Temukan 9 Manfaat Makan Jagung Rebus yang Jarang Diketahui

Bulkhairi
By: Bulkhairi May Mon 2024
Temukan 9 Manfaat Makan Jagung Rebus yang Jarang Diketahui

Manfaat makan jagung rebus adalah untuk mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jagung rebus merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik. Manfaat makan jagung rebus antara lain dapat melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan mengontrol kadar gula darah.

Jagung rebus juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, jagung rebus juga merupakan sumber energi yang baik karena mengandung karbohidrat kompleks.

Berikut ini adalah beberapa topik utama yang akan dibahas dalam artikel ini:

  • Kandungan nutrisi jagung rebus
  • Manfaat makan jagung rebus
  • Cara mengolah jagung rebus

Manfaat Makan Jagung Rebus

Manfaat makan jagung rebus sangatlah beragam, mulai dari melancarkan pencernaan hingga menjaga kesehatan jantung. Berikut adalah 9 manfaat utama makan jagung rebus yang perlu Anda ketahui:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Sumber energi
  • Kaya antioksidan
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menguatkan tulang
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mencegah anemia

Selain manfaat yang disebutkan di atas, jagung rebus juga merupakan makanan yang mengenyangkan dan rendah kalori. Jagung rebus dapat diolah dengan berbagai cara, seperti direbus, dipanggang, atau dijadikan sup. Jagung rebus juga dapat ditambahkan ke dalam berbagai makanan, seperti salad, tumisan, dan casserole.

Menjaga kesehatan jantung

Jagung rebus memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat tersebut antara lain:

  • Menurunkan kadar kolesterolJagung rebus mengandung serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.
  • Mengontrol tekanan darahJagung rebus merupakan sumber potasium yang baik. Potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh.
  • Meningkatkan aliran darahJagung rebus mengandung niasin, vitamin B yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke jantung.
  • Mengurangi risiko pembekuan darahJagung rebus mengandung vitamin K, vitamin yang berperan penting dalam pembekuan darah. Vitamin K dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengontrol kadar gula darah

Jagung rebus memiliki beberapa manfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Manfaat tersebut antara lain:

  • Memiliki indeks glikemik rendahIndeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah. Jagung rebus memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa ia tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat setelah dikonsumsi. Hal ini penting bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko terkena diabetes.
  • Mengandung seratSerat dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Jagung rebus merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.
  • Mengandung fitokimiaJagung rebus mengandung fitokimia yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Fitokimia ini antara lain asam ferulat dan asam p-kumarat.

Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda dan mengurangi risiko diabetes.

Melancarkan pencernaan

Melancarkan pencernaan adalah salah satu manfaat utama makan jagung rebus. Jagung rebus merupakan sumber serat yang baik, baik serat larut maupun tidak larut. Serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol kadar gula darah, sementara serat tidak larut dapat membantu melancarkan pencernaan.

Rad Too:

Temukan Berbagai Manfaat Asam Sulfat yang Jarang Diketahui

Temukan Berbagai Manfaat Asam Sulfat yang Jarang Diketahui
  • Membantu pergerakan ususSerat tidak larut dapat membantu menambah volume tinja dan melancarkan pergerakan usus. Hal ini dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.
  • Memberi makan bakteri baik di ususSerat larut dapat difermentasi oleh bakteri baik di usus, menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA). SCFA memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Menyerap airSerat dapat menyerap air dan membentuk gel di saluran pencernaan. Gel ini dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
  • Mencegah wasir dan divertikulitisMakan makanan berserat tinggi, seperti jagung rebus, dapat membantu mencegah wasir dan divertikulitis. Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus, sedangkan divertikulitis adalah peradangan kantung-kantung kecil di usus besar.

Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu melancarkan pencernaan Anda dan mengurangi risiko masalah pencernaan.

Sumber energi

Jagung rebus merupakan sumber energi yang baik karena mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dicerna secara perlahan oleh tubuh, sehingga dapat memberikan energi yang tahan lama. Manfaat makan jagung rebus sebagai sumber energi antara lain:

  • Meningkatkan staminaMakan jagung rebus sebelum berolahraga dapat membantu meningkatkan stamina karena menyediakan energi yang tahan lama. Karbohidrat kompleks dalam jagung rebus akan dipecah menjadi glukosa, yang digunakan sebagai bahan bakar untuk otot.
  • Mencegah kelelahanMakan jagung rebus secara teratur dapat membantu mencegah kelelahan karena memberikan energi yang berkelanjutan. Jagung rebus dapat menjadi camilan yang baik untuk dikonsumsi di antara waktu makan atau setelah berolahraga.
  • Membantu konsentrasiGlukosa yang dihasilkan dari karbohidrat kompleks dalam jagung rebus dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif. Jagung rebus dapat menjadi camilan yang baik untuk dikonsumsi saat belajar atau bekerja.

Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan energi Anda dan mengurangi risiko kelelahan.

Kaya antioksidan

Jagung rebus merupakan sumber antioksidan yang baik, antara lain asam ferulat, asam p-kumarat, dan antosianin. Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.

Antioksidan dalam jagung rebus dapat membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, antioksidan dalam jagung rebus juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan mengurangi peradangan.

Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis. Jagung rebus dapat dikonsumsi sebagai camilan, sebagai lauk pauk, atau sebagai bahan dalam berbagai hidangan.

Menjaga kesehatan mata

Jagung rebus memiliki beberapa manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat tersebut antara lain:

  • Mengandung vitamin AVitamin A adalah vitamin yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam pembentukan rhodopsin, pigmen yang dibutuhkan untuk penglihatan dalam kondisi cahaya redup. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja dan kerusakan mata lainnya.Jagung rebus merupakan sumber vitamin A yang baik. Satu buah jagung rebus mengandung sekitar 10% dari kebutuhan vitamin A harian.
  • Mengandung lutein dan zeaxanthinLutein dan zeaxanthin adalah dua jenis karotenoid yang terdapat pada jagung rebus. Karotenoid adalah pigmen yang memberikan warna pada buah dan sayur. Lutein dan zeaxanthin memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel mata. Lutein dan zeaxanthin dapat membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel mata.
  • Mengandung antosianinAntosianin adalah jenis flavonoid yang memberikan warna ungu pada jagung rebus. Antosianin memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan.Antosianin dapat membantu mengurangi peradangan pada mata dan mencegah kerusakan pembuluh darah pada retina.

Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda dan mengurangi risiko penyakit mata.

Menguatkan tulang

Jagung rebus merupakan sumber mineral penting yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, magnesium, dan fosfor. Kalsium merupakan mineral utama penyusun tulang, sedangkan magnesium dan fosfor berperan dalam menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Rad Too:

18 Manfaat Buah Salam yang Jarang Diketahui: Temukan Rahasia Kesehatan Anda

18 Manfaat Buah Salam yang Jarang Diketahui: Temukan Rahasia Kesehatan Anda

Kekurangan kalsium, magnesium, atau fosfor dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang. Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral ini dan menjaga kesehatan tulang Anda.

Selain itu, jagung rebus juga mengandung vitamin K, yang berperan dalam pembentukan protein yang disebut osteokalsin. Osteokalsin membantu mengikat kalsium ke tulang, sehingga meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang.

Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu memperkuat tulang Anda dan mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang.

Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat makan jagung rebus yang tidak banyak diketahui adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan kulit. Jagung rebus mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit.

Antioksidan dalam jagung rebus, seperti vitamin C dan E, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, keriput, dan masalah kulit lainnya.

Selain itu, jagung rebus juga mengandung vitamin A, yang penting untuk produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Jagung rebus juga merupakan sumber vitamin B, seperti niasin dan asam pantotenat. Vitamin B ini berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah masalah kulit seperti jerawat dan eksim.

Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda dari dalam ke luar. Jagung rebus dapat dikonsumsi sebagai camilan, sebagai lauk pauk, atau sebagai bahan dalam berbagai hidangan.

Rad Too:

Temukan Manfaat Kayu Manis untuk Miss V yang Jarang Diketahui

Temukan Manfaat Kayu Manis untuk Miss V yang Jarang Diketahui

Mencegah anemia

Manfaat makan jagung rebus yang tidak kalah penting adalah kemampuannya untuk mencegah anemia. Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, sehingga tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke seluruh tubuh.

  • Sumber zat besi

    Jagung rebus merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk produksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen. Konsumsi jagung rebus secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh dan mencegah anemia.

  • Sumber vitamin B12

    Jagung rebus juga mengandung vitamin B12. Vitamin B12 adalah vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia megaloblastik, yaitu jenis anemia yang ditandai dengan sel darah merah yang besar dan tidak normal.

  • Sumber asam folat

    Selain zat besi dan vitamin B12, jagung rebus juga merupakan sumber asam folat. Asam folat adalah vitamin yang berperan dalam produksi sel darah merah. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia megaloblastik.

Dengan mengonsumsi jagung rebus secara teratur, Anda dapat membantu mencegah anemia dan memastikan bahwa tubuh Anda memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Banyak penelitian ilmiah yang mendukung manfaat makan jagung rebus. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois menemukan bahwa konsumsi jagung rebus secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Penelitian ini juga menemukan bahwa jagung rebus dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Studi kasus lain yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism menemukan bahwa konsumsi jagung rebus dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Penelitian ini menemukan bahwa jagung rebus memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa ia tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat setelah dikonsumsi.

Rad Too:

Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Wanita yang Jarang Diketahui

Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Wanita yang Jarang Diketahui

Meskipun ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat makan jagung rebus, penting untuk dicatat bahwa beberapa penelitian juga menemukan hasil yang beragam. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi jagung rebus tidak berpengaruh signifikan terhadap kadar kolesterol atau tekanan darah.

Perbedaan hasil penelitian ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perbedaan metodologi penelitian, ukuran sampel, dan jenis jagung rebus yang digunakan. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat makan jagung rebus dan untuk menentukan dosis optimal serta cara konsumsi terbaik.

Namun, secara keseluruhan, bukti ilmiah yang ada menunjukkan bahwa makan jagung rebus dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kontrol gula darah, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Tips Mengonsumsi Jagung Rebus

Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi jagung rebus agar mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal:

1. Pilih jagung rebus yang segar

Jagung rebus yang segar memiliki kulit yang hijau cerah dan tidak terdapat bintik-bintik hitam atau cokelat. Tongkol jagung harus terasa berat dan padat saat dipegang.

2. Rebus jagung dengan air secukupnya

Saat merebus jagung, gunakan air secukupnya hingga jagung terendam seluruhnya. Jangan menambahkan terlalu banyak air, karena dapat melarutkan nutrisi yang terkandung dalam jagung.

3. Rebus jagung hingga matang

Rebus jagung hingga matang sempurna agar teksturnya empuk dan rasanya manis. Waktu perebusan bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis jagung. Namun, secara umum, jagung rebus matang dalam waktu 10-15 menit.

4. Sajikan jagung rebus dengan segera

Setelah direbus, sajikan jagung rebus dengan segera agar tetap hangat dan nikmat. Jagung rebus yang dibiarkan dingin akan kehilangan sebagian besar nutrisi dan rasanya.

5. Tambahkan sedikit garam atau mentega

Untuk menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan sedikit garam atau mentega pada jagung rebus. Namun, hindari penggunaan mentega secara berlebihan karena dapat meningkatkan kadar lemak dan kalori.

6. Konsumsi jagung rebus dalam jumlah sedang

Jagung rebus memang sehat, tetapi sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang. Konsumsi jagung rebus secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan peningkatan kadar gula darah.

7. Kombinasikan jagung rebus dengan makanan sehat lainnya

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih optimal, kombinasikan jagung rebus dengan makanan sehat lainnya, seperti sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh.

8. Simpan jagung rebus dengan benar

Jika tidak langsung dikonsumsi, simpan jagung rebus dalam lemari es dalam keadaan tertutup. Jagung rebus dapat disimpan di lemari es hingga 3 hari.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Makan Jagung Rebus

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai manfaat makan jagung rebus:

1. Apakah jagung rebus dapat membantu menurunkan kadar kolesterol?-
Ya, jagung rebus mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.
2. Apakah jagung rebus baik untuk penderita diabetes?-
Ya, jagung rebus memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa ia tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat setelah dikonsumsi.
3. Apakah jagung rebus dapat membantu melancarkan pencernaan?-
Ya, jagung rebus merupakan sumber serat yang baik, baik serat larut maupun tidak larut, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
4. Apakah jagung rebus merupakan sumber energi yang baik?-
Ya, jagung rebus mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara perlahan oleh tubuh, sehingga dapat memberikan energi yang tahan lama.
5. Apakah jagung rebus mengandung antioksidan?-
Ya, jagung rebus mengandung antioksidan seperti asam ferulat, asam p-kumarat, dan antosianin yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
6. Apakah jagung rebus dapat membantu menjaga kesehatan mata?-
Ya, jagung rebus mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan antosianin yang semuanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Kesimpulan

Makan jagung rebus memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain dapat menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kontrol gula darah, melancarkan pencernaan, menyediakan energi, kaya antioksidan, menjaga kesehatan mata, memperkuat tulang, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah anemia.

Jagung rebus merupakan makanan yang sehat dan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh semua orang. Untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal, konsumsilah jagung rebus dalam jumlah sedang dan kombinasikan dengan makanan sehat lainnya.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *