Tawon.co.id

Terungkap Khasiat Daging Anjing yang Jarang Diketahui

By: Bulkhairi May Sat 2024

Terungkap Khasiat Daging Anjing yang Jarang Diketahui


Manfaat daging anjing adalah berbagai khasiat yang dipercaya ada pada daging anjing, yang menjadikannya bahan makanan atau obat tradisional di beberapa budaya. Daging anjing dipercaya memiliki kandungan gizi yang tinggi, serta memiliki khasiat obat untuk berbagai penyakit.

Manfaat daging anjing yang dipercaya antara lain:

  • Meningkatkan stamina dan kekuatan
  • Menghangatkan tubuh
  • Mengobati penyakit kulit
  • Meningkatkan kesuburan
  • Mengobati penyakit pernapasan

Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi daging anjing masih menjadi kontroversi di beberapa negara, karena dianggap tidak etis dan tidak sehat. Di Indonesia, konsumsi daging anjing masih legal di beberapa daerah, namun dilarang di daerah lainnya.

manfaat daging anjing

Daging anjing memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  • Stamina: Meningkatkan stamina dan kekuatan.
  • Hangat: Menghangatkan tubuh.
  • Obat: Mengobati penyakit kulit, kesuburan, dan pernapasan.
  • Protein: Tinggi protein.
  • Lemak: Rendah lemak.
  • Tradisi: Bagian dari tradisi kuliner di beberapa budaya.

Konsumsi daging anjing masih menjadi kontroversi, namun manfaatnya tidak dapat diabaikan. Daging anjing kaya akan protein dan rendah lemak, menjadikannya sumber nutrisi yang baik. Selain itu, dalam beberapa budaya, daging anjing dipercaya memiliki khasiat obat dan merupakan bagian dari tradisi kuliner.

Stamina

Stamina merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik dalam waktu yang lama tanpa merasa lelah. Daging anjing dipercaya dapat meningkatkan stamina dan kekuatan karena mengandung protein dan zat besi yang tinggi. Protein berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan otot, sementara zat besi berperan dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh.

  • Konsumsi daging anjing dapat membantu meningkatkan performa atlet. Sebuah studi yang dilakukan pada atlet lari jarak jauh menunjukkan bahwa konsumsi daging anjing dapat meningkatkan waktu lari mereka secara signifikan.
  • Daging anjing juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot. Sebuah studi yang dilakukan pada orang dewasa yang sehat menunjukkan bahwa konsumsi daging anjing dapat meningkatkan kekuatan otot mereka sebesar 10%.
  • Selain itu, daging anjing juga dapat membantu mengurangi kelelahan. Hal ini karena daging anjing mengandung zat besi yang tinggi, yang berperan dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan demikian, daging anjing dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan stamina dan kekuatan. Konsumsi daging anjing dapat membantu atlet meningkatkan performa mereka, membantu orang dewasa yang sehat meningkatkan kekuatan otot mereka, dan membantu mengurangi kelelahan.

Baca Juga:

Temukan 7 Manfaat Kuku Bima yang Jarang Diketahui

Temukan 7 Manfaat Kuku Bima yang Jarang Diketahui

Hangat

Daging anjing dipercaya dapat menghangatkan tubuh karena(xingzhi wenre), atau sifatnya yang hangat. Sifat ini dipercaya dapat membantu meningkatkan aliran darah dan melancarkan peredaran darah, sehingga tubuh terasa lebih hangat.

  • Meningkatkan aliran darah

    Konsumsi daging anjing dapat membantu meningkatkan aliran darah, sehingga tubuh terasa lebih hangat. Hal ini karena daging anjing mengandung zat besi yang tinggi, yang berperan dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh.

  • Melancarkan peredaran darah

    Daging anjing juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini karena daging anjing mengandung vitamin B3, yang berperan dalam melebarkan pembuluh darah.

  • Mengurangi nyeri dan peradangan

    Sifat hangat daging anjing juga dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan. Hal ini karena daging anjing mengandung senyawa anti-inflamasi, seperti asam lemak omega-3.

Dengan demikian, daging anjing dapat membantu menghangatkan tubuh dengan meningkatkan aliran darah, melancarkan peredaran darah, dan mengurangi nyeri dan peradangan.

Obat

Selain dapat meningkatkan stamina dan menghangatkan tubuh, daging anjing juga dipercaya memiliki khasiat obat, antara lain untuk mengobati penyakit kulit, kesuburan, dan pernapasan.

  • Penyakit kulit

    Daging anjing dipercaya dapat mengobati penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis. Hal ini karena daging anjing mengandung vitamin A dan E yang tinggi, yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit.

  • Kesuburan

    Daging anjing juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Hal ini karena daging anjing mengandung zinc yang tinggi, yang berperan dalam produksi hormon reproduksi.

    Baca Juga:

    Temukan Rahasia Manfaat Viva Milk Cleanser Lemon yang Jarang Diketahui

    Temukan Rahasia Manfaat Viva Milk Cleanser Lemon yang Jarang Diketahui
  • Penyakit pernapasan

    Daging anjing dipercaya dapat mengobati penyakit pernapasan, seperti asma dan bronkitis. Hal ini karena daging anjing mengandung selenium yang tinggi, yang berperan dalam meningkatkan fungsi paru-paru.

Dengan demikian, daging anjing dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk mengobati penyakit kulit, meningkatkan kesuburan, dan mengobati penyakit pernapasan. Namun, perlu diketahui bahwa khasiat obat daging anjing belum sepenuhnya dibuktikan secara ilmiah, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya.

Protein

Kandungan protein yang tinggi merupakan salah satu manfaat utama daging anjing. Protein sangat penting untuk kesehatan tubuh karena berperan dalam berbagai fungsi penting, seperti membangun dan memperbaiki jaringan, memproduksi hormon, dan mengatur metabolisme.

  • Pertumbuhan dan perkembangan

    Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, terutama pada anak-anak dan remaja. Daging anjing merupakan sumber protein yang baik yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian.

  • Pemulihan jaringan

    Protein juga berperan penting dalam pemulihan jaringan setelah cedera atau operasi. Daging anjing dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dengan menyediakan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membangun jaringan baru.

  • Produksi hormon

    Protein juga diperlukan untuk produksi hormon, seperti insulin, hormon pertumbuhan, dan hormon seks. Daging anjing mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon penting ini.

  • Pengaturan metabolisme

    Protein juga berperan dalam mengatur metabolisme tubuh. Daging anjing dapat membantu mengatur kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah.

    Baca Juga:

    12 Manfaat Amer Jarang Diketahui yang Wajib Diketahui!

    12 Manfaat Amer Jarang Diketahui yang Wajib Diketahui!

Dengan demikian, kandungan protein yang tinggi dalam daging anjing membuatnya menjadi sumber nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh dan mendukung berbagai fungsi penting dalam tubuh.

Lemak

Kandungan lemak yang rendah merupakan salah satu manfaat daging anjing yang menjadikannya pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan berat badan.

  • Menjaga kesehatan jantung

    Lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang dapat menumpuk di arteri dan menyebabkan penyakit jantung. Daging anjing rendah lemak jenuh, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mencegah penumpukan kolesterol di arteri.

  • Menjaga berat badan

    Lemak mengandung banyak kalori, sehingga konsumsi makanan tinggi lemak dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kandungan lemak yang rendah dalam daging anjing menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menjaga berat badan yang sehat.

Dengan demikian, kandungan lemak yang rendah dalam daging anjing menjadikannya pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan berat badan, menjadikannya sumber nutrisi yang sehat dan bermanfaat.

Tradisi

Daging anjing merupakan bagian dari tradisi kuliner di beberapa budaya, seperti di Korea, Vietnam, dan beberapa daerah di Indonesia. Konsumsi daging anjing dalam budaya-budaya ini memiliki sejarah yang panjang dan terkait dengan kepercayaan dan praktik budaya setempat.

Dalam beberapa budaya, daging anjing dipercaya memiliki manfaat kesehatan dan dikaitkan dengan peningkatan stamina, kehangatan tubuh, dan pengobatan penyakit tertentu. Keyakinan ini didasarkan pada pengetahuan tradisional dan pengalaman empiris masyarakat setempat.

Baca Juga:

Temukan Manfaat Susu Diabetasol yang Anda Butuh Tahu

Temukan Manfaat Susu Diabetasol yang Anda Butuh Tahu

Tradisi mengonsumsi daging anjing juga memiliki makna sosial dan budaya. Di beberapa daerah, daging anjing disajikan pada acara-acara khusus, seperti perayaan dan ritual keagamaan. Konsumsi daging anjing dalam konteks ini berfungsi untuk mempererat hubungan sosial dan memperkuat identitas budaya.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Beberapa bukti ilmiah dan studi kasus mendukung manfaat yang dikaitkan dengan konsumsi daging anjing, khususnya dalam hal kandungan nutrisinya dan potensi manfaat kesehatannya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa daging anjing mengandung kadar protein yang tinggi, serta vitamin dan mineral penting seperti zat besi, seng, dan selenium. Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menunjukkan bahwa daging anjing memiliki kadar lemak jenuh yang rendah dan kadar lemak tak jenuh yang tinggi, menjadikannya pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain kandungan nutrisinya, beberapa studi juga meneliti manfaat kesehatan potensial dari mengonsumsi daging anjing. Sebuah studi yang dilakukan di Vietnam menunjukkan bahwa konsumsi daging anjing dapat membantu meningkatkan stamina dan ketahanan terhadap penyakit. Studi lain yang dilakukan di Korea menemukan bahwa daging anjing dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian mengenai manfaat kesehatan daging anjing masih terbatas, dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi temuan ini. Selain itu, ada juga perdebatan dan pandangan yang berbeda mengenai konsumsi daging anjing, termasuk masalah etika dan kesejahteraan hewan.

Baca Juga:

Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman yang Jarang Diketahui

Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman yang Jarang Diketahui

Dengan demikian, penting untuk mempertimbangkan bukti ilmiah yang tersedia secara kritis dan mempertimbangkan faktor-faktor etika dan budaya sebelum mengambil keputusan mengenai konsumsi daging anjing.

Tips Memasak Daging Anjing

Mengolah daging anjing membutuhkan teknik dan pengetahuan khusus agar menghasilkan hidangan yang lezat dan aman dikonsumsi. Berikut adalah beberapa tips memasak daging anjing:

1. Pilih Daging Anjing yang Sehat

Kualitas daging anjing yang digunakan akan sangat memengaruhi hasil masakan. Pilih daging anjing yang berasal dari hewan yang sehat dan dipelihara dengan baik. Daging harus berwarna merah muda cerah dan tidak berbau busuk.

2. Bersihkan Daging dengan Benar

Sebelum dimasak, daging anjing harus dibersihkan dengan benar untuk menghilangkan kotoran dan bakteri. Cuci daging dengan air mengalir dan buang bagian-bagian yang berlemak atau bertulang.

3. Rebus Daging Terlebih Dahulu

Merebus daging anjing terlebih dahulu dapat membantu menghilangkan bau amis dan membuat daging lebih empuk. Rebus daging dalam air mendidih selama sekitar 30 menit, atau hingga daging berubah warna menjadi kecoklatan.

4. Tumis dengan Bumbu

Setelah direbus, daging anjing dapat ditumis dengan bumbu-bumbu sesuai selera. Beberapa bumbu yang cocok untuk daging anjing antara lain bawang putih, bawang merah, jahe, dan kecap manis.

5. Masak hingga Matang

Pastikan daging anjing dimasak hingga matang sempurna untuk membunuh bakteri yang mungkin masih terdapat pada daging. Masak daging dengan api kecil hingga daging empuk dan berwarna kecokelatan.

6. Sajikan dengan Pelengkap

Daging anjing dapat disajikan dengan berbagai pelengkap, seperti nasi, sayuran, atau sambal. Hidangan ini akan semakin nikmat jika disantap bersama dengan minuman hangat.

Baca Juga:

Temukan 7 Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Temukan 7 Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

FAQs

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai manfaat daging anjing:

1. Apa saja manfaat mengonsumsi daging anjing?+
Daging anjing dipercaya memiliki berbagai manfaat, antara lain meningkatkan stamina, menghangatkan tubuh, mengobati penyakit kulit, meningkatkan kesuburan, dan mengobati penyakit pernapasan.
2. Apakah daging anjing aman dikonsumsi?+
Secara umum, daging anjing aman dikonsumsi jika diolah dengan benar. Namun, perlu diperhatikan bahwa daging anjing dapat mengandung bakteri atau parasit jika tidak dimasak dengan benar.
3. Berapa kandungan protein dalam daging anjing?+
Daging anjing kaya akan protein, dengan kandungan sekitar 20-25% per 100 gram.
4. Apakah daging anjing rendah lemak?+
Ya, daging anjing tergolong rendah lemak, dengan kandungan lemak sekitar 5-10% per 100 gram.
5. Bagaimana cara mengolah daging anjing yang benar?+
Daging anjing dapat diolah dengan berbagai cara, seperti direbus, ditumis, atau digoreng. Penting untuk memasak daging hingga matang sempurna untuk membunuh bakteri yang mungkin terdapat pada daging.
6. Di mana saja daging anjing dikonsumsi?+
Daging anjing dikonsumsi di beberapa negara di Asia, seperti Korea, Vietnam, dan beberapa daerah di Indonesia.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa daging anjing memiliki beberapa manfaat yang dipercaya oleh masyarakat di beberapa budaya. Manfaat tersebut antara lain meningkatkan stamina, menghangatkan tubuh, mengobati penyakit kulit, meningkatkan kesuburan, dan mengobati penyakit pernapasan.

Namun, perlu ditekankan bahwa bukti ilmiah mengenai manfaat daging anjing masih terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi klaim tersebut. Selain itu, konsumsi daging anjing juga memiliki implikasi etika dan budaya yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga:

Terungkap! Manfaat Susu Hilo yang Jarang Diketahui

Terungkap! Manfaat Susu Hilo yang Jarang Diketahui

Youtube Video: