Tawon.co.id

Atasi Bunions Tanpa Operasi: Solusi Nyaman untuk Kaki Sehat

By: Karina Marisa June Sat 2024

Atasi Bunions Tanpa Operasi: Solusi Nyaman untuk Kaki Sehat

Bunions adalah benjolan tulang yang terbentuk di pangkal jempol kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan bengkak. Bunions dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada wanita. Ada beberapa cara untuk mengatasi bunions tanpa operasi, termasuk:

Penggunaan bantalan atau penyangga lengkung kaki dapat membantu mengurangi tekanan pada bunion dan meredakan rasa sakit. Sepatu dengan hak rendah dan ujung kaki yang lebar juga dapat membantu mencegah bunions memburuk.

Terapi fisik dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar jempol kaki dan memperbaiki keselarasan kaki. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah bunions memburuk.

Cara Mengatasi Bunions Tanpa Operasi

Bunions adalah benjolan tulang yang terbentuk di pangkal jempol kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan bengkak. Ada beberapa cara untuk mengatasi bunions tanpa operasi, berikut adalah 9 aspek penting yang perlu dipertimbangkan:

  • Alat Bantu Penyangga
  • Sepatu yang Tepat
  • Terapi Fisik
  • Obat Antiinflamasi
  • Suntikan Kortikosteroid
  • Terapi Laser
  • Modifikasi Aktivitas
  • Penurunan Berat Badan
  • Pembedahan

Dengan memahami aspek-aspek penting ini, Anda dapat bekerja sama dengan dokter untuk menentukan pilihan pengobatan terbaik untuk mengatasi bunions tanpa operasi. Dalam beberapa kasus, kombinasi dari beberapa perawatan mungkin diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal.

Alat Bantu Penyangga

Alat bantu penyangga, seperti bantalan dan penyangga lengkung kaki, memainkan peran penting dalam cara mengatasi bunions tanpa operasi. Alat bantu ini bekerja dengan mengurangi tekanan pada bunion dan memperbaiki keselarasan kaki. Bantalan dapat ditempatkan di dalam sepatu untuk memberikan bantalan dan melindungi bunion dari gesekan. Penyangga lengkung kaki dapat membantu menopang lengkungan kaki dan mencegah kaki menggelincir ke dalam, yang dapat memperburuk bunion.

Baca Juga:

Benarkah Nasi Dingin Sahabat Diabetes? Cari Tahu di Sini!

Benarkah Nasi Dingin Sahabat Diabetes? Cari Tahu di Sini!

Penggunaan alat bantu penyangga dapat membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan bunion. Alat bantu ini juga dapat membantu mencegah bunion memburuk dan menyebabkan masalah kaki lainnya, seperti nyeri lutut dan nyeri punggung.

Jika Anda memiliki bunion, dokter Anda mungkin merekomendasikan penggunaan alat bantu penyangga sebagai bagian dari rencana perawatan Anda. Alat bantu ini dapat digunakan bersama dengan perawatan lain, seperti obat antiinflamasi dan terapi fisik, untuk membantu mengatasi bunion tanpa operasi.

Sepatu yang Tepat

Memilih sepatu yang tepat sangat penting untuk cara mengatasi bunions tanpa operasi. Sepatu yang sempit atau bertumit tinggi dapat memperburuk bunion dan menyebabkan rasa sakit serta ketidaknyamanan. Sebaliknya, sepatu yang lebar dan bertumit rendah dapat membantu mengurangi tekanan pada bunion dan mencegahnya memburuk.

  • Hak Rendah

    Sepatu bertumit tinggi dapat memberikan tekanan pada bagian depan kaki, memperburuk bunion. Pilih sepatu dengan hak rendah atau tanpa hak untuk mengurangi tekanan pada bunion.

  • Ujung Lebar

    Sepatu yang sempit dapat menekan bunion dan menyebabkan rasa sakit. Pilih sepatu dengan ujung lebar untuk memberikan ruang yang cukup bagi kaki Anda.

  • Dukungan Lengkung

    Dukungan lengkung yang baik dapat membantu menopang kaki dan mencegahnya menggelincir ke dalam, yang dapat memperburuk bunion. Cari sepatu dengan lengkungan yang menopang.

  • Bahan Lembut

    Bahan sepatu yang lembut dapat membantu mengurangi gesekan dan iritasi pada bunion. Hindari sepatu yang terbuat dari bahan keras atau kasar.

    Baca Juga:

    Amankah Menjadi Vegetarian Saat Hamil? Panduan Lengkap untuk Ibu yang Mengharapkan

    Amankah Menjadi Vegetarian Saat Hamil? Panduan Lengkap untuk Ibu yang Mengharapkan

Dengan memilih sepatu yang tepat, Anda dapat membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan bunion. Sepatu yang tepat juga dapat membantu mencegah bunion memburuk dan menyebabkan masalah kaki lainnya.

Terapi Fisik

Terapi fisik adalah bagian penting dari cara mengatasi bunions tanpa operasi. Terapi fisik dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar jempol kaki dan memperbaiki keselarasan kaki, sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan mencegah bunions memburuk.

  • Penguatan Otot

    Latihan penguatan otot dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar jempol kaki, sehingga dapat menopang kaki dengan lebih baik dan mengurangi tekanan pada bunion.

  • Peregangan

    Peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas otot-otot di sekitar jempol kaki, sehingga dapat mengurangi tekanan pada bunion dan memperbaiki keselarasan kaki.

  • Terapi Manual

    Terapi manual, seperti pijat dan mobilisasi sendi, dapat membantu memperbaiki keselarasan kaki dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan bunion.

  • Latihan Keseimbangan

    Latihan keseimbangan dapat membantu meningkatkan stabilitas kaki dan mencegah kaki menggelincir ke dalam, yang dapat memperburuk bunion.

Terapi fisik dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu pasien. Dokter Anda akan bekerja sama dengan Anda untuk mengembangkan rencana perawatan yang mencakup latihan dan teknik yang paling sesuai untuk Anda.

Obat Antiinflamasi

Obat antiinflamasi adalah golongan obat yang berfungsi untuk mengurangi peradangan. Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, pada kondisi tertentu, peradangan dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan.

Baca Juga:

Waspada, Ini Risiko Madu untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Waspada, Ini Risiko Madu untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Pada kasus bunion, peradangan dapat terjadi akibat gesekan dan tekanan pada sendi jempol kaki. Peradangan ini dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan pada area bunion. Obat antiinflamasi dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala-gejala tersebut.

Obat antiinflamasi yang umum digunakan untuk mengatasi bunion antara lain ibuprofen, naproxen, dan celecoxib. Obat-obatan ini dapat dibeli secara bebas di apotek atau diresepkan oleh dokter. Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan obat dengan benar dan berkonsultasi dengan dokter jika mengalami efek samping.

Penggunaan obat antiinflamasi dapat menjadi bagian penting dalam cara mengatasi bunion tanpa operasi. Obat-obatan ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan, sehingga pasien dapat beraktivitas dengan lebih nyaman. Namun, penting untuk diingat bahwa obat antiinflamasi hanya mengatasi gejala bunion, bukan menyembuhkan kondisi tersebut secara permanen.

Suntikan Kortikosteroid

Suntikan kortikosteroid adalah prosedur medis yang melibatkan penyuntikan obat kortikosteroid langsung ke dalam sendi yang terkena bunion. Kortikosteroid adalah obat antiinflamasi yang kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.

  • Efektivitas Jangka Pendek

    Suntikan kortikosteroid dapat memberikan efektivitas jangka pendek dalam mengatasi bunion. Obat ini dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit dengan cepat, sehingga pasien dapat beraktivitas dengan lebih nyaman.

  • Efek Sementara

    Meskipun suntikan kortikosteroid dapat memberikan efektivitas jangka pendek, efeknya bersifat sementara. Peradangan dan rasa sakit dapat kembali setelah beberapa minggu atau bulan.

    Baca Juga:

    Tips Jitu Hubungan Intim, Ranjang Makin Mesra!

    Tips Jitu Hubungan Intim, Ranjang Makin Mesra!
  • Efek Samping

    Suntikan kortikosteroid dapat menimbulkan efek samping, seperti nyeri pada tempat suntikan, infeksi, dan penipisan jaringan lemak di sekitar sendi.

  • Bukan Solusi Permanen

    Suntikan kortikosteroid bukanlah solusi permanen untuk bunion. Obat ini hanya mengatasi gejala bunion, bukan menyembuhkan kondisi tersebut secara permanen.

Suntikan kortikosteroid dapat menjadi pilihan pengobatan yang tepat untuk pasien bunion yang mengalami rasa sakit dan peradangan yang parah. Namun, penting untuk memahami keterbatasan pengobatan ini dan mendiskusikan pilihan pengobatan lain dengan dokter.

Terapi Laser

Terapi laser adalah prosedur medis yang menggunakan sinar laser untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk bunion. Terapi ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan rasa sakit, serta merangsang pertumbuhan sel dan jaringan.

  • Pengurangan Peradangan

    Terapi laser dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi jempol kaki yang terkena bunion. Peradangan ini merupakan salah satu penyebab utama rasa sakit dan ketidaknyamanan pada bunion.

  • Pereda Nyeri

    Terapi laser juga dapat membantu meredakan nyeri pada bunion. Sinar laser dapat menembus ke dalam jaringan dan merangsang pelepasan endorfin, yang merupakan penghilang rasa sakit alami tubuh.

  • Stimulasi Pertumbuhan Sel dan Jaringan

    Terapi laser dapat merangsang pertumbuhan sel dan jaringan di sekitar sendi jempol kaki. Hal ini dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan akibat bunion dan memperkuat sendi.

  • Efek Samping Minimal

    Terapi laser umumnya dianggap aman dan memiliki efek samping minimal. Namun, beberapa pasien mungkin mengalami kemerahan atau iritasi ringan pada kulit setelah perawatan.

    Baca Juga:

    Yuk, Ketahui 8 Makanan Sumber Magnesium untuk Jaga Kesehatan!

    Yuk, Ketahui 8 Makanan Sumber Magnesium untuk Jaga Kesehatan!

Terapi laser dapat menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk bunion. Terapi ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, peradangan, dan memperbaiki kerusakan jaringan. Namun, penting untuk dicatat bahwa terapi laser bukanlah solusi permanen untuk bunion dan mungkin perlu dikombinasikan dengan perawatan lain.

Modifikasi Aktivitas

Modifikasi aktivitas merupakan salah satu aspek penting dalam cara mengatasi bunions tanpa operasi. Dengan menyesuaikan aktivitas sehari-hari, Anda dapat mengurangi tekanan pada sendi jempol kaki yang terkena bunion, sehingga dapat meredakan nyeri dan mencegah bunion memburuk.

  • Hindari Aktivitas yang Memperburuk Nyeri

    Aktivitas tertentu, seperti berlari atau memakai sepatu hak tinggi, dapat memperburuk nyeri dan peradangan pada bunion. Hindari atau batasi aktivitas tersebut untuk mengurangi tekanan pada sendi jempol kaki.

  • Pilih Sepatu yang Nyaman

    Sepatu yang sempit atau bertumit tinggi dapat memperburuk bunion. Pilih sepatu yang lebar, bertumit rendah, dan memiliki penyangga lengkung yang baik untuk mengurangi tekanan pada bunion.

  • Gunakan Bantalan dan Penyangga

    Bantalan dan penyangga dapat membantu mengurangi tekanan pada bunion dan memperbaiki keselarasan kaki. Gunakan bantalan di dalam sepatu untuk melindungi bunion dari gesekan, dan gunakan penyangga lengkung untuk menopang lengkungan kaki.

  • Istirahatkan Kaki

    Istirahatkan kaki secara teratur untuk mengurangi tekanan pada bunion. Angkat kaki saat duduk atau berbaring, dan hindari berdiri atau berjalan dalam waktu lama.

Dengan memodifikasi aktivitas sehari-hari dan mengikuti tips di atas, Anda dapat membantu meredakan nyeri dan mencegah bunion memburuk. Modifikasi aktivitas merupakan bagian penting dari cara mengatasi bunions tanpa operasi, sehingga penting untuk menerapkan perubahan ini secara konsisten.

Baca Juga:

Cara Ampuh Atasi Infeksi Jamur Vagina Saat Hamil Tanpa Gangguan

Cara Ampuh Atasi Infeksi Jamur Vagina Saat Hamil Tanpa Gangguan

Penurunan Berat Badan

Berat badan yang berlebihan dapat memberikan tekanan ekstra pada kaki, termasuk sendi jempol kaki. Tekanan ini dapat memperburuk bunion dan menyebabkan rasa sakit yang lebih hebat. Oleh karena itu, penurunan berat badan dapat menjadi aspek penting dalam cara mengatasi bunions tanpa operasi.

Setiap kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan pada sendi jempol kaki. Semakin banyak kelebihan berat badan, semakin besar tekanannya. Tekanan ini dapat menyebabkan bunion memburuk dan menyebabkan rasa sakit yang lebih hebat.

Menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi jempol kaki dan meredakan nyeri bunion. Bahkan penurunan berat badan yang sedikit pun dapat membuat perbedaan besar. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan sebesar 5% dapat mengurangi tekanan pada sendi jempol kaki hingga 25%. Penurunan berat badan yang lebih signifikan dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan dapat menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengatasi bunions tanpa operasi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang cara sehat untuk menurunkan berat badan dan mengurangi tekanan pada sendi jempol kaki Anda.

Pembedahan

Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengatasi bunion yang parah atau tidak membaik dengan perawatan nonsurgical. Pembedahan bunion bertujuan untuk memperbaiki keselarasan sendi jempol kaki dan mengurangi tekanan pada bunion.

Baca Juga:

bunda begini cara mengatasi keputihan pada bayi dengan tepat

bunda begini cara mengatasi keputihan pada bayi dengan tepat

Ada berbagai jenis operasi bunion, tergantung pada tingkat keparahan dan jenis bunion. Beberapa jenis operasi bunion yang umum dilakukan meliputi:

  • Osteotomi: Operasi ini melibatkan pemotongan dan mengatur ulang tulang metatarsal pertama (tulang yang membentuk pangkal jempol kaki) untuk memperbaiki keselarasan sendi jempol kaki.
  • Arthrodesis: Operasi ini melibatkan penggabungan sendi jempol kaki untuk menghilangkan gerakan dan mengurangi rasa sakit.
  • Eksostektomi: Operasi ini melibatkan pengangkatan pertumbuhan tulang (eksostosis) yang membentuk bunion.

Pembedahan bunion umumnya efektif dalam memperbaiki keselarasan sendi jempol kaki dan mengurangi rasa sakit. Namun, seperti semua prosedur pembedahan, ada risiko dan komplikasi yang terkait dengan operasi bunion. Penting untuk mendiskusikan risiko dan manfaat operasi dengan dokter sebelum mengambil keputusan.

Meskipun pembedahan dapat menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk bunion, namun tetap menjadi pilihan terakhir setelah perawatan nonsurgical lainnya gagal memberikan hasil yang memuaskan. Dalam kebanyakan kasus, bunion dapat diatasi secara efektif tanpa operasi dengan menerapkan kombinasi perawatan nonsurgical yang dijelaskan sebelumnya.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Studi ilmiah dan studi kasus telah menunjukkan bahwa beberapa perawatan nonsurgical dapat efektif dalam mengatasi bunion tanpa operasi. Salah satu studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Podiatric Medical Association menemukan bahwa kombinasi bantalan, penyangga lengkung kaki, sepatu yang tepat, dan modifikasi aktivitas dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit dan memperbaiki keselarasan sendi jempol kaki pada pasien bunion.

Studi lain yang diterbitkan dalam Foot and Ankle International menemukan bahwa terapi fisik efektif dalam memperkuat otot-otot di sekitar jempol kaki dan meningkatkan fleksibilitas, yang dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi jempol kaki dan meredakan nyeri bunion. Terapi fisik juga ditemukan dapat membantu mencegah bunion memburuk.

Meskipun terdapat bukti yang mendukung efektivitas perawatan nonsurgical untuk bunion, penting untuk dicatat bahwa tidak semua perawatan akan efektif untuk semua pasien. Beberapa pasien mungkin memerlukan kombinasi perawatan, atau bahkan pembedahan, untuk mengatasi bunion mereka secara efektif.

Jika Anda mengalami nyeri atau ketidaknyamanan akibat bunion, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan kaki lainnya untuk membahas pilihan pengobatan yang paling sesuai untuk Anda.

Tips Mengatasi Bunions Tanpa Operasi

Selain perawatan medis, terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bunions tanpa operasi. Tips-tips ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada sendi jempol kaki dan meredakan nyeri yang terkait dengan bunions.

1. Gunakan Alas Kaki yang Tepat

Sepatu yang sempit dan bertumit tinggi dapat memperburuk bunions. Pilihlah sepatu yang lebar, bertumit rendah, dan memiliki penyangga lengkung yang baik. Sepatu yang tepat dapat membantu mengurangi tekanan pada bunions dan mencegahnya memburuk.

2. Gunakan Bantalan dan Penyangga

Bantalan dan penyangga dapat membantu mengurangi tekanan pada bunions dan memperbaiki keselarasan kaki. Gunakan bantalan di dalam sepatu untuk melindungi bunions dari gesekan. Gunakan juga penyangga lengkung untuk menopang lengkungan kaki dan mencegah kaki menggelincir ke dalam, yang dapat memperburuk bunions.

3. Lakukan Modifikasi Aktivitas

Aktivitas tertentu, seperti berlari atau memakai sepatu hak tinggi, dapat memperburuk bunions. Hindari atau batasi aktivitas tersebut untuk mengurangi tekanan pada sendi jempol kaki. Istirahatkan kaki secara teratur untuk mengurangi tekanan pada bunions. Angkat kaki saat duduk atau berbaring, dan hindari berdiri atau berjalan dalam waktu lama.

4. Turunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebihan dapat memberikan tekanan ekstra pada kaki, termasuk sendi jempol kaki. Tekanan ini dapat memperburuk bunions dan menyebabkan rasa sakit yang lebih hebat. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi bunions tanpa operasi.

5. Lakukan Peregangan dan Latihan Penguatan

Peregangan dan latihan penguatan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot-otot di sekitar sendi jempol kaki. Ini dapat membantu mengurangi tekanan pada bunions dan meredakan nyeri. Beberapa latihan yang dapat Anda lakukan meliputi:- Peregangan otot betis: Berdirilah menghadap dinding, letakkan satu kaki di belakang kaki lainnya, dan condongkan tubuh ke depan hingga Anda merasakan peregangan pada otot betis.- Latihan penguatan otot betis: Berdirilah dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, angkat tumit, lalu turunkan kembali secara perlahan.- Latihan penguatan otot kaki bagian depan: Duduklah di kursi, letakkan bola kecil di bawah telapak kaki, dan dorong bola ke depan menggunakan jari-jari kaki Anda.

Dengan menerapkan tips-tips ini secara konsisten, Anda dapat membantu mengatasi bunions tanpa operasi dan meningkatkan kesehatan kaki Anda secara keseluruhan.

Disclaimer: Informasi yang disajikan dalam artikel ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat medis profesional. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan kaki untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk kondisi Anda.

FAQs

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang cara mengatasi bunions tanpa operasi:

1. Apa saja perawatan nonsurgical untuk bunions?+
Perawatan nonsurgical untuk bunions meliputi penggunaan bantalan dan penyangga, sepatu yang tepat, modifikasi aktivitas, penurunan berat badan, terapi fisik, dan terapi laser. Perawatan ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada sendi jempol kaki dan meredakan nyeri.
2. Apakah semua perawatan nonsurgical efektif untuk semua pasien bunion?+
Tidak semua perawatan nonsurgical efektif untuk semua pasien bunion. Beberapa pasien mungkin memerlukan kombinasi perawatan, atau bahkan pembedahan, untuk mengatasi bunions mereka secara efektif. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pilihan pengobatan terbaik untuk Anda.
3. Apa saja manfaat modifikasi aktivitas untuk bunions?+
Modifikasi aktivitas dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi jempol kaki dan meredakan nyeri bunion. Modifikasi aktivitas meliputi menghindari aktivitas yang memperburuk nyeri, memilih sepatu yang nyaman, menggunakan bantalan dan penyangga, serta mengistirahatkan kaki secara teratur.
4. Apakah penurunan berat badan dapat membantu mengatasi bunions?+
Ya, penurunan berat badan dapat membantu mengatasi bunions karena dapat mengurangi tekanan pada kaki, termasuk sendi jempol kaki. Penurunan berat badan bahkan yang sedikit dapat membuat perbedaan besar dalam mengurangi rasa sakit dan mencegah bunions memburuk.
5. Apa saja latihan yang dapat membantu mengatasi bunions?+
Latihan yang dapat membantu mengatasi bunions meliputi peregangan otot betis, latihan penguatan otot betis, dan latihan penguatan otot kaki bagian depan.
6. Kapan disarankan untuk melakukan pembedahan bunion?+
Pembedahan bunion disarankan dalam kasus bunion yang parah atau tidak membaik dengan perawatan nonsurgical. Pembedahan bertujuan untuk memperbaiki keselarasan sendi jempol kaki dan mengurangi tekanan pada bunion.

Kesimpulan

Penanganan bunion tanpa operasi merupakan upaya yang komprehensif, melibatkan kombinasi perawatan nonsurgical dan perubahan gaya hidup. Perawatan nonsurgical seperti penggunaan bantalan, penyangga, sepatu yang tepat, modifikasi aktivitas, penurunan berat badan, dan terapi fisik dapat secara efektif mengurangi rasa sakit dan memperbaiki keselarasan sendi jempol kaki.

Meskipun pembedahan mungkin diperlukan dalam kasus yang parah, perawatan nonsurgical seringkali menjadi pilihan pertama yang efektif untuk mengatasi bunion. Dengan menerapkan tips dan rekomendasi yang telah diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat meningkatkan kesehatan kaki Anda secara keseluruhan dan menjalani kehidupan yang bebas dari rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat bunion.

Youtube Video: