Obati Psoriasis di Rumah, Ini Cara Ampuhnya!

Rina Wulan
By: Rina Wulan June Mon 2024
Obati Psoriasis di Rumah, Ini Cara Ampuhnya!

Psoriasis merupakan kondisi kulit kronis yang ditandai dengan bercak merah bersisik pada kulit. Umumnya, psoriasis tidak dapat disembuhkan, namun gejalanya dapat dikontrol dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan perawatan di rumah.

Berikut beberapa cara mengobati psoriasis di rumah yang dapat dilakukan:

  • Mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi rasa gatal.
  • Gunakan sabun yang lembut. Gunakan sabun yang lembut dan bebas pewangi untuk membersihkan kulit. Sabun yang keras dapat mengiritasi kulit dan memperburuk psoriasis.
  • Oleskan pelembap secara teratur. Pelembap dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kekeringan. Pilih pelembap yang tebal dan mengandung bahan-bahan seperti petrolatum, lanolin, atau dimethicone.
  • Hindari menggaruk kulit. Menggaruk kulit dapat memperburuk psoriasis dan menyebabkan infeksi. Jika kulit terasa gatal, cobalah untuk menepuk-nepuknya dengan lembut atau mengoleskan kompres dingin.
  • Kelola stres. Stres dapat memperburuk psoriasis. Cobalah untuk mengelola stres dengan teknik-teknik seperti yoga, meditasi, atau terapi.
  • Konsumsi makanan yang sehat. Konsumsi makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Beberapa makanan yang baik untuk penderita psoriasis antara lain buah-buahan, sayuran, dan ikan.

Jika gejala psoriasis tidak membaik dengan perawatan di rumah, segera konsultasikan ke dokter kulit. Dokter kulit dapat memberikan pengobatan yang lebih kuat untuk mengontrol gejala psoriasis.

cara mengobati psoriasis di rumah

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang tidak dapat disembuhkan, tetapi gejalanya dapat dikontrol dengan berbagai cara, termasuk perawatan di rumah. Berikut adalah 6 aspek penting dalam mengobati psoriasis di rumah:

  • Mandi air hangat: Membantu melembapkan kulit dan mengurangi gatal.
  • Sabun lembut: Hindari sabun keras yang dapat mengiritasi kulit.
  • Pelembap: Menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kekeringan.
  • Hindari menggaruk: Menggaruk dapat memperburuk psoriasis dan menyebabkan infeksi.
  • Kelola stres: Stres dapat memperburuk psoriasis.
  • Makanan sehat: Konsumsi buah, sayuran, dan ikan untuk menjaga kesehatan kulit.

Keenam aspek ini saling terkait dan penting untuk mengontrol gejala psoriasis. Misalnya, mandi air hangat dapat membantu melembapkan kulit, yang dapat mengurangi gatal dan kebutuhan untuk menggaruk. Mengelola stres juga penting, karena stres dapat memicu psoriasis. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan mengurangi peradangan.

Mandi air hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara mengobati psoriasis di rumah yang efektif. Air hangat dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi rasa gatal, sehingga dapat meredakan gejala psoriasis.

  • Melembapkan kulit

    Kulit yang lembap dapat membantu mengurangi kekeringan dan pengelupasan yang merupakan gejala umum psoriasis. Mandi air hangat dapat membantu melembapkan kulit dengan membuka pori-pori dan memungkinkan air masuk ke dalam kulit.

  • Mengurangi gatal

    Rasa gatal merupakan gejala psoriasis yang sangat mengganggu. Mandi air hangat dapat membantu mengurangi rasa gatal dengan meredakan peradangan dan melembapkan kulit. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu menenangkan saraf dan memberikan efek relaksasi.

Dengan mandi air hangat secara teratur, penderita psoriasis dapat membantu meredakan gejala mereka dan menjaga kesehatan kulit mereka secara keseluruhan.

Rad Too:

Waspada! Inilah Faktor Penting Penyebab Kanker Mulut

Waspada! Inilah Faktor Penting Penyebab Kanker Mulut

Sabun lembut

Memilih sabun yang tepat sangat penting untuk perawatan psoriasis di rumah. Sabun keras yang mengandung bahan kimia iritatif dapat memperburuk gejala psoriasis dan menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sabun lembut yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.

  • Sabun lembut tidak mengandung bahan kimia iritatif.

    Sabun lembut biasanya tidak mengandung bahan kimia keras seperti sulfat, pewangi, dan pewarna. Bahan-bahan ini dapat mengiritasi kulit dan memperburuk gejala psoriasis.

  • Sabun lembut memiliki pH seimbang.

    Sabun lembut memiliki pH seimbang yang tidak akan mengganggu keseimbangan alami kulit. Sabun dengan pH tinggi atau rendah dapat merusak lapisan pelindung kulit dan menyebabkan iritasi.

  • Sabun lembut melembapkan kulit.

    Sabun lembut seringkali mengandung bahan pelembap seperti minyak alami atau shea butter. Bahan-bahan ini dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi kekeringan.

  • Sabun lembut tidak berbusa banyak.

    Sabun lembut biasanya tidak berbusa banyak, karena busa dapat mengiritasi kulit. Sabun yang berbusa banyak mengandung deterjen yang dapat menghilangkan minyak alami kulit dan menyebabkan kekeringan.

Dengan menggunakan sabun lembut secara teratur, penderita psoriasis dapat membantu menjaga kesehatan kulit mereka dan mengurangi gejala psoriasis.

Pelembap

Penggunaan pelembap merupakan bagian penting dari cara mengobati psoriasis di rumah. Psoriasis menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, dan gatal. Pelembap dapat membantu mengatasi masalah ini dengan melembapkan kulit dan mengurangi kekeringan.

Kulit yang lembap dan terhidrasi lebih sehat dan lebih mampu melawan infeksi. Pelembap dapat membantu menjaga kelembapan kulit dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit. Lapisan ini mencegah air menguap dari kulit dan menjaga kulit tetap lembap.

Selain itu, pelembap juga dapat membantu mengurangi peradangan yang merupakan penyebab utama psoriasis. Peradangan dapat menyebabkan kulit menjadi merah, bengkak, dan gatal. Pelembap dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.

Rad Too:

Cara Jitu Atasi Radang Telinga Luar, Tanpa Ribet dan Cepat Sembuh

Cara Jitu Atasi Radang Telinga Luar, Tanpa Ribet dan Cepat Sembuh

Dengan menggunakan pelembap secara teratur, penderita psoriasis dapat membantu mengatasi gejala psoriasis dan menjaga kesehatan kulit mereka secara keseluruhan.

Hindari menggaruk

Menggaruk kulit yang terkena psoriasis merupakan hal yang sangat menggoda, namun sangat penting untuk dihindari. Menggaruk dapat memperburuk psoriasis dan menyebabkan infeksi.

  • Memperburuk psoriasis

    Menggaruk kulit yang terkena psoriasis dapat merusak lapisan terluar kulit dan menyebabkan peradangan. Hal ini dapat menyebabkan bercak psoriasis menjadi lebih merah, tebal, dan bersisik.

  • Infeksi

    Menggaruk kulit yang terkena psoriasis dapat menyebabkan luka terbuka yang rentan terhadap infeksi. Bakteri dan jamur dapat masuk ke dalam luka ini dan menyebabkan infeksi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari menggaruk kulit yang terkena psoriasis. Jika kulit sangat gatal, cobalah untuk menepuk-nepuknya dengan lembut atau mengoleskan kompres dingin.

Kelola stres

Stres merupakan salah satu pemicu utama psoriasis. Ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon stres seperti kortisol. Hormon stres ini dapat memperburuk peradangan dan memicu munculnya bercak psoriasis.

Oleh karena itu, mengelola stres sangat penting dalam cara mengobati psoriasis di rumah. Ada berbagai teknik pengelolaan stres yang dapat dilakukan, seperti yoga, meditasi, atau terapi. Dengan mengelola stres, penderita psoriasis dapat membantu mengurangi gejala psoriasis dan menjaga kesehatan kulit mereka secara keseluruhan.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology menemukan bahwa program pengelolaan stres selama 8 minggu dapat secara signifikan mengurangi keparahan psoriasis pada pasien. Program tersebut mencakup teknik relaksasi, edukasi tentang psoriasis, dan dukungan kelompok.

Dengan memahami hubungan antara stres dan psoriasis, penderita psoriasis dapat mengambil langkah-langkah untuk mengelola stres dan mengurangi gejala mereka. Mengelola stres merupakan bagian penting dari cara mengobati psoriasis di rumah dan dapat membantu penderita psoriasis menjalani kehidupan yang lebih sehat dan nyaman.

Rad Too:

Awas Bahaya Sering Minum Bubble Tea!

Awas Bahaya Sering Minum Bubble Tea!

Makanan sehat

Konsumsi makanan sehat yang kaya akan buah, sayuran, dan ikan merupakan salah satu aspek penting dalam cara mengobati psoriasis di rumah. Makanan sehat dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan mengurangi peradangan yang merupakan penyebab utama psoriasis.

Buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin dan mineral membantu menjaga kesehatan kulit, sementara antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Ikan, terutama ikan berlemak seperti salmon dan tuna, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan sehat dapat membantu mengurangi gejala psoriasis. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology menemukan bahwa pasien psoriasis yang mengikuti diet Mediterania selama 12 minggu mengalami penurunan keparahan gejala psoriasis yang signifikan.

Dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan buah, sayuran, dan ikan, penderita psoriasis dapat membantu menjaga kesehatan kulit mereka secara keseluruhan, mengurangi peradangan, dan meredakan gejala psoriasis.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Terdapat banyak bukti ilmiah yang mendukung penggunaan cara-cara mengobati psoriasis di rumah. Studi kasus berikut memberikan contoh nyata tentang bagaimana cara-cara ini dapat membantu mengurangi gejala psoriasis:

Dalam sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology, seorang pasien psoriasis mengalami perbaikan yang signifikan setelah mengikuti diet Mediterania selama 12 minggu. Diet ini kaya akan buah-buahan, sayuran, dan ikan, yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Studi kasus lain yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology melaporkan bahwa seorang pasien psoriasis mengalami pengurangan gejala yang nyata setelah menggunakan pelembap secara teratur. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kekeringan, yang merupakan gejala umum psoriasis.

Rad Too:

5 Hal Penting yang Wajib Bumil Tahu untuk Kehamilan Sehat!

5 Hal Penting yang Wajib Bumil Tahu untuk Kehamilan Sehat!

Studi-studi kasus ini memberikan bukti anekdotal tentang efektivitas cara-cara mengobati psoriasis di rumah. Namun, penting untuk dicatat bahwa setiap orang berbeda dan apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba perawatan psoriasis di rumah.

Tips Mengobati Psoriasis di Rumah

Berikut adalah beberapa tips untuk mengobati psoriasis di rumah:

1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi rasa gatal. Rendam dalam air hangat selama 10-15 menit, kemudian oleskan pelembap setelah mandi.

2. Gunakan Sabun Lembut

Hindari sabun keras yang mengandung bahan kimia iritatif. Pilih sabun lembut yang diformulasikan untuk kulit sensitif. Sabun lembut akan membantu membersihkan kulit tanpa memperburuk iritasi.

3. Oleskan Pelembap Secara Teratur

Pelembap dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kekeringan. Oleskan pelembap tebal dan mengandung bahan-bahan seperti petrolatum, lanolin, atau dimethicone. Oleskan pelembap secara teratur, terutama setelah mandi.

4. Hindari Menggaruk Kulit

Menggaruk kulit dapat memperburuk psoriasis dan menyebabkan infeksi. Jika kulit terasa gatal, cobalah untuk menepuk-nepuknya dengan lembut atau mengoleskan kompres dingin.

5. Kelola Stres

Stres dapat memperburuk psoriasis. Cobalah untuk mengelola stres dengan teknik-teknik seperti yoga, meditasi, atau terapi. Mengelola stres dapat membantu mengurangi gejala psoriasis.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan ikan. Makanan sehat dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan mengurangi peradangan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membantu mengobati psoriasis di rumah dan meredakan gejala yang mengganggu.

Catatan: Jika gejala psoriasis tidak membaik dengan perawatan di rumah, segera konsultasikan ke dokter kulit. Dokter kulit dapat memberikan pengobatan yang lebih kuat untuk mengontrol gejala psoriasis.

Pertanyaan Umum tentang Cara Mengobati Psoriasis di Rumah

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang cara mengobati psoriasis di rumah:

1. Apa saja cara mengobati psoriasis di rumah?-
Cara mengobati psoriasis di rumah meliputi mandi air hangat, menggunakan sabun lembut, mengoleskan pelembap secara teratur, menghindari menggaruk kulit, mengelola stres, dan mengonsumsi makanan sehat.
2. Apakah psoriasis dapat disembuhkan?-
Psoriasis adalah kondisi kronis yang tidak dapat disembuhkan, namun gejalanya dapat dikontrol dengan perawatan yang tepat.
3. Apa saja makanan yang baik untuk penderita psoriasis?-
Makanan yang baik untuk penderita psoriasis adalah buah-buahan, sayuran, dan ikan, karena makanan ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.
4. Apakah stres dapat memperburuk psoriasis?-
Ya, stres dapat memperburuk gejala psoriasis, karena stres dapat memicu peradangan.
5. Bagaimana cara mengelola stres untuk mengurangi psoriasis?-
Beberapa cara mengelola stres untuk mengurangi psoriasis adalah dengan melakukan yoga, meditasi, atau terapi.
6. Kapan harus menemui dokter kulit?-
Jika gejala psoriasis tidak membaik dengan perawatan di rumah, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang lebih kuat.

Kesimpulan

Cara mengobati psoriasis di rumah merupakan bagian penting dari manajemen kondisi ini. Dengan mengikuti tips yang telah dijelaskan, penderita psoriasis dapat meredakan gejala, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Pengobatan psoriasis di rumah harus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan untuk hasil yang optimal. Selain perawatan di rumah, konsultasi dengan dokter kulit sangat penting untuk memantau kondisi dan mendapatkan pengobatan yang tepat jika diperlukan. Dengan kombinasi perawatan medis dan perawatan di rumah, penderita psoriasis dapat mengelola kondisi mereka secara efektif dan menjalani kehidupan yang sehat dan nyaman.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *