Selalu konsultasikan dengan dokter atau apoteker jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang obat yang dikonsumsi.

Lebih baik aman daripada menyesal

Pepatah “Lebih baik aman daripada menyesal” memiliki hubungan yang erat dengan upaya pencegahan konsumsi obat kedaluwarsa yang dapat berakibat fatal. Pepatah ini menekankan pentingnya mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari risiko dan potensi bahaya, bahkan ketika tingkat kepastiannya tidak sepenuhnya jelas.

Dalam konteks konsumsi obat, pepatah “Lebih baik aman daripada menyesal” dapat diinterpretasikan sebagai berikut: meskipun tidak ada kepastian mutlak bahwa suatu obat telah kedaluwarsa, namun lebih baik untuk berhati-hati dan menghindari konsumsinya jika terdapat keraguan. Hal ini dikarenakan risiko yang ditimbulkan oleh konsumsi obat kedaluwarsa, seperti kerusakan kesehatan atau bahkan kematian, jauh lebih besar dibandingkan dengan potensi kerugian akibat membuang obat yang masih layak konsumsi.

Oleh karena itu, prinsip “Lebih baik aman daripada menyesal” menjadi komponen penting dalam pencegahan konsumsi obat kedaluwarsa. Dengan memegang prinsip ini, individu dapat terhindar dari risiko kesehatan yang serius dan memastikan konsumsi obat yang aman dan efektif.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Konsumsi obat kedaluwarsa dapat berdampak fatal, hal ini dibuktikan oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menemukan bahwa obat kedaluwarsa mengandung zat kimia berbahaya yang dapat merusak organ tubuh, seperti hati dan ginjal. Studi lain yang dilakukan oleh University of California, San Francisco menemukan bahwa konsumsi obat kedaluwarsa dapat meningkatkan risiko efek samping, seperti mual, muntah, dan diare.

Metodologi yang digunakan dalam studi-studi tersebut melibatkan pengujian sampel obat kedaluwarsa dan membandingkannya dengan sampel obat yang masih berlaku. Hasilnya menunjukkan bahwa obat kedaluwarsa mengalami perubahan komposisi kimia, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Meskipun demikian, masih terdapat perdebatan mengenai keamanan mengonsumsi obat kedaluwarsa dalam jangka pendek. Beberapa pihak berpendapat bahwa obat kedaluwarsa masih dapat dikonsumsi dalam waktu singkat setelah tanggal kedaluwarsa tanpa menimbulkan efek samping yang signifikan. Namun, pendapat ini tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat dan tetap disarankan untuk menghindari konsumsi obat kedaluwarsa.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah dan studi kasus yang ada, sangat penting untuk menghindari konsumsi obat kedaluwarsa. Pencegahan konsumsi obat kedaluwarsa dapat dilakukan dengan selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa obat sebelum dikonsumsi, menyimpan obat dengan benar, dan membuang obat kedaluwarsa dengan cara yang tepat.

Tips Mencegah Konsumsi Obat Kedaluwarsa

Obat kedaluwarsa merupakan obat yang sudah melewati batas waktu penggunaan yang ditentukan oleh produsen. Mengonsumsi obat kedaluwarsa dapat berakibat fatal karena dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegahnya.

1. Periksa Tanggal Kedaluwarsa

Selalu periksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan obat sebelum dikonsumsi. Obat yang sudah kedaluwarsa harus dibuang dan tidak boleh dikonsumsi. Memeriksa tanggal kedaluwarsa membantu memastikan bahwa obat yang dikonsumsi masih aman dan efektif.

2. Simpan Obat dengan Benar

Simpan obat sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Biasanya, obat harus disimpan di tempat yang sejuk, kering, dan terhindar dari sinar matahari langsung. Beberapa obat juga memerlukan penyimpanan di lemari es untuk menjaga stabilitasnya. Menyimpan obat dengan benar membantu memperpanjang masa simpan obat dan mencegah kerusakan.

3. Baca Petunjuk Penggunaan Obat

Baca petunjuk penggunaan obat dengan cermat sebelum dikonsumsi. Petunjuk penggunaan obat berisi informasi penting tentang obat, termasuk tanggal kedaluwarsa, cara penyimpanan, dosis, dan efek samping. Membaca petunjuk penggunaan obat membantu memastikan obat digunakan dengan benar dan sesuai dengan yang dianjurkan.

4. Konsultasikan dengan Dokter atau Apoteker

Jika tidak yakin apakah suatu obat sudah kedaluwarsa atau tidak, berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker. Mereka dapat memeriksa tanggal kedaluwarsa obat dan memberikan informasi apakah obat tersebut masih aman untuk dikonsumsi. Dokter atau apoteker juga dapat memberikan informasi tentang cara menyimpan obat dengan benar dan efek samping yang mungkin timbul.

5. Buang Obat Kedaluwarsa

Obat kedaluwarsa harus dibuang dengan benar. Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran pembuangan atau toilet. Obat kedaluwarsa dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan orang lain. Obat kedaluwarsa dapat dibuang ke tempat pembuangan limbah obat-obatan atau apotek.

6. Beli Obat Baru

Jika obat sudah kedaluwarsa, belilah obat baru. Obat baru biasanya memiliki tanggal kedaluwarsa yang lebih lama dan lebih aman untuk dikonsumsi. Membeli obat baru membantu memastikan obat yang dikonsumsi masih efektif dan tidak membahayakan kesehatan.

7. Hati-hati Saat Mengonsumsi Obat

Mengonsumsi obat harus dilakukan dengan hati-hati. Selalu ikuti petunjuk penggunaan obat dan jangan mengonsumsi obat dalam dosis yang berlebihan. Mengonsumsi obat dalam dosis yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya. Jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang obat yang dikonsumsi, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

8. Lebih Baik Aman daripada Menyesal

Lebih baik menghindari konsumsi obat kedaluwarsa daripada mengambil risiko membahayakan kesehatan. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membantu mencegah konsumsi obat kedaluwarsa dan melindungi kesehatan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita dapat membantu mencegah bahaya mengonsumsi obat kedaluwarsa dan melindungi kesehatan kita.

Tanya Jawab Seputar Konsumsi Obat Kedaluwarsa

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya seputar konsumsi obat kedaluwarsa:

1. Apa akibat dari mengonsumsi obat kedaluwarsa?-
Mengonsumsi obat kedaluwarsa dapat berakibat fatal karena dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang merusak kesehatan. Efek sampingnya bisa berupa mual, muntah, diare, sakit perut, bahkan kematian.
2. Bagaimana cara mencegah konsumsi obat kedaluwarsa?-
Cara mencegah konsumsi obat kedaluwarsa antara lain: periksa tanggal kedaluwarsa sebelum mengonsumsi obat, simpan obat dengan benar, baca petunjuk penggunaan obat, konsultasikan dengan dokter atau apoteker, buang obat kedaluwarsa, beli obat baru, hati-hati saat mengonsumsi obat, dan lebih baik aman daripada menyesal.
3. Bagaimana cara menyimpan obat dengan benar?-
Simpan obat sesuai petunjuk pada kemasan. Biasanya, obat harus disimpan di tempat sejuk, kering, dan terhindar dari sinar matahari langsung. Beberapa obat perlu disimpan di lemari es untuk menjaga stabilitasnya.
4. Apa yang harus dilakukan jika menemukan obat kedaluwarsa?-
Jika menemukan obat kedaluwarsa, segera buang dan jangan dikonsumsi. Obat kedaluwarsa dapat dibuang ke tempat pembuangan limbah obat-obatan atau apotek.
5. Apakah obat kedaluwarsa masih bisa dikonsumsi dalam jangka pendek?-
Tidak disarankan mengonsumsi obat kedaluwarsa meskipun dalam jangka pendek. Obat kedaluwarsa dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.
6. Bagaimana cara membedakan obat asli dan palsu?-
Perhatikan kemasan, label, dan bentuk obat. Obat asli biasanya memiliki kemasan dan label yang rapi dan jelas, serta bentuk yang sesuai dengan gambar pada kemasan. Hindari membeli obat dari sumber yang tidak terpercaya.

Kesimpulan

Mengonsumsi obat kedaluwarsa dapat berakibat fatal karena obat tersebut dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang merusak kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegah konsumsi obat kedaluwarsa. Cara-cara tersebut antara lain dengan selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa obat sebelum dikonsumsi, menyimpan obat dengan benar, membaca petunjuk penggunaan obat, berkonsultasi dengan dokter atau apoteker, membuang obat kedaluwarsa dengan benar, membeli obat baru, dan selalu berhati-hati saat mengonsumsi obat.

Dengan mengikuti cara-cara pencegahan tersebut, kita dapat terhindar dari bahaya mengonsumsi obat kedaluwarsa dan melindungi kesehatan kita.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *