Cara Contouring dan Highlighting Wajah yang Wajib Kamu Tahu

Cara Contouring dan Highlighting Wajah yang Wajib Kamu Tahu

Contouring dan highlighting adalah teknik makeup yang digunakan untuk membentuk dan menonjolkan fitur wajah. Contouring melibatkan penggunaan warna gelap untuk membuat bayangan, sementara highlighting menggunakan warna terang untuk menonjolkan area tertentu.

Teknik ini dapat digunakan untuk menciptakan ilusi tulang pipi yang lebih tinggi, hidung yang lebih mancung, dan wajah yang lebih tirus. Contouring dan highlighting juga dapat digunakan untuk mengoreksi ketidaksempurnaan wajah, seperti bekas jerawat atau hidung yang bengkok.

Contouring dan highlighting telah menjadi bagian penting dari rutinitas makeup banyak orang. Teknik ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan membuat pemakainya merasa lebih cantik.

Cara contouring dan highlighting

Contouring dan highlighting adalah teknik makeup yang penting untuk membentuk dan menonjolkan fitur wajah. Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam teknik ini, yaitu:

  • Pemilihan warna
  • Penempatan
  • Blending
  • Alat
  • Jenis wajah
  • Hasil akhir

Pemilihan warna sangat penting untuk menciptakan hasil yang natural. Warna contour harus lebih gelap dari warna kulit, sedangkan warna highlight harus lebih terang. Penempatan contour dan highlight juga penting untuk membentuk fitur wajah yang diinginkan. Teknik blending yang baik akan menghasilkan tampilan yang halus dan menyatu. Alat yang digunakan untuk contouring dan highlighting juga beragam, mulai dari brush hingga sponge. Jenis wajah juga perlu diperhatikan untuk menentukan teknik contouring dan highlighting yang tepat. Hasil akhir yang diinginkan, apakah natural atau dramatis, juga akan mempengaruhi teknik yang digunakan.

Pemilihan warna

Pemilihan warna sangat penting dalam teknik contouring dan highlighting. Warna yang dipilih akan menentukan hasil akhir dari riasan wajah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan warna, yaitu:

  • Warna kulit

    Pemilihan warna contour dan highlight harus disesuaikan dengan warna kulit. Untuk kulit terang, gunakan warna contour yang lebih terang dan warna highlight yang lebih berkilau. Untuk kulit gelap, gunakan warna contour yang lebih gelap dan warna highlight yang lebih matte.

    Rad Too:

    Rekomendasi Skincare Eksklusif untuk Remaja Indonesia

    Rekomendasi Skincare Eksklusif untuk Remaja Indonesia
  • Hasil akhir yang diinginkan

    Jika menginginkan hasil akhir yang natural, gunakan warna contour dan highlight yang tidak terlalu kontras dengan warna kulit. Jika menginginkan hasil akhir yang lebih dramatis, gunakan warna contour dan highlight yang lebih kontras.

Pemilihan warna yang tepat akan membuat teknik contouring dan highlighting lebih efektif dan menghasilkan tampilan wajah yang lebih proporsional dan menarik.

Penempatan

Penempatan merupakan salah satu aspek penting dalam teknik contouring dan highlighting. Penempatan yang tepat akan menghasilkan riasan wajah yang natural dan sesuai dengan bentuk wajah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan penempatan contour dan highlight, yaitu:

  • Struktur tulang wajah

    Struktur tulang wajah akan menentukan area yang akan di-contour dan di-highlight. Misalnya, untuk wajah berbentuk oval, contour ditempatkan di bawah tulang pipi dan di sepanjang rahang, sedangkan highlight ditempatkan di tulang pipi, dahi, dan dagu.

  • Hasil akhir yang diinginkan

    Jika menginginkan hasil akhir yang natural, contour dan highlight ditempatkan dengan tipis dan dibaurkan dengan baik. Jika menginginkan hasil akhir yang lebih dramatis, contour dan highlight dapat ditempatkan lebih tebal dan dibaurkan lebih sedikit.

Penempatan yang tepat akan membuat teknik contouring dan highlighting lebih efektif dan menghasilkan tampilan wajah yang lebih proporsional dan menarik.

Blending

Blending merupakan salah satu aspek penting dalam teknik contouring dan highlighting. Blending berfungsi untuk menyamarkan garis-garis tegas antara warna contour dan highlight, sehingga menghasilkan tampilan yang halus dan alami. Proses blending dapat dilakukan dengan menggunakan brush atau sponge khusus. Ada dua teknik blending yang umum digunakan, yaitu:

  • BuffingTeknik buffing dilakukan dengan gerakan memutar kecil menggunakan brush atau sponge. Teknik ini cocok untuk membaurkan warna-warna yang kontras, seperti contour dan highlight.
  • StipplingTeknik stippling dilakukan dengan gerakan menepuk-nepuk menggunakan sponge. Teknik ini cocok untuk membaurkan warna-warna yang lebih lembut, seperti highlight.

Blending yang baik akan menghasilkan riasan contouring dan highlighting yang tampak. Selain itu, blending juga dapat membantu mencegah riasan terlihat cakey atau belang-belang.

Rad Too:

Rahasia Makeup Spesial, Tampil Sempurna untuk Acara Penting!

Rahasia Makeup Spesial, Tampil Sempurna untuk Acara Penting!

Alat

Alat yang tepat sangat penting untuk keberhasilan teknik contouring dan highlighting. Ada berbagai jenis alat yang dapat digunakan, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pemilihan alat akan tergantung pada preferensi pribadi dan jenis riasan yang diinginkan.

Beberapa alat yang umum digunakan untuk contouring dan highlighting meliputi:

  • BrushBrush tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik. Brush yang lebih besar dan padat cocok untuk mengaplikasikan contour, sedangkan brush yang lebih kecil dan berbulu lembut cocok untuk mengaplikasikan highlight.
  • SpongeSponge juga merupakan pilihan yang baik untuk mengaplikasikan contour dan highlight. Sponge dapat membantu membaurkan produk dengan baik dan menghasilkan tampilan yang lebih natural. Selain itu, sponge juga dapat digunakan untuk mengaplikasikan produk secara basah atau kering.
  • Beauty blenderBeauty blender adalah jenis sponge khusus yang dirancang untuk mengaplikasikan makeup dengan hasil yang halus dan merata. Beauty blender dapat digunakan untuk mengaplikasikan contour dan highlight, serta membaurkan kedua produk tersebut.

Pemilihan alat yang tepat akan membantu menghasilkan riasan contouring dan highlighting yang tampak profesional dan tahan lama.

Jenis wajah

Jenis wajah merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam teknik contouring dan highlighting. Hal ini dikarenakan setiap jenis wajah memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan teknik contouring dan highlighting yang disesuaikan.

Secara umum, ada beberapa jenis wajah yang umum ditemukan, yaitu:

  • Wajah oval
  • Wajah bulat
  • Wajah persegi
  • Wajah hati
  • Wajah diamond

Setiap jenis wajah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, wajah oval dianggap sebagai bentuk wajah yang ideal karena proporsional dan simetris. Sedangkan wajah bulat memiliki karakteristik tulang pipi yang lebar dan dagu yang tumpul, sehingga membutuhkan teknik contouring dan highlighting untuk membuat wajah terlihat lebih tirus.

Dengan memahami jenis wajah, kita dapat menentukan teknik contouring dan highlighting yang tepat. Hal ini akan membantu kita menciptakan riasan wajah yang sesuai dengan bentuk wajah dan membuat fitur wajah terlihat lebih menarik.

Hasil akhir

Hasil akhir merupakan aspek penting dalam teknik contouring dan highlighting. Hasil akhir yang diinginkan akan menentukan teknik dan produk yang digunakan. Ada dua jenis hasil akhir yang umum digunakan dalam contouring dan highlighting, yaitu:

  • Hasil akhir naturalHasil akhir natural bertujuan untuk menciptakan tampilan wajah yang lebih proporsional dan segar. Teknik contouring dan highlighting yang digunakan biasanya lebih tipis dan dibaurkan dengan baik. Hasil akhir ini cocok untuk penggunaan sehari-hari atau untuk acara-acara yang tidak terlalu formal.
  • Hasil akhir dramatisHasil akhir dramatis bertujuan untuk menciptakan tampilan wajah yang lebih tegas dan mencolok. Teknik contouring dan highlighting yang digunakan biasanya lebih tebal dan dibaurkan lebih sedikit. Hasil akhir ini cocok untuk acara-acara khusus atau untuk panggung.

Pemilihan hasil akhir akan tergantung pada preferensi pribadi dan acara yang akan dihadiri. Dengan memahami hasil akhir yang diinginkan, kita dapat menentukan teknik contouring dan highlighting yang tepat dan menciptakan riasan wajah yang sesuai dengan kebutuhan.

Rad Too:

Rahasia Menjaga Kesehatan Mental untuk Kecantikan Paripurna

Rahasia Menjaga Kesehatan Mental untuk Kecantikan Paripurna

Tips Contouring dan Highlighting

Untuk mendapatkan hasil contouring dan highlighting yang maksimal, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Persiapkan Kulit

Sebelum mengaplikasikan contour dan highlight, pastikan untuk membersihkan dan melembapkan wajah terlebih dahulu. Hal ini akan membantu produk makeup menempel dengan baik dan menghasilkan tampilan yang lebih halus.

2. Gunakan Produk yang Tepat

Pilih produk contour dan highlight yang sesuai dengan warna kulit dan jenis kulit. Untuk kulit berminyak, gunakan produk berbasis powder. Sedangkan untuk kulit kering, gunakan produk berbasis krim atau liquid.

3. Aplikasikan dengan Tepat

Aplikasikan contour pada area yang ingin dibuat lebih gelap, seperti di bawah tulang pipi dan sepanjang rahang. Aplikasikan highlight pada area yang ingin ditonjolkan, seperti tulang pipi, dahi, dan dagu.

4. Blend dengan Baik

Setelah mengaplikasikan contour dan highlight, pastikan untuk membaurkannya dengan baik menggunakan brush atau sponge. Hal ini akan menciptakan tampilan yang lebih natural dan halus.

5. Sesuaikan dengan Jenis Wajah

Teknik contouring dan highlighting harus disesuaikan dengan jenis wajah. Misalnya, untuk wajah bulat, aplikasikan contour di bagian samping wajah untuk membuat wajah terlihat lebih tirus. Sedangkan untuk wajah oval, aplikasikan contour di bawah tulang pipi dan di sepanjang rahang untuk mempertegas bentuk wajah.

6. Gunakan Setting Spray

Setelah selesai mengaplikasikan contour dan highlight, gunakan setting spray untuk mengunci makeup dan membuatnya lebih tahan lama.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menghasilkan riasan contouring dan highlighting yang natural dan menawan.

Pertanyaan Umum tentang Contouring dan Highlighting

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang contouring dan highlighting:

1. Apa itu contouring dan highlighting?-
Contouring adalah teknik makeup yang digunakan untuk membuat ilusi bayangan pada wajah, sehingga dapat membuat wajah terlihat lebih tirus dan tegas. Sedangkan highlighting adalah teknik makeup yang digunakan untuk membuat ilusi cahaya pada wajah, sehingga dapat membuat wajah terlihat lebih berisi dan bercahaya.
2. Apa saja manfaat contouring dan highlighting?-
Manfaat contouring dan highlighting antara lain dapat membuat wajah terlihat lebih proporsional, tegas, dan berdimensi. Selain itu, teknik ini juga dapat digunakan untuk menyamarkan kekurangan pada wajah, seperti bekas jerawat atau hidung yang besar.
3. Bagaimana cara memilih warna contour dan highlight yang tepat?-
Warna contour harus lebih gelap dari warna kulit, sedangkan warna highlight harus lebih terang dari warna kulit. Untuk kulit terang, pilih warna contour yang tidak terlalu gelap dan warna highlight yang tidak terlalu terang. Sedangkan untuk kulit gelap, pilih warna contour yang lebih gelap dan warna highlight yang lebih terang.
4. Apa saja alat yang dibutuhkan untuk contouring dan highlighting?-
Alat yang dibutuhkan untuk contouring dan highlighting antara lain brush, sponge, dan beauty blender. Brush digunakan untuk mengaplikasikan produk contour dan highlight, sponge digunakan untuk membaurkan produk, dan beauty blender digunakan untuk mengaplikasikan produk secara basah atau kering.
5. Bagaimana cara mengaplikasikan contour dan highlight dengan benar?-
Untuk mengaplikasikan contour, aplikasikan produk pada area wajah yang ingin dibuat lebih gelap, seperti di bawah tulang pipi dan sepanjang rahang. Untuk mengaplikasikan highlight, aplikasikan produk pada area wajah yang ingin ditonjolkan, seperti tulang pipi, dahi, dan dagu. Setelah diaplikasikan, pastikan untuk membaurkan produk dengan baik menggunakan brush atau sponge.
6. Apakah contouring dan highlighting cocok untuk semua jenis wajah?-
Teknik contouring dan highlighting cocok untuk semua jenis wajah. Namun, teknik yang digunakan harus disesuaikan dengan bentuk wajah. Misalnya, untuk wajah bulat, aplikasikan contour di bagian samping wajah untuk membuat wajah terlihat lebih tirus. Sedangkan untuk wajah oval, aplikasikan contour di bawah tulang pipi dan di sepanjang rahang untuk mempertegas bentuk wajah.

Kesimpulan

Contouring dan highlighting merupakan teknik makeup yang wajib dikuasai untuk membentuk dan menonjolkan fitur wajah. Dengan memahami jenis wajah, pemilihan warna, penempatan, blending, dan alat yang tepat, kita dapat menciptakan riasan contouring dan highlighting yang natural dan menawan.

Rad Too:

Panduan Indonesia Menjalani Hidup Positif: Rahasia Kecantikan dan Kebahagiaan Abadi

Panduan Indonesia Menjalani Hidup Positif: Rahasia Kecantikan dan Kebahagiaan Abadi

Teknik contouring dan highlighting tidak hanya dapat mempercantik wajah, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat pemakainya merasa lebih cantik. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari dan menguasai teknik ini agar dapat tampil maksimal di berbagai kesempatan.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *