Temukan 7 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Bulkhairi
By: Bulkhairi May Sat 2024
Temukan 7 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Buah alpukat, dikenal dengan nama ilmiah Persea americana, merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk ibu hamil.

Alpukat kaya akan nutrisi yang penting untuk ibu hamil, seperti asam folat, kalium, vitamin C, dan lemak sehat. Asam folat sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi, sedangkan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah. Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara lemak sehat membantu perkembangan otak dan saraf bayi.

Selain itu, alpukat juga dapat membantu mengatasi beberapa masalah yang umum dialami ibu hamil, seperti mual dan muntah di pagi hari, sembelit, dan kram kaki. Kandungan serat dalam alpukat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, sementara kalium dapat membantu mengurangi kram kaki.

Dengan demikian, alpukat merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil, antara lain:

  • Kaya nutrisi: Alpukat mengandung asam folat, kalium, vitamin C, dan lemak sehat yang penting untuk ibu hamil.
  • Mencegah cacat tabung saraf: Asam folat dalam alpukat sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
  • Mengatur tekanan darah: Kalium dalam alpukat membantu mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Vitamin C dalam alpukat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu perkembangan otak dan saraf bayi: Lemak sehat dalam alpukat membantu perkembangan otak dan saraf bayi.
  • Mengatasi mual dan muntah di pagi hari: Alpukat dapat membantu mengatasi mual dan muntah di pagi hari yang umum dialami ibu hamil.
  • Mencegah sembelit: Kandungan serat dalam alpukat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Mengurangi kram kaki: Kalium dalam alpukat dapat membantu mengurangi kram kaki yang sering dialami ibu hamil.
  • Menjaga kesehatan ibu dan bayi: Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

Kesimpulannya, alpukat merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Kandungan nutrisinya yang lengkap dan beragam dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi selama kehamilan, serta mengatasi berbagai masalah yang umum dialami ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi alpukat secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat selama kehamilan.

Kaya nutrisi

Alpukat kaya akan nutrisi yang penting untuk ibu hamil, seperti asam folat, kalium, vitamin C, dan lemak sehat. Nutrisi ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

  • Asam folat: Asam folat sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Cacat tabung saraf adalah kelainan serius yang dapat menyebabkan masalah pada otak dan sumsum tulang belakang bayi.
  • Kalium: Kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah. Keseimbangan cairan yang baik penting untuk mencegah pembengkakan pada ibu hamil. Tekanan darah yang terkontrol juga penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.
  • Vitamin C: Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat penting untuk melindungi ibu hamil dari infeksi.
  • Lemak sehat: Lemak sehat membantu perkembangan otak dan saraf bayi. Lemak sehat juga penting untuk kesehatan jantung ibu hamil.

Dengan demikian, kandungan nutrisi yang kaya dalam alpukat sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

Rad Too:

Temukan 7 Manfaat Salmon yang Jarang Diketahui, Sungguh Menakjubkan!

Temukan 7 Manfaat Salmon yang Jarang Diketahui, Sungguh Menakjubkan!

Mencegah cacat tabung saraf

Cacat tabung saraf adalah kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang bayi yang dapat terjadi pada awal kehamilan. Asam folat, yang juga dikenal sebagai vitamin B9, sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf. Asam folat membantu membentuk tabung saraf, yang merupakan cikal bakal otak dan sumsum tulang belakang bayi.

  • Konsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan sangat penting

    Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari, mulai dari sebelum hamil hingga 12 minggu pertama kehamilan. Asam folat dapat diperoleh dari makanan seperti alpukat, sayuran hijau, dan kacang-kacangan, serta dari suplemen.

  • Alpukat merupakan sumber asam folat yang baik

    Satu buah alpukat mengandung sekitar 56 mikrogram asam folat. Selain asam folat, alpukat juga kaya akan nutrisi lain yang penting untuk ibu hamil, seperti kalium, vitamin C, dan lemak sehat.

  • Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu mencegah cacat tabung saraf

    Konsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan dapat membantu memastikan bahwa ibu hamil mendapatkan cukup asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Dengan demikian, konsumsi alpukat sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Alpukat merupakan sumber asam folat yang baik, yang sangat penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Mengatur tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada ibu hamil. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko preeklamsia, yaitu kondisi serius yang dapat membahayakan ibu dan bayi. Kalium dalam alpukat berperan penting dalam mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah.

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan natrium. Natrium adalah mineral yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi jika kadarnya terlalu tinggi dalam tubuh. Dengan mengeluarkan kelebihan natrium, kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Rad Too:

Temukan Beragam Manfaat Kulit Salak yang Jarang Diketahui

Temukan Beragam Manfaat Kulit Salak yang Jarang Diketahui

Selain itu, kalium juga membantu melemaskan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebih rileks akan menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, konsumsi alpukat yang kaya kalium dapat membantu mengatur tekanan darah dan mencegah preeklamsia pada ibu hamil.

Kesimpulannya, manfaat buah alpukat untuk ibu hamil salah satunya adalah mengatur tekanan darah. Kalium dalam alpukat membantu menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah, sehingga dapat mencegah preeklamsia dan menjaga kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk ibu hamil, karena dapat melindungi mereka dari infeksi yang dapat membahayakan ibu dan bayi. Vitamin C adalah nutrisi penting yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh memproduksi sel darah putih, yang merupakan sel yang melawan infeksi.

Alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Satu buah alpukat mengandung sekitar 10% dari kebutuhan vitamin C harian untuk ibu hamil. Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu memastikan bahwa ibu hamil mendapatkan cukup vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Dengan demikian, manfaat buah alpukat untuk ibu hamil salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam alpukat membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang melawan infeksi, sehingga dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

Membantu perkembangan otak dan saraf bayi

Lemak sehat dalam alpukat sangat penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Otak dan saraf bayi berkembang pesat selama kehamilan, dan lemak sehat sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

  • DHA (asam dokosaheksaenoat): DHA adalah jenis lemak omega-3 yang sangat penting untuk perkembangan otak dan mata bayi. DHA membantu membangun sel-sel otak dan saraf, serta mendukung fungsi kognitif dan penglihatan. Alpukat merupakan sumber DHA yang baik, dan konsumsi alpukat selama kehamilan dapat membantu memastikan bahwa bayi mendapatkan cukup DHA untuk perkembangan otak dan saraf yang optimal.
  • ARA (asam arakidonat): ARA adalah jenis lemak omega-6 yang juga penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. ARA membantu membangun membran sel otak dan saraf, serta mendukung fungsi kognitif. Alpukat mengandung ARA dalam jumlah sedang, dan konsumsi alpukat selama kehamilan dapat membantu memastikan bahwa bayi mendapatkan cukup ARA untuk perkembangan otak dan saraf yang optimal.
  • Kolestrol: Kolestrol adalah jenis lemak yang penting untuk produksi hormon dan pembentukan membran sel. Meskipun kolestrol seringkali dikaitkan dengan efek negatif pada kesehatan, namun kolestrol sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Alpukat mengandung kolestrol dalam jumlah sedang, dan konsumsi alpukat selama kehamilan dapat membantu memastikan bahwa bayi mendapatkan cukup kolestrol untuk perkembangan otak yang optimal.

Kesimpulannya, lemak sehat dalam alpukat sangat penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Konsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan dapat membantu memastikan bahwa bayi mendapatkan cukup lemak sehat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak dan saraf yang optimal.

Rad Too:

Temukan Manfaat Daun Mint yang Jarang Diketahui, Wajib Anda Ketahui!

Temukan Manfaat Daun Mint yang Jarang Diketahui, Wajib Anda Ketahui!

Mengatasi mual dan muntah di pagi hari

Mual dan muntah di pagi hari, juga dikenal sebagai morning sickness, adalah keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Mual dan muntah dapat disebabkan oleh perubahan hormon dan peningkatan kadar asam lambung selama kehamilan. Kondisi ini dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan kesulitan untuk makan dan minum.

Alpukat mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu mengatasi mual dan muntah di pagi hari, antara lain:

  • Vitamin B6: Vitamin B6 dapat membantu mengurangi mual dan muntah dengan cara meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah hormon yang dapat membantu mengatur fungsi pencernaan dan mengurangi perasaan mual.
  • Magnesium: Magnesium dapat membantu merelaksasi otot-otot perut dan mengurangi kram, sehingga dapat mengurangi mual dan muntah.
  • Lemak sehat: Lemak sehat dalam alpukat dapat membantu melapisi perut dan mengurangi asam lambung, sehingga dapat mengurangi mual dan muntah.

Selain itu, alpukat juga merupakan sumber serat yang baik. Serat dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi mual dan muntah yang disebabkan oleh perut kosong.

Dengan demikian, konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu ibu hamil untuk mengatasi mual dan muntah di pagi hari. Alpukat dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus, smoothie, atau salad.

Mencegah sembelit

Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang umum dialami oleh ibu hamil. Sembelit dapat disebabkan oleh perubahan hormon dan peningkatan kadar zat besi selama kehamilan. Zat besi merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil, namun dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan sembelit.

Alpukat mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat bekerja dengan menyerap air dan membentuk feses yang lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Selain itu, serat juga dapat membantu mempercepat waktu transit makanan dalam usus, sehingga mengurangi risiko sembelit.

Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu ibu hamil untuk mencegah sembelit. Alpukat dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus, smoothie, atau salad. Selain alpukat, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan lain yang tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Rad Too:

Manfaat Kompos: Temukan Rahasianya yang Jarang Diketahui

Manfaat Kompos: Temukan Rahasianya yang Jarang Diketahui

Dengan mencegah sembelit, alpukat dapat membantu ibu hamil untuk merasa lebih nyaman dan sehat selama kehamilan.

Mengurangi kram kaki

Kram kaki adalah keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil, terutama pada trimester ketiga kehamilan. Kram kaki dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan hormon, peningkatan berat badan, dan kekurangan kalium.

  • Peran kalium dalam mengurangi kram kaki

    Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kekurangan kalium dapat menyebabkan kram otot, termasuk kram kaki. Alpukat merupakan sumber kalium yang baik, dan konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan kalium dan mencegah kram kaki.

  • Manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya

    Selain mengurangi kram kaki, alpukat juga memiliki banyak manfaat lain untuk ibu hamil. Alpukat kaya akan nutrisi penting seperti asam folat, vitamin C, dan lemak sehat. Nutrisi ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, serta kesehatan ibu hamil. Konsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mendukung perkembangan otak dan saraf bayi.

Dengan demikian, konsumsi alpukat merupakan cara yang baik untuk mengurangi kram kaki dan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan lainnya selama kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi alpukat secara teratur, baik langsung maupun diolah menjadi jus, smoothie, atau salad.

Menjaga kesehatan ibu dan bayi

Konsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan bayi. Hal ini karena alpukat kaya akan nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, serta untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

  • Mencegah cacat tabung saraf

    Alpukat mengandung asam folat, nutrisi penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Konsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan dapat membantu memastikan bahwa ibu hamil mendapatkan cukup asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayinya.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Alpukat mengandung vitamin C, nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil, sehingga dapat melindungi ibu dan bayi dari infeksi.

  • Mendukung perkembangan otak dan saraf bayi

    Alpukat mengandung lemak sehat, yang penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Konsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan dapat membantu memastikan bahwa bayi mendapatkan cukup lemak sehat untuk mendukung perkembangan otak dan saraf yang optimal.

  • Menjaga kesehatan ibu hamil

    Alpukat juga mengandung nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, seperti kalium, magnesium, dan serat. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan, magnesium membantu mencegah kram kaki, dan serat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Dengan demikian, konsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi dengan menyediakan nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, serta untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Banyak penelitian ilmiah yang mendukung manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Salah satu studi yang dilakukan oleh University of California, Davis menemukan bahwa konsumsi alpukat selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Studi ini melibatkan lebih dari 1.000 ibu hamil yang mengonsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi alpukat memiliki risiko lebih rendah memiliki bayi dengan cacat tabung saraf.

Studi lain yang dilakukan oleh Harvard University menemukan bahwa konsumsi alpukat selama kehamilan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Studi ini melibatkan lebih dari 500 ibu hamil yang mengonsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi alpukat memiliki kadar vitamin C yang lebih tinggi dalam darah mereka, yang merupakan indikator sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Selain itu, terdapat banyak studi kasus yang melaporkan manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Misalnya, sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology melaporkan bahwa konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil. Studi kasus lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics melaporkan bahwa konsumsi alpukat selama kehamilan dapat membantu meningkatkan perkembangan otak dan saraf bayi.

Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, namun bukti ilmiah yang ada sangat mendukung manfaat buah alpukat untuk kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

Transition to the article’s FAQs

Tips Mengonsumsi Alpukat untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi alpukat secara optimal selama kehamilan:

1. Konsumsi alpukat secara teratur

Konsumsilah alpukat secara teratur selama kehamilan, misalnya satu buah alpukat setiap hari atau beberapa kali seminggu. Hal ini akan membantu memastikan bahwa ibu hamil mendapatkan manfaat nutrisi alpukat secara maksimal.

2. Pilih alpukat yang matang

Pilihlah alpukat yang matang dan lembut saat disentuh. Hindari alpukat yang masih keras atau terlalu lembek, karena alpukat yang matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

3. Konsumsi alpukat dengan kulitnya

Kulit alpukat mengandung banyak serat dan nutrisi, sehingga disarankan untuk mengonsumsi alpukat dengan kulitnya. Caranya, keruk daging alpukat dan blender bersama kulitnya hingga halus.

4. Variasikan cara konsumsi alpukat

Alpukat dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti langsung dimakan, dibuat jus, smoothie, salad, atau sebagai topping pada makanan lainnya. Variasikan cara konsumsi alpukat agar tidak bosan dan mendapatkan manfaat yang maksimal.

5. Hindari konsumsi alpukat berlebihan

Meskipun alpukat sangat bermanfaat, namun konsumsi berlebihan harus dihindari. Konsumsi alpukat secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare atau kembung.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya mengenai manfaat buah alpukat untuk ibu hamil:

1. Apakah alpukat aman dikonsumsi oleh ibu hamil?-
Ya, alpukat aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi, seperti asam folat, vitamin C, dan lemak sehat.
2. Apa saja manfaat buah alpukat untuk ibu hamil?-
Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil antara lain mencegah cacat tabung saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung perkembangan otak dan saraf bayi, menjaga kesehatan ibu hamil, dan mengatasi masalah umum selama kehamilan seperti mual dan muntah, sembelit, serta kram kaki.
3. Berapa banyak alpukat yang boleh dikonsumsi ibu hamil setiap hari?-
Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari atau beberapa kali seminggu untuk mendapatkan manfaat nutrisi alpukat secara maksimal.
4. Bagaimana cara memilih alpukat yang baik untuk ibu hamil?-
Pilihlah alpukat yang matang dan lembut saat disentuh. Hindari alpukat yang masih keras atau terlalu lembek, karena alpukat yang matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.
5. Bolehkah ibu hamil mengonsumsi alpukat dengan kulitnya?-
Ya, ibu hamil boleh mengonsumsi alpukat dengan kulitnya. Kulit alpukat mengandung banyak serat dan nutrisi, sehingga disarankan untuk mengonsumsi alpukat dengan kulitnya. Caranya, keruk daging alpukat dan blender bersama kulitnya hingga halus.
6. Apakah ada efek samping dari konsumsi alpukat untuk ibu hamil?-
Konsumsi alpukat secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare atau kembung. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi alpukat dalam jumlah sedang.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Alpukat kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi, seperti asam folat, vitamin C, dan lemak sehat. Konsumsi alpukat secara teratur selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung perkembangan otak dan saraf bayi, menjaga kesehatan ibu hamil, dan mengatasi masalah umum selama kehamilan seperti mual dan muntah, sembelit, serta kram kaki.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi alpukat secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat selama kehamilan. Konsumsi alpukat dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan, serta mempersiapkan bayi untuk lahir dengan sehat.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *