Manfaat Buah Blewah yang Jarang Diketahui

Bulkhairi
By: Bulkhairi May Sat 2024
Manfaat Buah Blewah yang Jarang Diketahui

Buah blewah atau yang memiliki nama latin Cucumis melo L. adalah buah yang berasal dari daerah tropis dan subtropis. Buah ini memiliki bentuk bulat atau lonjong dengan kulit buah berwarna hijau muda atau kuning ketika matang. Daging buah blewah berwarna putih atau krem dengan tekstur yang lembut dan berair.

Buah blewah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat. Vitamin A berperan penting untuk menjaga kesehatan mata, sementara vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Kalium bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, sedangkan serat membantu melancarkan pencernaan.

Selain nutrisi di atas, buah blewah juga mengandung beberapa senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti cucurbitacin dan karotenoid. Cucurbitacin memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh, sedangkan karotenoid berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Manfaat Buah Blewah

Buah blewah kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 6 aspek penting terkait manfaat buah blewah:

  • Vitamin A: Menjaga kesehatan mata
  • Vitamin C: Antioksidan, melindungi sel tubuh
  • Kalium: Mengatur tekanan darah
  • Serat: Melancarkan pencernaan
  • Cucurbitacin: Anti-inflamasi, mengurangi peradangan
  • Karotenoid: Antioksidan, melindungi sel dari kerusakan

Kandungan nutrisi dan senyawa bioaktif dalam buah blewah memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur tekanan darah, melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Oleh karena itu, mengonsumsi buah blewah secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi penting yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin ini membantu memproduksi rhodopsin, pigmen pada sel-sel retina yang memungkinkan kita melihat dalam kondisi cahaya redup. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, yaitu kesulitan melihat pada malam hari atau kondisi cahaya redup lainnya.

Rad Too:

Manfaat Benalu Teh yang Jarang Diketahui, Wajib Dicoba!

Manfaat Benalu Teh yang Jarang Diketahui, Wajib Dicoba!
  • Mencegah Rabun Senja: Konsumsi buah blewah yang kaya vitamin A dapat membantu mencegah rabun senja dan menjaga penglihatan yang baik dalam kondisi cahaya redup.
  • Memelihara Kesehatan Kornea: Vitamin A juga membantu memelihara kesehatan kornea, lapisan transparan di bagian depan mata. Kornea yang sehat membantu memfokuskan cahaya ke retina, sehingga menghasilkan penglihatan yang jelas.
  • Mengurangi Risiko Degenerasi Makula: Degenerasi makula adalah kondisi yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua. Studi menunjukkan bahwa konsumsi vitamin A dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula.
  • Meningkatkan Produksi Air Mata: Vitamin A juga berperan dalam produksi air mata, yang penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi buah blewah secara teratur, kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Buah blewah menjadi sumber vitamin A yang baik dan mudah diakses, sehingga dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk kesehatan mata yang optimal.

Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan berbagai penyakit kronis.

  • Melindungi dari Stres Oksidatif: Buah blewah kaya akan vitamin C, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit neurodegeneratif.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Vitamin C juga penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan infeksi dan penyakit.
  • Mencegah Penyakit Kronis: Konsumsi buah blewah yang kaya vitamin C dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Antioksidan dalam vitamin C membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit ini.
  • Menjaga Kesehatan Kulit: Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Konsumsi buah blewah yang kaya vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Dengan mengonsumsi buah blewah secara teratur, kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian dan mendapatkan manfaat antioksidannya yang penting. Buah blewah menjadi sumber vitamin C yang baik dan mudah diakses, sehingga dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk menjaga kesehatan sel tubuh secara keseluruhan.

Kalium

Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam mengatur tekanan darah. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, merupakan faktor risiko utama penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Buah blewah merupakan sumber kalium yang baik, sehingga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Kalium bekerja dengan cara melemaskan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah menurun. Selain itu, kalium juga membantu mengeluarkan kelebihan natrium dari tubuh melalui urine. Natrium adalah mineral yang dapat meningkatkan tekanan darah jika dikonsumsi berlebihan.

Konsumsi buah blewah secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi 4,7 gram kalium per hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) hingga 8 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) hingga 5 mmHg. Penurunan tekanan darah ini dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Rad Too:

Temukan 6 Manfaat Senam yang Jarang Diketahui untuk Tubuh Anda

Temukan 6 Manfaat Senam yang Jarang Diketahui untuk Tubuh Anda

Oleh karena itu, mengonsumsi buah blewah dapat menjadi cara alami untuk mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Buah blewah yang kaya kalium dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk mencegah dan mengelola hipertensi.

Serat

Serat merupakan komponen penting dalam buah blewah yang berperan penting dalam melancarkan pencernaan. Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, namun memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan.

Konsumsi serat yang cukup dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Serat menyerap air di dalam usus, sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Selain itu, serat juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga bermanfaat bagi pengelolaan berat badan.

Buah blewah merupakan sumber serat yang baik. Satu buah blewah berukuran sedang mengandung sekitar 2 gram serat. Serat dalam buah blewah dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung penurunan berat badan.

Dengan mengonsumsi buah blewah secara teratur, kita dapat memenuhi kebutuhan serat harian dan memperoleh manfaatnya bagi kesehatan pencernaan. Buah blewah yang kaya serat dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Cucurbitacin

Buah blewah mengandung senyawa bioaktif yang disebut cucurbitacin, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi, namun peradangan kronis dapat berkontribusi pada berbagai penyakit.

  • Mengurangi Peradangan Sendi: Cucurbitacin telah diteliti karena potensinya dalam mengurangi peradangan sendi. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak buah blewah dapat membantu mengurangi nyeri dan kekakuan pada pasien dengan osteoarthritis lutut.
  • Melawan Peradangan Usus: Sifat anti-inflamasi cucurbitacin juga dapat bermanfaat untuk mengatasi peradangan usus, seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Studi pada hewan menunjukkan bahwa cucurbitacin dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan.
  • Mencegah Peradangan Kulit: Cucurbitacin memiliki sifat anti-inflamasi topikal, yang dapat membantu meredakan peradangan kulit. Ekstrak buah blewah telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.
  • Melindungi dari Penyakit Kronis: Peradangan kronis dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Konsumsi buah blewah yang mengandung cucurbitacin dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit ini.

Dengan mengonsumsi buah blewah secara teratur, kita dapat memperoleh manfaat anti-inflamasi dari cucurbitacin. Buah blewah dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Karotenoid

Buah blewah kaya akan karotenoid, pigmen alami yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan berbagai penyakit kronis.

Rad Too:

Manfaat Brem yang Jarang Diketahui: Penemuan dan Wawasan Menakjubkan yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat Brem yang Jarang Diketahui: Penemuan dan Wawasan Menakjubkan yang Perlu Kamu Tahu

Karotenoid dalam buah blewah, seperti beta-karoten, likopen, dan lutein, berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Beta-karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Likopen memiliki sifat antioksidan yang kuat dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu. Lutein membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV.

Dengan mengonsumsi buah blewah secara teratur, kita dapat memperoleh manfaat antioksidan dari karotenoid. Buah blewah dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk mengurangi stres oksidatif, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat buah blewah didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang signifikan dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Studi ini menunjukkan bahwa buah blewah mengandung kadar vitamin C yang tinggi, yaitu sekitar 65 mg per 100 gram buah. Vitamin C adalah antioksidan penting yang berperan dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Negeri Ohio menemukan bahwa buah blewah mengandung senyawa bioaktif yang disebut cucurbitacin. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Studi pada hewan menunjukkan bahwa cucurbitacin dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat buah blewah, penting untuk dicatat bahwa beberapa penelitian masih terbatas dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi manfaat spesifik buah blewah bagi kesehatan manusia.

Namun demikian, bukti yang ada menunjukkan bahwa buah blewah berpotensi menjadi makanan yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi buah blewah secara teratur, kita dapat memperoleh berbagai nutrisi penting dan senyawa bioaktif yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Rad Too:

Temukan Manfaat Pocari Sweat yang Jarang Diketahui

Temukan Manfaat Pocari Sweat yang Jarang Diketahui

Tips Mengonsumsi Buah Blewah

Untuk mendapatkan manfaat buah blewah secara optimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

1. Konsumsi Secara Teratur

Konsumsi buah blewah secara teratur, baik sebagai buah segar, jus, atau campuran salad, dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan senyawa bioaktif yang penting bagi kesehatan tubuh.

2. Pilih Buah yang Matang

Pilih buah blewah yang matang untuk mendapatkan rasa dan nutrisi yang optimal. Buah blewah yang matang biasanya memiliki kulit berwarna kuning pucat hingga krem dan sedikit lunak saat ditekan.

3. Kombinasikan dengan Makanan Kaya Vitamin E

Vitamin E dapat membantu meningkatkan penyerapan beta-karoten, salah satu karotenoid penting dalam buah blewah. Konsumsi buah blewah bersama dengan makanan kaya vitamin E, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, atau alpukat, dapat memaksimalkan manfaat buah blewah.

4. Batasi Penambahan Gula

Saat mengonsumsi jus buah blewah, hindari menambahkan gula tambahan. Gula tambahan dapat mengurangi nilai gizi buah blewah dan berkontribusi pada peningkatan berat badan.

5. Simpan dengan Benar

Simpan buah blewah yang belum dipotong pada suhu kamar hingga matang. Setelah dipotong, simpan buah blewah dalam lemari es dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Buah Blewah

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat buah blewah dan jawabannya:

1. Apa saja nutrisi penting yang terkandung dalam buah blewah?-
1. Buah blewah mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, serat, cucurbitacin, dan karotenoid.
2. Apa manfaat vitamin C dalam buah blewah?-
2. Vitamin C dalam buah blewah berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
3. Bagaimana cara buah blewah membantu mengatur tekanan darah?-
3. Buah blewah mengandung kalium, mineral penting yang berperan dalam mengatur tekanan darah dengan cara melemaskan pembuluh darah.
4. Apa saja manfaat serat dalam buah blewah?-
4. Serat dalam buah blewah membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung penurunan berat badan.
5. Bagaimana cucurbitacin dalam buah blewah bermanfaat bagi kesehatan?-
5. Cucurbitacin memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan sendi, peradangan usus, dan peradangan kulit.
6. Apa peran karotenoid dalam buah blewah?-
6. Karotenoid dalam buah blewah, seperti beta-karoten, likopen, dan lutein, berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan menjaga kesehatan mata.

Kesimpulan

Buah blewah kaya akan berbagai nutrisi penting dan senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Konsumsi buah blewah secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur tekanan darah, melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Dengan menyertakan buah blewah dalam pola makan sehat, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan dan mendukung kesejahteraan secara keseluruhan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat spesifik buah blewah, namun bukti yang ada menunjukkan bahwa buah ini berpotensi menjadi makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *