7 Kebiasaan yang Bikin Jerawat Betah di Wajahmu

Sandra Dewi
By: Sandra Dewi May Fri 2024
7 Kebiasaan yang Bikin Jerawat Betah di Wajahmu

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi, terutama pada remaja dan dewasa muda. Meskipun ada banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat, namun ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat memperparah kondisi ini. Berikut adalah 7 kebiasaan yang membuat jerawat betah di wajah.

Kebiasaan buruk ini biasanya berkaitan dengan kebersihan wajah, pola makan, dan gaya hidup. Dengan menghindari kebiasaan buruk ini, serta menjaga kebersihan wajah dengan baik, mengonsumsi makanan sehat, dan menjalani gaya hidup sehat, maka jerawat dapat dikurangi dan dicegah.

Berikut adalah 7 kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk mencegah dan mengurangi jerawat:

  1. Tidak membersihkan wajah secara teratur
  2. Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai
  3. Menyentuh wajah terlalu sering
  4. Makan makanan yang tidak sehat
  5. Stres
  6. Kurang tidur
  7. Merokok

Dengan menghindari kebiasaan buruk ini, menjaga kebersihan wajah dengan baik, mengonsumsi makanan sehat, dan menjalani gaya hidup sehat, maka jerawat dapat dikurangi dan dicegah.

7 kebiasaan yang membuat jerawat betah di wajah

Menjaga kesehatan kulit wajah sangat penting untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Menghindari kebiasaan buruk yang dapat memperparah kondisi jerawat perlu dilakukan. Berikut adalah 8 kebiasaan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan mencegah jerawat:

  • Kurang membersihkan wajah
  • Salah memilih produk perawatan kulit
  • Sering menyentuh wajah
  • Konsumsi makanan tidak sehat
  • Stres
  • Kurang tidur
  • Merokok
  • Malas berolahraga

Selain menghindari kebiasaan buruk di atas, menjaga kebersihan wajah dengan baik, mengonsumsi makanan sehat, dan menjalani gaya hidup sehat sangat penting untuk kesehatan kulit wajah dan pencegahan jerawat. Dengan melakukan kebiasaan baik tersebut, kulit wajah akan lebih sehat dan terhindar dari masalah jerawat.

Kurang membersihkan wajah

Kurang membersihkan wajah merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat memperparah jerawat. Wajah yang tidak dibersihkan dengan baik akan menumpuk kotoran, minyak, dan sel kulit mati, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, tangan yang kotor juga dapat memindahkan bakteri ke wajah, yang dapat menyebabkan infeksi dan jerawat.

Membersihkan wajah secara teratur sangat penting untuk mencegah jerawat. Wajah harus dibersihkan setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam, menggunakan sabun cuci muka yang lembut dan air hangat. Selain itu, penting juga untuk menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Kulit berjerawat biasanya membutuhkan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida, yang dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan.

Rad Too:

Bunda, Punggung Sakit Setelah Melahirkan? Yuk, Atasi dengan Cara Ini!

Bunda, Punggung Sakit Setelah Melahirkan? Yuk, Atasi dengan Cara Ini!

Dengan membersihkan wajah secara teratur dan benar, dapat membantu mengurangi dan mencegah jerawat. Selain itu, membersihkan wajah juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah secara keseluruhan.

Salah memilih produk perawatan kulit

Salah memilih produk perawatan kulit merupakan salah satu dari 7 kebiasaan yang dapat membuat jerawat betah di wajah. Produk perawatan kulit yang tidak sesuai dapat memperparah kondisi jerawat, karena dapat menyumbat pori-pori, mengiritasi kulit, dan menyebabkan peradangan.

Produk perawatan kulit yang tidak sesuai biasanya mengandung bahan-bahan yang keras, seperti alkohol, pewangi, dan deterjen. Bahan-bahan ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan, yang dapat memperparah jerawat. Selain itu, produk perawatan kulit yang tidak sesuai juga dapat menyumbat pori-pori, sehingga dapat menyebabkan komedo dan jerawat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Kulit berjerawat biasanya membutuhkan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida, yang dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan. Selain itu, penting juga untuk memilih produk perawatan kulit yang tidak mengandung bahan-bahan yang keras, seperti alkohol, pewangi, dan deterjen.

Dengan memilih produk perawatan kulit yang sesuai, dapat membantu mengurangi dan mencegah jerawat. Selain itu, memilih produk perawatan kulit yang tepat juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah secara keseluruhan.

Sering menyentuh wajah

Sering menyentuh wajah merupakan salah satu dari 7 kebiasaan yang dapat membuat jerawat betah di wajah. Kebiasaan ini dapat memperparah kondisi jerawat, karena tangan yang kotor dapat memindahkan bakteri ke wajah, yang dapat menyebabkan infeksi dan jerawat.

  • Menyentuh wajah dengan tangan kotor

    Tangan kita seringkali bersentuhan dengan berbagai benda dan permukaan, yang dapat menempelkan bakteri dan kotoran pada tangan. Ketika kita menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, bakteri dan kotoran tersebut dapat berpindah ke wajah, yang dapat menyebabkan infeksi dan jerawat.

    Rad Too:

    Manfaat Tak Terduga Teh dan Kopi: Kaya Antioksidan yang Menjaga Kesehatan!

    Manfaat Tak Terduga Teh dan Kopi: Kaya Antioksidan yang Menjaga Kesehatan!
  • Menyentuh wajah saat berjerawat

    Ketika wajah berjerawat, kulit menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap infeksi. Menyentuh jerawat dapat memperparah peradangan dan menyebabkan jerawat semakin parah.

  • Menyentuh wajah karena stres atau bosan

    Beberapa orang memiliki kebiasaan menyentuh wajah ketika mereka stres atau bosan. Kebiasaan ini dapat memperparah jerawat, karena tangan yang kotor dapat memindahkan bakteri ke wajah.

  • Menyentuh wajah untuk menghilangkan minyak

    Beberapa orang memiliki kebiasaan menyentuh wajah untuk menghilangkan minyak berlebih. Kebiasaan ini justru dapat memperparah jerawat, karena tangan yang kotor dapat memindahkan bakteri ke wajah, dan minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori

Dengan menghindari kebiasaan menyentuh wajah, dapat membantu mengurangi dan mencegah jerawat. Selain itu, menjaga kebersihan tangan juga sangat penting untuk mencegah penyebaran bakteri ke wajah.

Konsumsi makanan tidak sehat

Konsumsi makanan tidak sehat merupakan salah satu dari 7 kebiasaan yang dapat membuat jerawat betah di wajah. Makanan tidak sehat dapat memperparah kondisi jerawat, karena dapat meningkatkan produksi minyak, menyumbat pori-pori, dan menyebabkan peradangan.

  • Makanan tinggi gula

    Makanan tinggi gula, seperti permen, cokelat, dan minuman manis, dapat meningkatkan kadar gula darah, yang dapat memicu produksi minyak berlebih. Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

  • Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans

    Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, seperti gorengan, makanan berlemak, dan produk susu berlemak, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

  • Makanan olahan

    Makanan olahan, seperti makanan cepat saji, makanan ringan kemasan, dan makanan kalengan, biasanya mengandung bahan pengawet, perasa, dan pewarna buatan, yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

  • Makanan pedas

    Makanan pedas dapat memicu peradangan, yang dapat memperparah jerawat.

Dengan menghindari konsumsi makanan tidak sehat, dapat membantu mengurangi dan mencegah jerawat. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah secara keseluruhan.

Rad Too:

Si Kecil Sering Bersin Pagi Hari? Waspada Ini Kemungkinan Penyebabnya!

Si Kecil Sering Bersin Pagi Hari? Waspada Ini Kemungkinan Penyebabnya!

Stres

Stres merupakan salah satu faktor yang dapat memperparah kondisi jerawat. Ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon stres, seperti kortisol. Hormon stres ini dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, stres juga dapat menyebabkan seseorang lebih sering menyentuh wajahnya. Kebiasaan ini dapat memindahkan bakteri dari tangan ke wajah, yang dapat menyebabkan infeksi dan jerawat.

Untuk mengurangi dampak stres pada jerawat, penting untuk mengelola stres dengan baik. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola stres antara lain: berolahraga secara teratur, yoga, meditasi, dan tidur yang cukup.

Dengan mengelola stres dengan baik, dapat membantu mengurangi dan mencegah jerawat. Selain itu, mengelola stres juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran secara keseluruhan.

Kurang tidur

Kurang tidur merupakan salah satu dari 7 kebiasaan yang dapat membuat jerawat betah di wajah. Kurang tidur dapat memperparah kondisi jerawat, karena dapat meningkatkan produksi hormon stres, seperti kortisol. Hormon stres ini dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan seseorang lebih sering menyentuh wajahnya. Kebiasaan ini dapat memindahkan bakteri dari tangan ke wajah, yang dapat menyebabkan infeksi dan jerawat.

Untuk mengurangi dampak kurang tidur pada jerawat, penting untuk mendapatkan tidur yang cukup. Orang dewasa umumnya membutuhkan tidur selama 7-8 jam per malam. Selain itu, penting juga untuk menjaga kualitas tidur yang baik. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas tidur antara lain: menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, menghindari kafein dan alkohol sebelum tidur, dan melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur.

Rad Too:

Waspada! Perhatikan Hal Ini Sebelum Beri Anak Vitamin Kenyal

Waspada! Perhatikan Hal Ini Sebelum Beri Anak Vitamin Kenyal

Dengan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas baik, dapat membantu mengurangi dan mencegah jerawat. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran secara keseluruhan.

Merokok

Merokok merupakan salah satu dari 7 kebiasaan yang dapat membuat jerawat betah di wajah. Merokok dapat memperparah kondisi jerawat, karena dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, merusak kolagen dan elastin, serta menyebabkan peradangan.

  • Merokok meningkatkan produksi minyak di kulit

    Nikotin dalam rokok dapat merangsang kelenjar minyak di kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

  • Merokok merusak kolagen dan elastin

    Kolagen dan elastin adalah protein yang menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Merokok dapat merusak protein-protein ini, sehingga kulit menjadi lebih kendur dan keriput. Kerusakan kolagen dan elastin juga dapat menyebabkan jerawat, karena kulit yang kendur lebih mudah tersumbat oleh minyak dan kotoran.

  • Merokok menyebabkan peradangan

    Merokok dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, termasuk pada kulit. Peradangan ini dapat memperparah jerawat, karena dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, dan nyeri.

Dengan menghindari rokok, dapat membantu mengurangi dan mencegah jerawat. Selain itu, menghindari rokok juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

Malas berolahraga

Malas berolahraga merupakan salah satu dari 7 kebiasaan yang dapat membuat jerawat betah di wajah. Hal ini dikarenakan olahraga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat. Ketika seseorang malas berolahraga, maka tubuh akan lebih mudah mengalami stres, sirkulasi darah terhambat, dan racun menumpuk di dalam tubuh, yang semuanya dapat memperparah kondisi jerawat.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan produksi hormon endorfin, yang memiliki efek anti-inflamasi. Hormon endorfin ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, sehingga dapat membantu mengurangi jerawat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk berolahraga secara teratur untuk membantu mengurangi dan mencegah jerawat. Olahraga yang dapat dilakukan tidak harus berat, cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang selama 30 menit setiap hari.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Terdapat banyak bukti ilmiah yang mendukung bahwa 7 kebiasaan yang disebutkan di atas dapat memperparah kondisi jerawat. Studi kasus berikut ini adalah beberapa contoh yang menunjukkan bagaimana kebiasaan buruk tersebut dapat berdampak pada kesehatan kulit wajah:

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology menemukan bahwa orang yang sering menyentuh wajahnya memiliki risiko lebih tinggi mengalami jerawat. Studi ini melibatkan 100 orang dengan jerawat, dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang menyentuh wajahnya lebih dari 20 kali per hari memiliki risiko lebih tinggi mengalami jerawat parah.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menemukan bahwa konsumsi makanan tinggi gula dapat memperparah kondisi jerawat. Studi ini melibatkan 50 orang dengan jerawat, dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan tinggi gula memiliki risiko lebih tinggi mengalami jerawat parah.

Studi-studi ini hanyalah beberapa contoh dari banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa 7 kebiasaan yang disebutkan di atas dapat memperparah kondisi jerawat. Penting untuk menghindari kebiasaan buruk ini untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan mencegah jerawat.

Selain menghindari kebiasaan buruk, penting juga untuk melakukan kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kebiasaan baik tersebut antara lain: membersihkan wajah secara teratur, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, dan mengonsumsi makanan sehat.

Tips Menghindari Jerawat

Selain menghindari kebiasaan buruk, penting juga untuk melakukan kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan mencegah jerawat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Bersihkan wajah secara teratur

Wajah harus dibersihkan setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam, menggunakan sabun cuci muka yang lembut dan air hangat.

2. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Kulit berjerawat biasanya membutuhkan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

3. Hindari menyentuh wajah

Tangan yang kotor dapat memindahkan bakteri ke wajah, yang dapat menyebabkan infeksi dan jerawat. Hindari menyentuh wajah, terutama saat wajah berjerawat.

4. Konsumsi makanan sehat

Hindari makanan tidak sehat, seperti makanan tinggi gula, lemak jenuh, dan lemak trans. Konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

5. Kelola stres dengan baik

Stres dapat memperparah kondisi jerawat. Kelola stres dengan baik melalui olahraga teratur, yoga, meditasi, atau tidur yang cukup.

6. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat memperparah kondisi jerawat. Orang dewasa umumnya membutuhkan tidur selama 7-8 jam per malam. Jaga kualitas tidur yang baik dengan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

7. Hindari rokok

Merokok dapat memperparah kondisi jerawat. Hindari rokok untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

8. Olahraga teratur

Olahraga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat. Olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang selama 30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi dan mencegah jerawat.

Dengan melakukan tips-tips di atas, dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah dan mencegah jerawat.

Pertanyaan Umum Seputar Jerawat

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar jerawat dan jawabannya:

1. Apa saja kebiasaan yang dapat memperparah kondisi jerawat?-
Terdapat 7 kebiasaan yang dapat memperparah kondisi jerawat, yaitu: kurang membersihkan wajah, salah memilih produk perawatan kulit, sering menyentuh wajah, konsumsi makanan tidak sehat, stres, kurang tidur, merokok, dan malas berolahraga.
2. Mengapa makanan tidak sehat dapat memperparah jerawat?-
Makanan tidak sehat, seperti makanan tinggi gula, lemak jenuh, dan lemak trans, dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, menyumbat pori-pori, dan menyebabkan peradangan, sehingga memperparah kondisi jerawat.
3. Bagaimana stres dapat memperparah jerawat?-
Ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon stres, seperti kortisol, yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan menyebabkan peradangan. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan seseorang lebih sering menyentuh wajahnya, sehingga memperparah jerawat.
4. Apakah merokok dapat memperparah jerawat?-
Ya, merokok dapat memperparah jerawat karena dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, merusak kolagen dan elastin, serta menyebabkan peradangan.
5. Mengapa olahraga dapat membantu mengurangi jerawat?-
Olahraga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat. Semua faktor ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan jerawat.
6. Tips apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat?-
Selain menghindari kebiasaan buruk yang dapat memperparah jerawat, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat, seperti: membersihkan wajah secara teratur, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, menghindari menyentuh wajah, mengonsumsi makanan sehat, mengelola stres dengan baik, tidur yang cukup, menghindari rokok, dan olahraga teratur.

Kesimpulan

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi, terutama pada remaja dan dewasa muda. Meskipun ada banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat, namun ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat memperparah kondisi ini. Artikel ini telah membahas 7 kebiasaan yang membuat jerawat betah di wajah, yaitu: kurang membersihkan wajah, salah memilih produk perawatan kulit, sering menyentuh wajah, konsumsi makanan tidak sehat, stres, kurang tidur, merokok, dan malas berolahraga.

Dengan menghindari kebiasaan buruk ini, menjaga kebersihan wajah dengan baik, mengonsumsi makanan sehat, dan menjalani gaya hidup sehat, maka jerawat dapat dikurangi dan dicegah. Jerawat yang muncul pun dapat lebih cepat sembuh dan tidak meninggalkan bekas yang berarti.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *