Bumil Wajib Tahu! Yuk, Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Trik Ini!

Rina Wulan
By: Rina Wulan May Tue 2024
Bumil Wajib Tahu! Yuk, Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Trik Ini!

Kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan sangatlah penting. Ibu hamil perlu menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dengan baik untuk mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya:

Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi berfluoride dan flossing setiap hari.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta membatasi konsumsi makanan dan minuman yang manis.

Hindari merokok dan minum alkohol.

Periksakan gigi dan mulut secara teratur ke dokter gigi.

Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan, ibu hamil dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Bumil, Yuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Cara Ini

Kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan sangatlah penting untuk kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya:

  • Menyikat gigi secara teratur
  • Menggunakan pasta gigi berfluoride
  • Flossing setiap hari
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Membatasi makanan dan minuman manis
  • Hindari merokok
  • Hindari minuman beralkohol
  • Periksakan gigi dan mulut secara teratur
  • Menjaga kebersihan mulut
  • Mengatasi masalah gigi dan mulut dengan segera

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, ibu hamil dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya selama kehamilan, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Menyikat gigi secara teratur

Menyikat gigi secara teratur adalah salah satu cara terpenting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan. Menyikat gigi secara teratur membantu menghilangkan plak dan bakteri dari gigi dan gusi, yang dapat menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, dan masalah gigi dan mulut lainnya.

  • Menghilangkan plak dan bakteri

    Plak adalah lapisan lengket yang terbentuk pada gigi dan mengandung bakteri. Bakteri ini dapat menghasilkan asam yang merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Menyikat gigi secara teratur membantu menghilangkan plak dan bakteri dari gigi dan gusi, sehingga dapat mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi.

    Rad Too:

    Jangan Panik, Ini Cara Jitu Atasi Anak Susah Makan Setelah Sakit!

    Jangan Panik, Ini Cara Jitu Atasi Anak Susah Makan Setelah Sakit!
  • Mencegah penyakit gusi

    Penyakit gusi adalah infeksi pada gusi yang dapat menyebabkan gusi berdarah, bengkak, dan nyeri. Penyakit gusi dapat disebabkan oleh penumpukan plak dan bakteri pada gigi dan gusi. Menyikat gigi secara teratur membantu menghilangkan plak dan bakteri dari gigi dan gusi, sehingga dapat mencegah penyakit gusi.

  • Menjaga kesehatan mulut

    Menyikat gigi secara teratur membantu menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Menyikat gigi secara teratur membantu menghilangkan bau mulut, menjaga gusi tetap sehat, dan membuat gigi tampak putih dan bersih.

Dengan menyikat gigi secara teratur, ibu hamil dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya selama kehamilan, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Pasta gigi berfluoride sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan. Fluoride adalah mineral alami yang membantu memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang. Pasta gigi berfluoride bekerja dengan cara:

  • Memperkuat email gigi
  • Membunuh bakteri penyebab gigi berlubang
  • Mengurangi peradangan pada gusi

Ibu hamil yang menggunakan pasta gigi berfluoride secara teratur dapat membantu mencegah gigi berlubang dan masalah gigi dan mulut lainnya, sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya selama kehamilan.

Selain itu, pasta gigi berfluoride juga dapat membantu mengurangi risiko gigi berlubang pada bayi yang dilahirkan oleh ibu yang menggunakan pasta gigi berfluoride selama kehamilan. Hal ini karena fluoride dapat ditransfer ke bayi melalui plasenta dan ASI.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk menggunakan pasta gigi berfluoride secara teratur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya selama kehamilan, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Flossing setiap hari

Flossing setiap hari merupakan salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan. Flossing membantu menghilangkan plak dan bakteri dari sela-sela gigi dan gusi, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Plak dan bakteri dapat menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, dan masalah gigi dan mulut lainnya.

Rad Too:

Bumil, Kenali Penyebab dan Cara Jitu Atasi Sakit Dada Saat Hamil

Bumil, Kenali Penyebab dan Cara Jitu Atasi Sakit Dada Saat Hamil
  • Mengurangi risiko gigi berlubang

    Flossing setiap hari membantu menghilangkan plak dan bakteri dari sela-sela gigi dan gusi, sehingga dapat mengurangi risiko gigi berlubang.

  • Mencegah penyakit gusi

    Flossing setiap hari membantu menghilangkan plak dan bakteri dari sela-sela gigi dan gusi, sehingga dapat mencegah penyakit gusi.

  • Menjaga kesehatan mulut

    Flossing setiap hari membantu menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan dengan menghilangkan bau mulut dan menjaga gusi tetap sehat.

  • Mencegah masalah gigi dan mulut lainnya

    Flossing setiap hari dapat membantu mencegah masalah gigi dan mulut lainnya, seperti gigi sensitif dan gigi ngilu.

Dengan flossing setiap hari, ibu hamil dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya selama kehamilan, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan. Makanan sehat dapat membantu memperkuat gigi dan gusi, serta mencegah masalah gigi dan mulut lainnya.

Makanan sehat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut ibu hamil antara lain:

  • Buah-buahan dan sayuran
  • Protein tanpa lemak
  • Produk susu
  • Makanan kaya kalsium dan vitamin D

Makanan sehat ini dapat membantu memperkuat gigi dan gusi dengan cara:

  • Memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan gigi dan gusi
  • Membantu menjaga kesehatan gusi
  • Mengurangi risiko gigi berlubang

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat juga dapat membantu ibu hamil menjaga berat badan yang sehat, yang penting untuk kesehatan ibu dan janin. Berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko masalah gigi dan mulut selama kehamilan, seperti penyakit gusi dan gigi berlubang.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Membatasi makanan dan minuman manis

Membatasi makanan dan minuman manis merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan. Makanan dan minuman manis mengandung gula yang dapat diubah menjadi asam oleh bakteri dalam mulut. Asam ini dapat merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Rad Too:

Langkah Cerdas Membersihkan Pompa ASI, Bunda Wajib Tahu!

Langkah Cerdas Membersihkan Pompa ASI, Bunda Wajib Tahu!
  • Mengurangi risiko gigi berlubang

    Makanan dan minuman manis mengandung gula yang dapat diubah menjadi asam oleh bakteri dalam mulut. Asam ini dapat merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Dengan membatasi makanan dan minuman manis, ibu hamil dapat mengurangi risiko gigi berlubang.

  • Menjaga kesehatan gusi

    Makanan dan minuman manis dapat menyebabkan peradangan pada gusi. Peradangan pada gusi dapat menyebabkan penyakit gusi, yang dapat merusak gigi dan gusi.

  • Mencegah masalah gigi dan mulut lainnya

    Makanan dan minuman manis juga dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut lainnya, seperti gigi sensitif dan gigi ngilu.

Dengan membatasi makanan dan minuman manis, ibu hamil dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya selama kehamilan, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Hindari merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut, terutama bagi ibu hamil. Ibu hamil yang merokok berisiko lebih tinggi mengalami masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan kelahiran prematur.

  • Meningkatkan risiko gigi berlubang

    Merokok dapat meningkatkan risiko gigi berlubang karena nikotin dan tar dalam rokok dapat merusak email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap bakteri penyebab gigi berlubang.

  • Menyebabkan penyakit gusi

    Merokok juga dapat menyebabkan penyakit gusi karena nikotin dan tar dalam rokok dapat merusak jaringan gusi dan membuat gusi lebih rentan terhadap infeksi.

  • Meningkatkan risiko kelahiran prematur

    Merokok selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi, termasuk masalah gigi dan mulut.

Dengan menghindari merokok, ibu hamil dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Hindari minuman beralkohol

Ibu hamil perlu menghindari minuman beralkohol karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Berikut adalah beberapa alasan mengapa ibu hamil harus menghindari minuman beralkohol:

Rad Too:

5 Tips Ampuh Atasi Iritasi Kulit Setelah Waxing atau Cukur

5 Tips Ampuh Atasi Iritasi Kulit Setelah Waxing atau Cukur
  • Meningkatkan risiko gigi berlubangMinuman beralkohol mengandung gula yang dapat diubah menjadi asam oleh bakteri dalam mulut. Asam ini dapat merusak email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap gigi berlubang.
  • Menyebabkan penyakit gusiMinuman beralkohol dapat menyebabkan penyakit gusi karena dapat merusak jaringan gusi dan membuat gusi lebih rentan terhadap infeksi.
  • Menghambat penyerapan nutrisiMinuman beralkohol dapat menghambat penyerapan nutrisi penting, seperti kalsium dan vitamin D, yang dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan mulut.
  • Meningkatkan risiko kelahiran prematurMinum minuman beralkohol selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi, termasuk masalah gigi dan mulut.

Dengan menghindari minuman beralkohol, ibu hamil dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Periksakan gigi dan mulut secara teratur

Periksakan gigi dan mulut secara teratur merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan. Pemeriksaan gigi dan mulut secara teratur dapat membantu ibu hamil mendeteksi dan mengatasi masalah gigi dan mulut sejak dini, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang lebih serius.

Selain itu, pemeriksaan gigi dan mulut secara teratur juga dapat membantu ibu hamil menjaga kesehatan gusi. Gusi yang sehat dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan dan infeksi. Ibu hamil yang memiliki masalah gusi berisiko lebih tinggi mengalami kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk memeriksakan gigi dan mulutnya secara teratur selama kehamilan, sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya, serta mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan. Kebersihan mulut yang baik dapat membantu mencegah masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan bau mulut.

  • Menyikat gigi secara teraturMenyikat gigi secara teratur adalah cara paling dasar untuk menjaga kebersihan mulut. Menyikat gigi secara teratur dapat membantu menghilangkan plak dan bakteri dari gigi dan gusi, sehingga dapat mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi.
  • Flossing secara teraturFlossing secara teratur membantu menghilangkan plak dan bakteri dari sela-sela gigi dan gusi, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Flossing secara teratur dapat membantu mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi.
  • Berkumur dengan obat kumurBerkumur dengan obat kumur dapat membantu membunuh bakteri di mulut dan menjaga kesegaran napas. Obat kumur yang mengandung fluoride juga dapat membantu memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang.
  • Menggunakan pembersih lidahPembersih lidah dapat membantu menghilangkan bakteri dan sisa makanan dari lidah, yang dapat menyebabkan bau mulut.

Dengan menjaga kebersihan mulut secara teratur, ibu hamil dapat membantu mencegah masalah gigi dan mulut selama kehamilan, sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya, serta mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Mengatasi Masalah Gigi dan Mulut dengan Segera

Menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan sangatlah penting untuk kesehatan ibu dan janin. Masalah gigi dan mulut yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan infeksi pada ibu dan bayi.

  • Deteksi Dini dan Penanganan SegeraSalah satu cara terpenting untuk mengatasi masalah gigi dan mulut dengan segera adalah dengan mendeteksi dini dan segera mencari penanganan. Pemeriksaan gigi dan mulut secara teratur selama kehamilan sangat penting untuk mendeteksi masalah gigi dan mulut sejak dini, sehingga dapat segera ditangani dan dicegah agar tidak menjadi lebih serius.
  • Penanganan yang TepatPenanganan masalah gigi dan mulut selama kehamilan harus dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan kondisi ibu hamil. Dokter gigi akan menentukan jenis perawatan yang tepat berdasarkan kondisi ibu hamil dan masalah gigi dan mulut yang dialaminya.
  • Pencegahan Masalah yang Lebih SeriusMenangani masalah gigi dan mulut dengan segera dapat mencegah masalah yang lebih serius. Misalnya, gigi berlubang yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan infeksi yang menyebar ke gusi dan jaringan di sekitarnya, bahkan dapat menyebabkan kehilangan gigi.
  • Menjaga Kesehatan Ibu dan JaninMenjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Masalah gigi dan mulut yang tidak segera diatasi dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan janin, seperti kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan infeksi.

Dengan mengatasi masalah gigi dan mulut dengan segera, ibu hamil dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Hal ini didukung oleh banyak bukti ilmiah dan studi kasus.

Salah satu studi kasus yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics (AAP). Studi ini menemukan bahwa ibu hamil yang memiliki masalah gigi dan mulut berisiko lebih tinggi melahirkan bayi prematur dan bayi dengan berat badan lahir rendah. Studi ini juga menemukan bahwa masalah gigi dan mulut selama kehamilan dapat menyebabkan infeksi pada ibu dan bayi.

Studi kasus lainnya yang mendukung pentingnya kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan adalah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Dental and Craniofacial Research (NIDCR). Studi ini menemukan bahwa ibu hamil yang memiliki penyakit gusi berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia dan kelahiran prematur.

Bukti ilmiah dan studi kasus ini menunjukkan bahwa kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil perlu menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dengan baik untuk mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya:

1. Menyikat gigi secara teratur

Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride.Menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan menyikat gigi dengan gerakan memutar.Membersihkan semua permukaan gigi, termasuk bagian depan, belakang, dan permukaan kunyah.

Menyikat gigi secara teratur dapat membantu menghilangkan plak dan bakteri dari gigi dan gusi, sehingga dapat mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi.

2. Flossing secara teratur

Flossing setidaknya sekali sehari.Menggunakan benang gigi yang tidak berlilin dan tidak beraroma.Membersihkan semua permukaan gigi, termasuk bagian depan, belakang, dan permukaan kunyah.

Flossing secara teratur dapat membantu menghilangkan plak dan bakteri dari sela-sela gigi dan gusi, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

3. Makan makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak.Membatasi makanan dan minuman manis.Menghindari makanan dan minuman yang lengket atau asam.

Makanan sehat dapat membantu memperkuat gigi dan gusi, serta mencegah masalah gigi dan mulut lainnya.

4. Minum banyak air

Minum banyak air sepanjang hari.Air dapat membantu membersihkan mulut dan mencegah mulut kering.Mulut kering dapat meningkatkan risiko gigi berlubang dan penyakit gusi.

Minum banyak air dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan mencegah masalah gigi dan mulut.

5. Hindari merokok dan minum alkohol

Hindari merokok dan minum alkohol selama kehamilan.Merokok dan minum alkohol dapat merusak gigi dan gusi, serta meningkatkan risiko masalah gigi dan mulut lainnya.

Menghindari merokok dan minum alkohol dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan.

Dengan mengikuti tips ini, ibu hamil dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya selama kehamilan, sehingga dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Penting untuk diingat bahwa tips ini hanya sebagai panduan umum. Ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter kandungan untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan.

FAQ Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan:

1. Apakah penting menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan?-
Ya, sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Masalah gigi dan mulut selama kehamilan dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.
2. Apa saja cara menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan?-
Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan meliputi menyikat gigi secara teratur, flossing secara teratur, makan makanan sehat, minum banyak air, dan menghindari merokok dan minum alkohol.
3. Seberapa sering ibu hamil harus memeriksakan gigi?-
Ibu hamil disarankan untuk memeriksakan giginya secara teratur, setidaknya setiap enam bulan sekali. Pemeriksaan gigi dapat membantu mendeteksi dan mengatasi masalah gigi dan mulut sejak dini.
4. Apakah aman bagi ibu hamil untuk menjalani perawatan gigi?-
Ya, sebagian besar perawatan gigi aman dilakukan selama kehamilan. Namun, ibu hamil harus menginformasikan dokter gigi mereka tentang kehamilannya sebelum menjalani perawatan gigi.
5. Apa saja gejala masalah gigi dan mulut yang perlu diwaspadai selama kehamilan?-
Gejala masalah gigi dan mulut yang perlu diwaspadai selama kehamilan meliputi nyeri gigi, gusi berdarah, gusi bengkak, dan bau mulut. Jika mengalami gejala-gejala ini, ibu hamil harus segera memeriksakan giginya ke dokter gigi.
6. Bisakah masalah gigi dan mulut selama kehamilan berdampak pada kesehatan bayi?-
Ya, masalah gigi dan mulut selama kehamilan dapat berdampak pada kesehatan bayi. Misalnya, bayi yang lahir dari ibu dengan penyakit gusi berisiko lebih tinggi mengalami kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

Kesimpulan

Menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan sangatlah penting untuk kesehatan ibu dan janin. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan antara lain menyikat gigi secara teratur, flossing secara teratur, makan makanan sehat, minum banyak air, menghindari merokok dan minum alkohol, serta memeriksakan gigi secara teratur.

Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan, ibu hamil dapat mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk memprioritaskan kesehatan gigi dan mulutnya selama kehamilan.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *