Makanan Sehat Usai Olahraga? Yuk, Cari Tahu Pilihannya di Sini!

Sandra Dewi
By: Sandra Dewi May Fri 2024
Makanan Sehat Usai Olahraga? Yuk, Cari Tahu Pilihannya di Sini!

Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan nutrisi untuk memulihkan dan membangun kembali jaringan otot. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga.

Makanan sehat setelah berolahraga harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Karbohidrat akan membantu mengisi kembali simpanan glikogen di otot, protein akan membantu memperbaiki dan membangun jaringan otot, dan lemak sehat akan membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan penyerapan vitamin.

Berikut adalah beberapa pilihan makanan sehat yang dapat dikonsumsi setelah berolahraga:

  • Buah-buahan, seperti pisang, apel, atau jeruk
  • Sayuran, seperti bayam, kangkung, atau brokoli
  • Biji-bijian, seperti nasi merah, quinoa, atau oatmeal
  • Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang tanah, atau kacang kedelai
  • Produk susu, seperti susu, yogurt, atau keju
  • Ikan, seperti salmon, tuna, atau makarel
  • Ayam atau kalkun

Selain pilihan makanan di atas, penting juga untuk minum banyak cairan setelah berolahraga. Air atau minuman olahraga dapat membantu menggantikan cairan yang hilang selama berolahraga.

beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga

Setelah berolahraga, penting untuk mengonsumsi beragam pilihan makanan sehat untuk membantu pemulihan dan pertumbuhan otot. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu dipertimbangkan:

  • Karbohidrat: Mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot.
  • Protein: Memperbaiki dan membangun jaringan otot.
  • Lemak sehat: Mengurangi peradangan dan meningkatkan penyerapan vitamin.
  • Cairan: Menggantikan cairan yang hilang selama berolahraga.
  • Buah-buahan: Sumber karbohidrat, vitamin, dan mineral.
  • Sayuran: Sumber serat, vitamin, dan mineral.
  • Biji-bijian: Sumber karbohidrat kompleks dan serat.
  • Kacang-kacangan: Sumber protein, lemak sehat, dan serat.
  • Produk susu: Sumber protein, kalsium, dan vitamin D.
  • Ikan: Sumber protein, lemak sehat omega-3, dan vitamin D.

Mengonsumsi makanan sehat setelah berolahraga sangat penting untuk pemulihan dan pertumbuhan otot. Dengan memperhatikan 10 aspek di atas, Anda dapat memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pulih dan menjadi lebih kuat.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, termasuk untuk aktivitas fisik seperti berolahraga. Saat berolahraga, tubuh akan menggunakan simpanan glikogen dalam otot sebagai bahan bakar. Setelah berolahraga, penting untuk mengisi kembali simpanan glikogen ini untuk pemulihan otot dan mencegah kelelahan.

  • Jenis karbohidrat: Ada dua jenis utama karbohidrat: sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana, seperti gula dan permen, dapat diserap dengan cepat oleh tubuh dan memberikan energi instan. Karbohidrat kompleks, seperti nasi merah dan oatmeal, diserap lebih lambat dan memberikan energi yang lebih tahan lama. Setelah berolahraga, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks untuk mengisi kembali simpanan glikogen secara bertahap.
  • Jumlah karbohidrat: Jumlah karbohidrat yang dibutuhkan setelah berolahraga bervariasi tergantung pada intensitas dan durasi olahraga. Sebagai pedoman umum, disarankan untuk mengonsumsi sekitar 0,5-1 gram karbohidrat per kilogram berat badan dalam waktu 30-60 menit setelah berolahraga.
  • Sumber karbohidrat: Ada berbagai sumber karbohidrat sehat yang dapat dikonsumsi setelah berolahraga, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Buah-buahan, seperti pisang dan apel, merupakan sumber karbohidrat sederhana yang dapat memberikan energi cepat. Sayuran, seperti ubi jalar dan kentang, merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi yang lebih tahan lama. Biji-bijian, seperti nasi merah dan quinoa, juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik. Kacang-kacangan, seperti kacang almond dan kacang tanah, merupakan sumber karbohidrat dan protein yang dapat membantu pemulihan otot.

Dengan mengonsumsi karbohidrat yang cukup setelah berolahraga, Anda dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot, mempercepat pemulihan, dan meningkatkan kinerja Anda dalam latihan berikutnya.

Protein

Protein merupakan nutrisi penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot setelah berolahraga. Saat berolahraga, terjadi kerusakan pada serat otot, dan protein berperan penting dalam sintesis protein otot baru untuk memperbaiki dan memperkuat serat otot tersebut.

Rad Too:

Pahami Seluk Beluk Tes Depresi Anda

Pahami Seluk Beluk Tes Depresi Anda
  • Jenis protein: Tidak semua jenis protein diciptakan sama. Protein yang paling efektif untuk membangun otot adalah protein yang mengandung semua asam amino esensial, yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan. Sumber protein berkualitas tinggi termasuk daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan.
  • Jumlah protein: Jumlah protein yang dibutuhkan setelah berolahraga bervariasi tergantung pada berat badan, jenis olahraga, dan intensitas olahraga. Sebagai pedoman umum, disarankan untuk mengonsumsi sekitar 0,25-0,5 gram protein per kilogram berat badan dalam waktu 30-60 menit setelah berolahraga.
  • Waktu konsumsi protein: Waktu konsumsi protein juga penting untuk memaksimalkan sintesis protein otot. Dianjurkan untuk mengonsumsi protein segera setelah berolahraga, ketika tubuh berada dalam keadaan anabolik dan lebih siap untuk menyerap dan menggunakan protein.

Dengan mengonsumsi protein yang cukup setelah berolahraga, Anda dapat membantu memperbaiki dan membangun jaringan otot, mempercepat pemulihan, dan meningkatkan kinerja Anda dalam latihan berikutnya.

Lemak sehat

Lemak sehat merupakan komponen penting dari beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga karena memiliki beberapa manfaat penting:

  • Mengurangi peradangan: Olahraga dapat menyebabkan peradangan pada otot dan jaringan tubuh lainnya. Lemak sehat, seperti omega-3 dan omega-6, memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan.
  • Meningkatkan penyerapan vitamin: Beberapa vitamin, seperti vitamin A, D, dan E, merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Artinya, vitamin-vitamin ini perlu dikonsumsi bersama dengan lemak agar dapat diserap dan digunakan oleh tubuh. Lemak sehat dapat membantu meningkatkan penyerapan vitamin-vitamin ini, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, lemak sehat juga merupakan sumber energi yang baik dan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Hal ini dapat membantu mencegah makan berlebihan dan mendukung tujuan penurunan berat badan atau menjaga berat badan.

Contoh sumber lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga meliputi:

  • Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan makarel
  • Alpukat
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang almond, kacang tanah, dan biji chia
  • Minyak zaitun

Dengan mengonsumsi lemak sehat dalam jumlah yang cukup setelah berolahraga, Anda dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan penyerapan vitamin, dan mendukung pemulihan dan pertumbuhan otot.

Cairan

Setelah berolahraga, penting untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat. Cairan berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, dan mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh.

  • Jenis cairan: Minuman terbaik untuk menggantikan cairan yang hilang selama berolahraga adalah air putih atau minuman olahraga. Minuman olahraga dapat membantu menggantikan elektrolit, seperti natrium dan kalium, yang juga hilang melalui keringat.
  • Jumlah cairan: Jumlah cairan yang dibutuhkan setelah berolahraga bervariasi tergantung pada intensitas dan durasi olahraga, serta kondisi lingkungan. Sebagai pedoman umum, disarankan untuk minum sekitar 2-3 gelas cairan untuk setiap kilogram berat badan yang hilang selama berolahraga.
  • Waktu konsumsi cairan: Dianjurkan untuk mulai minum cairan segera setelah berolahraga dan terus minum secara teratur sepanjang hari. Minum cairan sebelum, selama, dan setelah berolahraga dapat membantu mencegah dehidrasi dan kram otot.

Dengan mengonsumsi cairan yang cukup setelah berolahraga, Anda dapat membantu menggantikan cairan yang hilang, mencegah dehidrasi, dan mendukung pemulihan dan pertumbuhan otot.

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu komponen penting dalam beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk pemulihan dan pertumbuhan otot. Buah-buahan merupakan sumber karbohidrat yang baik, yang dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot setelah berolahraga. Selain itu, buah-buahan juga mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, potasium, dan magnesium, yang berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh, fungsi otot, dan kesehatan tulang.

Salah satu manfaat utama buah-buahan setelah berolahraga adalah kandungan karbohidratnya yang dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot. Glikogen merupakan sumber energi utama bagi otot, dan saat berolahraga, simpanan glikogen ini akan berkurang. Mengonsumsi buah-buahan setelah berolahraga dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen ini, sehingga mempercepat pemulihan otot dan meningkatkan kinerja dalam latihan berikutnya.

Rad Too:

Yuk, Pahami Pentingnya Enzim Renin untuk Ginjal dan Tekanan Darah Sehat!

Yuk, Pahami Pentingnya Enzim Renin untuk Ginjal dan Tekanan Darah Sehat!

Selain itu, buah-buahan juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Vitamin C, misalnya, berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi risiko infeksi setelah berolahraga. Potasium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan dapat membantu mencegah kram otot. Magnesium berperan penting dalam fungsi otot dan dapat membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

Dengan mengonsumsi buah-buahan setelah berolahraga, Anda dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot, mendapatkan vitamin dan mineral penting, dan mempercepat pemulihan otot. Hal ini dapat membantu Anda merasa lebih baik, pulih lebih cepat, dan tampil lebih baik dalam latihan berikutnya.

Sayuran

Sayuran merupakan salah satu komponen penting dalam beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk pemulihan dan pertumbuhan otot. Sayuran merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Serat juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi risiko makan berlebihan.

Selain itu, sayuran juga merupakan sumber vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, C, dan K, serta potasium, magnesium, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh, fungsi otot, dan kesehatan tulang.

Mengonsumsi sayuran setelah berolahraga dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot, mendapatkan vitamin dan mineral penting, dan mempercepat pemulihan otot. Hal ini dapat membantu Anda merasa lebih baik, pulih lebih cepat, dan tampil lebih baik dalam latihan berikutnya.

Berikut adalah beberapa contoh sayuran yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga:

  • Bayam
  • Kkangkung
  • Brokoli
  • Ubi jalar
  • Kentang

Dengan mengonsumsi sayuran setelah berolahraga, Anda dapat membantu tubuh Anda pulih dan tumbuh lebih kuat.

Rad Too:

Kenali Gejala Batu Ginjal Pada Wanita dan Aneka Penyebabnya

Kenali Gejala Batu Ginjal Pada Wanita dan Aneka Penyebabnya

Biji-bijian

Biji-bijian merupakan salah satu komponen penting dalam beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga karena mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang dibutuhkan tubuh untuk pemulihan dan pertumbuhan otot.

  • Karbohidrat Kompleks

    Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat oleh tubuh, sehingga memberikan energi yang lebih tahan lama. Hal ini penting setelah berolahraga, karena tubuh membutuhkan energi untuk mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot dan memperbaiki jaringan otot yang rusak.

  • Serat

    Serat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga kadar gula darah tidak melonjak terlalu tinggi setelah makan. Serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu mengurangi risiko makan berlebihan.

Dengan mengonsumsi biji-bijian setelah berolahraga, Anda dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot, mendapatkan energi yang tahan lama, dan merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu Anda pulih lebih cepat dan tampil lebih baik dalam latihan berikutnya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu komponen penting dalam beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga karena mengandung protein, lemak sehat, dan serat yang dibutuhkan tubuh untuk pemulihan dan pertumbuhan otot.

  • Protein

    Protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein setelah berolahraga.

  • Lemak Sehat

    Lemak sehat, seperti omega-3 dan omega-6, dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan penyerapan vitamin. Kacang-kacangan mengandung lemak sehat yang dapat mendukung pemulihan otot setelah berolahraga.

  • Serat

    Serat dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu mengurangi risiko makan berlebihan setelah berolahraga.

Dengan mengonsumsi kacang-kacangan setelah berolahraga, Anda dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot, mendapatkan protein, lemak sehat, dan serat yang dibutuhkan untuk pemulihan dan pertumbuhan otot. Hal ini dapat membantu Anda pulih lebih cepat dan tampil lebih baik dalam latihan berikutnya.

Rad Too:

Lupakan Lipstik Mahal, Ini Cara Alami Merahkan Bibir yang Wajib Anda Coba!

Lupakan Lipstik Mahal, Ini Cara Alami Merahkan Bibir yang Wajib Anda Coba!

Produk susu

Produk susu merupakan salah satu komponen penting dalam beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga karena mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk pemulihan dan pertumbuhan otot.

  • Protein

    Protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Produk susu merupakan sumber protein hewani yang baik, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein setelah berolahraga.

  • Kalsium

    Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Produk susu merupakan sumber kalsium yang baik, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium setelah berolahraga.

  • Vitamin D

    Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Produk susu merupakan sumber vitamin D yang baik, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D setelah berolahraga.

Dengan mengonsumsi produk susu setelah berolahraga, Anda dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot, mendapatkan protein, kalsium, dan vitamin D yang dibutuhkan untuk pemulihan dan pertumbuhan otot. Hal ini dapat membantu Anda pulih lebih cepat dan tampil lebih baik dalam latihan berikutnya.

Ikan

Ikan merupakan salah satu komponen penting dalam beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga karena mengandung protein, lemak sehat omega-3, dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk pemulihan dan pertumbuhan otot.

Protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Ikan merupakan sumber protein hewani yang baik, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein setelah berolahraga. Lemak sehat omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri otot dan mempercepat pemulihan. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Dengan mengonsumsi ikan setelah berolahraga, Anda dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot, mendapatkan protein, lemak sehat omega-3, dan vitamin D yang dibutuhkan untuk pemulihan dan pertumbuhan otot. Hal ini dapat membantu Anda pulih lebih cepat dan tampil lebih baik dalam latihan berikutnya.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga didukung oleh banyak bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang paling terkenal adalah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Texas di Austin. Studi ini menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein setelah berolahraga mengalami peningkatan pemulihan otot dan kinerja dibandingkan dengan atlet yang mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan protein.

Studi lain, yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, menemukan bahwa konsumsi protein setelah berolahraga membantu meningkatkan sintesis protein otot, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan otot. Studi ini juga menemukan bahwa konsumsi protein setelah berolahraga membantu mengurangi nyeri otot dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Ada beberapa perdebatan mengenai jenis makanan sehat tertentu yang terbaik untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Beberapa ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, sementara yang lain merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein. Namun, sebagian besar ahli setuju bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung kombinasi karbohidrat dan protein setelah berolahraga adalah pilihan yang baik.

Penting untuk dicatat bahwa kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk menentukan jenis dan jumlah makanan sehat yang tepat untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Tips Mengonsumsi Beragam Pilihan Makanan Sehat Setelah Berolahraga

Mengonsumsi makanan sehat setelah berolahraga sangat penting untuk pemulihan dan pertumbuhan otot. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan setelah berolahraga:

1. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein.

Karbohidrat akan membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot, sedangkan protein akan membantu memperbaiki dan membangun jaringan otot.

2. Makan dalam waktu 30-60 menit setelah berolahraga.

Ini adalah waktu yang tepat untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

3. Pilih makanan yang kaya vitamin dan mineral.

Vitamin dan mineral penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk pemulihan otot.

4. Minum banyak cairan.

Cairan akan membantu menggantikan cairan yang hilang melalui keringat selama berolahraga.

5. Hindari makanan tinggi lemak dan gula.

Makanan tinggi lemak dan gula dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pulih dan tumbuh lebih kuat setelah berolahraga.

Pertanyaan Umum Terkait Beragam Pilihan Makanan Sehat Setelah Berolahraga

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga:

1. Apa saja jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga?-
Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein setelah berolahraga. Karbohidrat akan membantu mengisi kembali simpanan glikogen dalam otot, sedangkan protein akan membantu memperbaiki dan membangun jaringan otot.
2. Kapan waktu yang tepat untuk makan setelah berolahraga?-
Waktu yang tepat untuk makan setelah berolahraga adalah dalam waktu 30-60 menit. Ini adalah waktu yang tepat untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.
3. Apakah penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral setelah berolahraga?-
Ya, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral setelah berolahraga. Vitamin dan mineral penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk pemulihan otot.
4. Berapa banyak cairan yang harus diminum setelah berolahraga?-
Dianjurkan untuk minum banyak cairan setelah berolahraga. Cairan akan membantu menggantikan cairan yang hilang melalui keringat selama berolahraga.
5. Jenis makanan apa yang harus dihindari setelah berolahraga?-
Sebaiknya hindari makanan tinggi lemak dan gula setelah berolahraga. Makanan tinggi lemak dan gula dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi.
6. Apakah ada jenis makanan tertentu yang lebih baik untuk jenis olahraga tertentu?-
Jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga bervariasi tergantung pada jenis olahraga yang dilakukan. Misalnya, setelah olahraga ketahanan seperti berlari jarak jauh, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat untuk mengisi kembali simpanan glikogen. Sementara setelah olahraga kekuatan seperti angkat beban, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot.

Kesimpulan Beragam Pilihan Makanan Sehat Setelah Berolahraga

Mengonsumsi makanan sehat setelah berolahraga sangat penting untuk pemulihan dan pertumbuhan otot. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda dapat membantu tubuh Anda pulih lebih cepat, mengurangi nyeri otot, dan meningkatkan kinerja Anda dalam latihan berikutnya. Beragam pilihan makanan sehat setelah berolahraga yang telah dibahas di atas dapat membantu Anda mencapai tujuan nutrisi Anda dan memaksimalkan manfaat olahraga.

Ingatlah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein dalam waktu 30-60 menit setelah berolahraga. Sertakan juga makanan yang kaya vitamin dan mineral, dan minum banyak cairan. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pulih dan tumbuh lebih kuat setelah berolahraga.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *